Tips & Trik

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop dan Manfaat Menggunakan VPN Dibawah Ini

8
×

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop dan Manfaat Menggunakan VPN Dibawah Ini

Sebarkan artikel ini

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop Dengan Mudah

Beberapa tahun terakhir ini, VPN memang sedang populer karena memudahkan pengguna untuk mengakses situs yang telah di blokir. Sebenarnya, cara mengaktifkan VPN di laptop sendiri tidaklah sulit. Bahkan pengguna juga tidak perlu memasang aplikasi tambahan.

Apa Itu VPN?

Sebelum membahas mengenai cara mengaktifkan VPN di laptop, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari VPN. Jadi, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang memberikan layanan kepada para penggunanya untuk menjelajahi server jaringan lain dengan mudah.

VPN sendiri biasa digunakan oleh para pengguna untuk mengakses situs atau platform layanan streaming yang telah diblokir. Pasalnya, dengan menggunakan VPN, pengguna bisa berselancar dengan bebas karena tidak akan diketahui IP address nya.

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop

Mungkin bagi beberapa orang yang belum pernah menggunakan VPN masih bingung bagaimana cara mengaktifkannya di laptop. Untuk mengaktifkan VPN, bisa dilakukan dengan mudah melalui menu pengaturan di Windows dengan beberapa langkah – langkah yang harus dilakukan. Untuk itu penjelasannya berikut ini:

  • Cari menu Network di laptop yang sedang digunakan.
  • Setelah itu buka dan langsung masuk ke menu Network Settings.
  • Kemudian akan muncul beragam opsi yang dapat dipilih oleh pengguna, tetapi klik saja pada opsi VPN.
  • Pada opsi tersebut, pilih Add a VPN Connection.
  • Ketika sudah muncul tampilan jendela baru, masukkan koneksi VPN secara detail.
  • Jika menemukan bagian VPN Provider, pilihlah opsi Windows (built-in).
  • Lalu, pada bagian VPN Type, klik opsi Automatic.
  • Selanjutnya di bagian menu Type of sign-in info, pilih saja opsi Username and password.
  • Setelah itu, lanjutkan dengan mengisi bagian Connection Name, isi juga bagian Server Name or Address.
  • Jika sudah selesai, akan muncul opsi pengisian username dan password VPN di bawah menu.
  • Masukkan sesuai informasi yang disediakan oleh VPN.
  • Klik tombol Save dan keluarlah dari jendela Pengaturan.
  • Klik ikon Wifi dan klik koneksi VPN yang telah dibuat sebelumnya.
  • Terakhir, klik tombol Connect untuk mulai menggunakannya.

Manfaat Menggunakan VPN

Penggunaan VPN kerap dikaitkan dengan situs – situs yang bersifat negatif, padahal sebenarnya tidak seperti itu. VPN justru memiliki beberapa manfaat bagi para penggunanya yang tidak banyak diketahui. Penasaran apa saja manfaatnya? Langsung simak ulasan lengkap di bawah ini.

1. Aman dan Terenkripsi

Keamanan VPN hampir mustahil untuk diretas, karena VPN benar – benar menjaga keamanan data para penggunanya. VPN sendiri sudah terenkripsi sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi resiko terhadap terjadinya peretasan dan pencurian data. Ini yang membuat penggunanya bisa berselancar bebas di internet.

2. Bisa Mengakses Berbagai Jaringan Internet

Ketika memasang internet yang mana penggunaannya telah mendapatkan izin untuk menggunakan koneksi VPN. Pengguna dapat melakukan akses di situs mana saja yang diinginkannya dengan mudah selama masih terhubung dengan koneksi internet.

3. Sistem Keamanan Internet Yang Terjangkau

VPN dianggap menjadi salah satu layanan yang menyediakan sistem keamanan internet dengan koneksi yang cukup terjangkau. Tidak sama seperti sistem keamanan internet lainnya yang dalam penggunaannya, pengguna harus membayar hingga jutaan rupiah dalam satu bulan penggunaan.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai cara mengaktifkan VPN beserta manfaat penggunaan VPN itu sendiri. Meskipun layanannya memungkinkan pengguna untuk mengakses semua situs yang terblokir dengan aman, pengguna harus tetap bijak selama menggunakannya. Pastikan tidak menggunakannya untuk membuka situs yang ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *