Tips & Trik

Mudah! Begini Cara Mengaktifkan Kamera dan Mikrofon di Google Meet Saat Digunakan

21
×

Mudah! Begini Cara Mengaktifkan Kamera dan Mikrofon di Google Meet Saat Digunakan

Sebarkan artikel ini

Cara Mengaktifkan Kamera dan Mikrofon di Google Meet Dengan Mudah

Cara mengaktifkan kamera dan mikrofon di Google Meet sangatlah mudah dilakukan. Platform yang sering dimanfaatkan untuk meeting atau belajar online selama masa pandemi ini sangatlah fungsional dan juga canggih. Selain untuk meeting suara atau video, Google Meet juga mampu menampilkan slide materi yang akan disampaikan.

Penggunaan yang baru saja digunakan, tentu bagi sebagian orang akan kesulitan dalam mengoperasikannya. Untuk itu, berikut akan dibahas tentang cara mengaktifkan mic serta kamera di aplikasi ini agar meeting berjalan lancar. Yuk, mari disimak!

Cara Mengaktifkan Mic dan Kamera

Sebenarnya, cara mengaktifkan kamera dan mikrofon di Google Meet hanya perlu dilakukan dengan mengklik icon yang tersedia ketika sudah masuk ke dalam aplikasi atau meetingnya. Agar lebih memahami, inilah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Lakukan login terlebih dahulu ke dalam Google Meet dengan memasukkan email dan password, atau bisa juga join sebagai Guest.
  • Tekan pilihan “Join Meeting” yang sudah dijadwalkan.
  • Jika sudah, pada tampilan awal akan ada icon mic dan kamera pada bagian bawah tampilan.
  • Tekan icon atau gambar tersebut hingga tidak ada gambar garis atau informasi.
  • Dan microphone serta kamera sudah bisa digunakan.

Keunggulan Menggunakan Google Meet

Sebagai pengguna Google Meet, sepertinya tidak afdhol bila tidak mengetahui keunggulan apa saja yang dimiliki oleh aplikasi ini. Selain dapat dimanfaatkan untuk conference call, terdapat hal lain yang membuatnya unggul dari aplikasi lain. Ingin tahu apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Dapat Terintegrasi dengan Layanan Google Lain

Keunggulan pertama dari Google Meet adalah dapat terintegrasi dengan layanan milik Google lainnya. Hal ini disebabkan karena akun yang digunakan merupakan Gmail yang bisa digunakan untuk login ke berbagai aplikasi lain miliknya.

2. Interface yang Mudah dan Sederhana

Selanjutnya yang membuat Google Meet unggul dari aplikasi meeting online lainnya adalah interface yang mudah dan sederhana. Bagi pekerja yang sudah berumur dan kurang memahami teknologi, tampilan yang sederhana tentu akan memudahkan orang tersebut untuk mengoperasikannya.

3. Terdapat Dua Versi

Selain mudah dan sederhana, Google Meet juga dapat dimanfaatkan melalui dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Walau memiliki keterbatasan, Google Meet Free mampu menampung hingga 100 peserta meeting dan memiliki batas waktu hingga 60 menit. Sedangkan versi berbayar, mampu menampung hingga 250 peserta tergantung paket yang diambil.

4. Harga yang Terjangkau

Bagi pengguna layanan berbayar di Google Meet, harga yang diberikan oleh Google cukup terjangkau jika dibandingkan dengan Zoom. Untuk paket Basic Plan, pengguna akan dikenakan biaya sebesar USD 6 per bulannya. Sedangkan untuk G Suite, akan dikenakan biaya sekitar USD 12.

Adapun paket yang paling lengkap bernama G Suite for Enterprise seharga USD 25 per bulan yang memiliki keunggulan dapat melakukan streaming dan merekam rapat online serta menyimpannya ke Drive. Untuk harga basic dan G Suite tentu lebih murah dibandingkan dengan Zoom yang memiliki harga USD 149.9 per tahunnya.

5. Kualitas Video dan Suara yang Ciamik

Dan keunggulan yang terakhir adalah kualitas audio serta video yang diberikan sangatlah ciamik. Pengguna bisa mengatur tampilan video hingga 720p sehingga tidak akan buram. Selain itu, karena dibuat oleh perusahaan yang sudah merajai dunia browser, menjadikan data yang dimiliki setiap penggunanya aman dan minim dari kebocoran.

Itulah cara mengaktifkan kamera dan mikrofon di Google Meet dengan mudah beserta keunggulan yang bisa didapat ketika menggunakannya. Aplikasi keluaran Google ini memiliki banyak fitur yang sangat membantu ketika memiliki keterbatasan untuk meeting secara offline, seperti kemampuan untuk share screen atau dokumen materi yang akan disampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *