Tips & Trik

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Secara Online dan Offline Serta Ketentuannya

58
×

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Secara Online dan Offline Serta Ketentuannya

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati Secara Online dan Offline

Kartu Telkomsel sudah mati dan ingin diaktifkan lagi? Nyatanya ada cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online, lebih mudah dan cepat. Cara yang offline pun juga ada namun pengguna perlu pergi ke kantor Grapari Telkomsel.

Kartu mati umumnya disebabkan karena sudah melebihi masa tenggang yang ditetapkan. Jadi pengguna harus mengaktifkannya kembali dengan mengikuti syarat dan ketentuan tertentu.

Ketentuan Mengaktifkan Kartu Mati

Sebetulnya cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online sangat gampang namun ada ketentuan yang perlu diperhatikan. Masa tenggang kartu Telkomsel yang mati adalah 15 hari. Jadi selama masa tersebut, pengguna kemungkinan bisa mengaktifkan kembali kartu yang telah mati. 

Silahkan menghubungi call center Telkomsel untuk melakukan proses pengaktifan kembali kartu. Tetapi harus diwaspadai bila kartu sudah mati lebih dari 15 hari maka kartu sukar diaktifkan. Bahkan bila sudah mati lebih dari sebulan, pengaktifan kembali tidak bisa dilakukan.

Mengaktifkan Kartu Mati Secara Online

Bila tak ingin jauh-jauh pergi ke kantor Grapari Telkomsel, pengguna dapat dengan mudah mengaktifkan kartu yang telah mati secara online. Caranya sangat mudah, yakni sebagai berikut:

1. Menghubungi Call Center Telkomsel

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bila kartu mati dalam masa tenggang maka kartu tersebut dapat diaktifkan kembali. Caranya yakni dengan menghubungi call center milik Telkomsel tanpa repot-repot pergi ke Grapari. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Hubungi call center pada nomor 08071811811 atau ke nomor 188.
  • Katakan permasalahan secara mendetail kepada CS atau customer service yang sedang melayani.
  • CS akan memberikan arahan atau instruksi lanjutan.
  • Jadi pastikan untuk mengikuti instruksi-instruksinya dengan baik.

Panggilan yang dilakukan kepada call center membutuhkan biaya sebesar Rp 300. Jadi pastikan bahwa kartu yang digunakan untuk menghubungi call center memiliki pulsa yang cukup.

2. Melalui Media Sosial Telkomsel

Telkomsel sebagai penyedia layanan internet memiliki beberapa akun media sosial. Karenanya, cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online bisa dengan memanfaatkan akun tersebut. Berikut tutorial yang dapat dilakukan:

  • Buka salah satu media sosialnya, misalnya pada Twitter.
  • Cari dan buka akun @Telkomsel.
  • Pilih opsi Direct Message atau Pesan Langsung.
  • Laporkan permasalahan dengan mencantumkan nomor, waktu, tanggal masa tenggang, serta lokasi kartu yang digunakan.
  • Tunggu balasan dari admin dan biarkan ia mengecek status nomor.
  • Biasanya admin akan memberikan syarat dan ketentuan.
  • Bila semuanya sudah terpenuhi, maka kartu dapat diaktifkan kembali.

3. Melakukan Panggilan pada *888*89#

Berikutnya adalah upaya yang cocok dilakukan bagi pengguna kartu Telkomsel prabayar. Yakni dengan cara menghubungi nomor UMB pada *888*89#. Tak sulit melakukannya, berikut panduannya:

  • Buka menu Telepon pada ponsel pintar yang digunakan.
  • Ketikkan nomor USSD *888*89# memakai nomor yang telah mati.
  • Kemudian pilihlah opsi Reaktivasi Kartu.
  • Lalu ketuk opsi Setuju.
  • Selanjutnya masukkan nomor NIK KTP serta KK dengan benar.
  • Secara otomatis Telkomsel akan memberi SMS pemberitahuan bila nomor bisa diaktifkan ataukah tidak.

Mengaktifkan Kartu Secara Offline

Bila semua cara untuk aktivasi kartu Telkomsel yang sudah mati secara online di atas tidak berhasil juga, maka cara terakhir yang sangat direkomendasikan adalah pergi langsung ke Grapari Telkomsel terdekat. Hanya cara ini yang bisa pengguna lakukan, namun dijamin berhasil.

Dengan cara ini pengguna akan lebih mudah memahami permasalahan yang terjadi dan apa langkah-langkah yang harus dilakukan. Sebagai catatan lebih baik bawa serta KTP dan KK, serta uang tunai untuk berjaga-jaga bila dibutuhkan.

Jadi itulah cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati secara online dan offline, cukup mudah bukan? Namun meski demikian, cara yang paling direkomendasikan adalah untuk mendatangi langsung kantor Grapari Telkomsel terdekat, sehingga masalah dapat terselesaikan dengan cepat dan jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *