Tips & Trik

5 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti serta Penyebabnya

×

5 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti serta Penyebabnya

Sebarkan artikel ini

Penyeybab dan Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti

cara mengatasi aplikasi terhenti

Pengguna Android mungkin terbiasa dengan aplikasi yang sedang digunakan terhenti atau bahkan keluar sendiri. Bisa juga ketika masih digunakan, aplikasi itu hang sehingga cukup mengganggu aktivitas. Maka dari itu, perlu diketahui penyebabnya dan cara mengatasi aplikasi terhenti agar normal kembali.

Penyebabnya

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, hendaknya ketahui dulu penyebab aplikasi yang terhenti tiba-tiba saat tengah digunakan. Dengan mengetahuinya, pengguna dapat mengantisipasi aplikasi tidak terhenti kembali. Ini dia penyebab-penyebabnya:

  • RAM ponsel penuh, sebagai sebab sistem tidak dapat memproses aplikasi yang sedang berjalan.
  • Banyak aplikasi yang berjalan pada background, ini merupakan sebab dari RAM yang penuh.
  • Cache yang menumpuk, tentu ini juga dapat memperlambat kinerja ponsel karena file cache tidak dibersihkan hingga menumpuk.
  • Eror karena aplikasi diotak-atik, hal ini biasanya dilakukan oleh gamers yang gemar menggunakan cheat.

Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui penyebab dari aplikasi terhenti seperti di atas, saatnya untuk mengetahui cara mengatasinya agar aplikasi dapat bekerja normal kembali. Caranya pun juga tidak sulit sehingga dapat dilakukan siapa pun.

1. Bersihkan Cache

Cara pertama yang bisa dicoba yaitu membersihkan cache yang terdapat pada aplikasi yang terhenti. Sebab cache yang menumpuk dapat mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri. Metode Ini juga merupakan cara yang cepat dan sangat mudah dilakukan.

Untuk mengatasinya cukup mudah karena tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga, melainkan cukup memanfaatkan fitur yang sudah ada di ponsel. Pengguna cukup pergi ke pengaturan, App & Notifications, pilih aplikasi, storage, lalu clear cache.

2. Hentikan Aplikasi Berjalan

Selanjutnya merupakan cara mengatasi aplikasi terhenti yang cukup efektif, yaitu menghentikan aplikasi tak penting yang berjalan di background. Dengan cara ini, memori RAM yang digunakan berkurang sehingga aplikasi yang terhenti dapat dijalankan dengan lancar.

Menghentikan aplikasi berjalan ini juga simpel caranya tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. cukup klik tombol Recent Apps, kemudian pencet ikon “x” atau klik “bersihkan” untuk menghapus semua proses aplikasi yang sedang berjalan.

3. Lakukan Uninstall dan Install Ulang

Pada aplikasi yang terhenti sendiri dan sudah lakukan dua cara di atas namun tak berhasil, pengguna dapat melakukan cara ini. Dengan melakukan uninstall dan install ulang aplikasi yang terhenti tersebut, jika ada data aplikasi yang corrupt dapat diperbaiki.

Melakukan cara ini cukup efektif dan praktis karena otomatis juga menghapus cache di data aplikasi sebelumnya pun akan hilang. Caranya cukup menahan dengan lama logo aplikasi yang terhenti dari home screen, kemudian pilih uninstall. Setelahnya, lakukan install kembali seperti biasa.

4. Restart Ponsel

Terjadinya eror pada aplikasi bisa disebabkan beberapa hal, bisa saja karena koneksi internet tidak lancar atau eror lainnya. Untuk mengatasi ini pengguna dapat melakukan restart pada ponsel Android miliknya.

Restart ponsel ini dapat menjadikan sistem pada ponsel kembali fresh karena sistem yang tadinya digunakan kembali menjadi tidak ada aktivitas. Jika masih tidak yakin, pengguna dapat menonaktifkan ponsel beberapa menit, lalu nyalakan kembali.

5. Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi

Perbarui aplikasi juga sistem operasi Android ini dapat menjadi solusi jika ponsel pengguna terlalu sering mengalami aplikasi yang terhenti secara tiba-tiba. Dengan melakukan pembaruan ini, aplikasi yang eror, corrupt, atau bug dapat teratasi.

Begitu juga halnya dengan memperbarui sistem operasi pada ponsel Android. Pengguna dapat mengeceknya pada menu pengaturan atau biasanya terdapat notifikasi otomatis jika ada pembaruan sistem. Jika notifikasi itu muncul, harap lakukan update.

Demikianlah 5 cara mengatasi aplikasi terhenti disertai dengan penyebabnya. Diharapkan dengan pengguna dapat mengetahui penyebabnya, pengguna dapat mengantisipasinya di masa depan. Selain itu, dengan mengetahui cara mengatasinya pengguna juga tidak bingung apa yang harus dilakukan saat aplikasi terhenti sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *