Tips & Trik

Cara Mengaktifkan GPS Di Iphone, Khusus Bagi Pengguna iPhone

7
×

Cara Mengaktifkan GPS Di Iphone, Khusus Bagi Pengguna iPhone

Sebarkan artikel ini

Cara Mengaktifkan GPS Di Iphone, Ini Tutorialnya

Saat ini, hampir semua aplikasi memerlukan akses lokasi, maka sangat perlu sekali mengetahui cara mengaktifkan GPS di iPhone. iPhone memiliki sejumlah pengaturan yang berbeda dari HP berbasis Android. Pada IOS pengaktifan GPS bisa diatur sesuai aplikasi. Karena pada dasarnya iPhone menggunakan sistem IOS yang tentu berbeda dengan Android.

Pada iPhone pengguna dapat mengaktifkan atau mematikan GPS di satu aplikasi tertentu saja. Sebenarnya cara yang harus dilakukan untuk mengaktifkan GPS sangatlah mudah, tapi masih banyak pengguna yang merasa bingung. Lebih lanjut, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Mengaktifkan Layanan Lokasi GPS iPhone

Cara mengaktifkan GPS di iPhone yang pertama yakni dengan mengaktifkan layanan lokasi GPS iPhone. GPS berguna untuk memberi kejelasan titik lokasi pengguna saat ini.

Dengan mengaktifkan GPS aplikasi dapat mengakses lokasi dan melakukan navigasi lokasi dengan mudah. Disamping itu, beberapa aplikasi memang memerlukan akses lokasi. Untuk dapat mengaktifkan lokasi, simak cara berikut ini :

  • Buka menu “Setting” atau “Pengaturan” pada iPhone pengguna.
  • Selanjutnya, pilih menu “Privasi” untuk mengakses lokasi.
  • Kemudian, menu pada bagian atas akan memunculkan pilihan untuk “Layanan Lokasi”, dan geser tombol untuk mengaktifkan.
  • Jika sudah berwarna hijau, itu tandanya aktif.
  • Dan layanan GPS siap digunakan.

GPS ini dapat digunakan untuk semua aplikasi, dan dapat pula digunakan untuk berbagi lokasi pada sesama pengguna. Tentu hal ini memudahkan sekali untuk melacak lokasi pengguna lain, baik berbagi secara langsung atau melalui aplikasi lain. Hal ini, dapat dilakukan pula pada iPhone.

Mengaktifkan GPS Pada Aplikasi Tertentu Saja di iPhone

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa iPhone dapat mengaktifkan ataupun mematikan GPS untuk sejumlah aplikasi tertentu. Caranya pun tidak jauh berbeda seperti cara sebelumnya. Untuk dapat mengetahuinya, simak berikut ini :

  • Lakukan langkah sebelumnya untuk mengaktifkan GPS.
  • Kemudian, scroll layar ke bawah untuk melihat deretan aplikasi yang terinstall di ponsel.
  • Lalu, pilih aplikasi apa yang hendak di aktifkan lokasinya atau dimatikan saja layanan akses lokasinya.
  • Saat menu aplikasi terbuka, akan muncul 4 pilihan yang berbeda untuk mengakses GPS. Pilihan tersebut, yaitu “Jangan Pernah”, “Minta Izin Lain Kali”, “Saat Menggunakan App” dan “Selalu.”
  • Pilihlah sesuai dengan kebutuhan aplikasi tersebut.

Jika pengguna memilih opsi “Jangan Pernah” maka aplikasi tersebut tidak akan diizinkan untuk mengakses lokasi meskipun GPS aktif. Untuk opsi “Minta Lain Kali” saat pengguna hendak membuka aplikasi tersebut, akan muncul akses izin.

Atau pengguna juga dapat memilih opsi “Saat Menggunakan App” jadi tiap membuka aplikasi, otomatis GPS langsung menyala. Sehingga tidak merepotkan untuk mengatur akses lagi.

Menonaktifkan GPS

Jika mengetahui cara mengaktifkan, maka perlu juga mengetahui cara menonaktifkan atau mematikan layanan GPS. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menonaktifkan GPS di iPhone sama seperti saat mengaktifkannya. Hanya tinggal mengusapnya ke kiri sampai berubah warna menjadi abu-abu, tandanya sudah mati.

Pengguna dapat memilih mengaktifkan selalu layanan GPS pada beberapa aplikasi walau GPS di iPhone telah dinonaktifkan. Aplikasi tersebut dapat mengakses lokasi di latar belakang walaupun GPS iPhone sudah dinonaktifkan. Caranya dengan memilih opsi “Selalu” maka aplikasi dapat selalu mengakses lokasi.

Demikian bahasan mengenai cara mengaktifkan GPS di iPhone. Pada dasarnya semua jenis iPhone memiliki pengaturan dasar yang sama seperti yang dimiliki oleh ponsel lain. Akan tetapi, perlu pembiasaan dalam tata letaknya apalagi bagi pengguna baru. Sangat disarankan untuk mengetahui caranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *