Tips & Trik

Ini Cara Mengaktifkan Webcam Di PC Windows 10 Yang Benar

×

Ini Cara Mengaktifkan Webcam Di PC Windows 10 Yang Benar

Sebarkan artikel ini

Cara Mengaktifkan Webcam Di PC Windows 10 yang Harus Diketahui

cara mengaktifkan webcam di pc windows 10

Komputer Windows 10 merupakan sebuah perangkat elit yang kini didukung sistem webcam. Gunanya adalah untuk mengambil gambar, merekam video, melakukan panggilan video secara online, dan lainnya. Untuk itu, dibutuhkan panduan cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 yang lengkap dan runtut.

Menggunakan webcam pada Windows 10 pada dasarnya mudah dilakukan. Apabila sistem sedang baik, maka webcam bisa langsung diakses dengan mudah. Namun apabila baru pertama kali mengunduh webcam, memang butuh penyetelan yang benar dan permanen.

Langkah Mengaktifkan Webcam Windows 10

Menghidupkan atau mengaktifkan webcam pada Windows 10 ada caranya sendiri. Cara ini sebenarnya cenderung digunakan oleh pengguna yang belum pernah memakai webcam -nya. Untuk penjelasan lengkapnya, silakan simak langkahnya satu per satu berikut ini:

  • Lakukan pengecekan device dengan cara mengklik logo Windows di bawah halaman.
  • Kemudian, pilih menu Control Panel yang juga ada di bawah layar.
  • Pilih tools Hardware and Sound. Apabila tidak tersedia tools tersebut, pilihan bisa dialihkan pada Device Manager.
  • Halaman akan terbuka, kemudian silahkan lakukan pengecekan apakah kamera sudah terdeteksi atau belum. Apabila sudah, silakan kembali ke halaman awal.
  • Selanjutnya, lakukan langkah untuk mengecek keaktifan kamera. Tekan menu Start yang ada di halaman awal.
  • Cari tools Kamera, kemudian klik pengaturan kamera.
  • Pilih menu Privacy, kemudian hidupkan mode izin pada Kamera agar bisa mengambil gambar.
  • Langkah cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 yang terakhir adalah buka sebuah aplikasi webcam. Apabila sudah bisa terbuka dan menampilkan gambar, maka berarti webcam sudah bisa digunakan.

Aplikasi Webcam Andalan Windows 10

Untuk beberapa jenis PC Windows, memang ada yang sudah disertai perangkat kamera. Namun, kamera yang ada di komputer terkadang tidak memiliki kualitas yang baik. Berikut ini beberapa contoh aplikasi kamera untuk Windows 10 yang sangat direkomendasikan:

1. Webcam Logitech

Kualitas kamera Webcam Logitech sudah pasti masuk ke dalam kualifikasi atas. Seperti yang diketahui, Webcam Logitech merupakan sebuah platform yang termasuk sebagai salah satu bagian pelopor dalam webcam untuk komputer. Aplikasi ini juga termasuk sebagai aplikasi dasar yang hanya berfokus pada kamera.

Tidak ada banyak fitur rumit juga di dalam penggunaannya. Webcam Logitech benar benar didesain untuk mengambil gambar dan video. Bahkan bisa digunakan langsung tanpa harus menggunakan perangkat suporter lain.

2. Debut Video Capture

Aplikasi Debut Video Capture merupakan sebuah aplikasi webcam untuk komputer yang biasanya digunakan dalam panggilan online. Debut Video Capture umum disambungkan kepada aplikasi aplikasi video call online seperti Skype, Zoom, dan lainnya.

Kualitas kamera untuk aplikasi ini sangat bagus. Bahkan, apabila kamera komputer sedikit bermasalah, webcam aplikasi dapat membantu menaikkan sedikit kualitas kamera. Pada akhirnya, gambar yang ditangkap oleh kamera akan bagPCus walau tidak selalu jernih.

3. Cyberlink YouCam 9

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan sebagai kamera PC windows 10 adalah Cyberlink YouCam 9. Tidak hanya sekedar untuk berfoto saja, Cyberlink YouCam 9 juga bisa digunakan untuk merekam video atau melakukan panggilan online. Penggunaan aplikasi ini sendiri bahkan sangat simpel karena semua fitur memiliki petunjuk yang jelas.

Bukan hanya berfungsi untuk sekedar menjadi kamera biasa, Cyberlink YouCam 9 dilengkapi dengan berbagai macam efek kamera. Hasilnya adalah gambar pengguna yang ada di webcam akan jadi lebih halus dan cantik. Terdapat pula fitur eksposur, saturasi, dan lain lain.

Bagimana? Cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 sangat mudah bukan? Silakan gunakan pengaturan di atas kepada aplikasi aplikasi yang terdapat di atas. Jangan lewatkan juga untuk melakukan pembaruan sistem kamera agar kamera PC tetap bisa lancar digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *