Tips & Trik

Cara Menerjemahkan Video YouTube yang Tidak Ada Subtitle Indonesia Dengan Mudah

8
×

Cara Menerjemahkan Video YouTube yang Tidak Ada Subtitle Indonesia Dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Menerjemahkan Video YouTube yang Tidak Ada Subtitle Indonesia Tanpa

YouTube memang menjadi platform yang banyak digunakan untuk menonton video dengan berbagai tema. Mulai dari hiburan, motivasi, ceramah, film, dan banyak lagi lainnya. Namun bagaimana cara menerjemahkan video YouTube yang tidak ada subtitle Indonesia padahal ingin sekali memahami artinya.

Mengingat video di aplikasi ini memang belum semuanya menyediakan subtitle Indonesia karena tidak semua konten kreator memahami bahasa tersebut. Sementara pengguna ingin mengerti apa yang dibicarakan. Oleh sebabnya YouTube memberikan fitur subtitle otomatis agar pengguna tidak terbatasi bahasa ketika ingin menonton suatu video.

Sayangnya fitur yang belum lama ditambahkan oleh platform YouTube ini  masih belum sesempurna terjemahan yang dibuat para kreator. Namun setidaknya cukup membantu untuk memahami maksud dari video tersebut.

Cara Menerjemahkan Video YouTube yang Tidak Ada Subtitle Indonesia Secara Otomatis

Jika umumnya langkah menerjemahkan suatu video di YouTube dilakukan dengan cara menekan ikon pengaturan, lalu memilih subtitle atau teks. Kemudian memilih Bahasa Indonesia, maka cara menerjemahkan video YouTube yang tidak ada subtitle Indonesia tidaklah demikian.

Pasalnya tidak semua video tersedia terjemahan Bahasa Indonesia. Alasannya karena konten kreator tidak mengerti bahasa lokal serta tidak ingin membayar penerjemah mengingat harga jasanya pasti lumayan mahal.  

Sedangkan channel yang dibuat  masih belum berkembang. Sebab itulah video yang mempunyai terjemahan sendiri atau otomatis biasanya sudah mempunyai subscriber yang banyak. 

Minimal mencapai 1 juta pengikut. Kendati demikian, beberapa kreator akan mengaktifkan fitur subtitle otomatis yang ditawarkan oleh YouTube, sehingga pengguna dapat memilihnya secara manual.Berikut langkahnya: 

  • Tekan ikon pengaturan yang sudah menjadi ikon umum yaitu roda bergigi.
  • Kemudian pilih CC atau subtitle.
  • Jika tidak ada Bahasa Indonesia, maka pilih ‘Terjemahan otomatis’.
  • Lalu, scroll untuk menemukan bahasa yang diinginkan.
  •  

Semudah itu memang caranya. Namun untuk urutan terjemahan masih terlalu kaku, sehingga kurang pas artinya. Sedikit membantu daripada tidak mengerti sama sekali apalagi jika video tersebut sangat penting untuk ditonton. Entah sebuah pengetahuan, tutorial atau sebagainya.

Hanya saja, pengguna perlu mematikan fitur ini apabila tidak ingin terganggu ketika menonton video lain yang mempunyai teks otomatis. Karena fitur terjemahan akan berlaku pada semua video YouTube pengguna.

Cara Menerjemahkan Video YouTube yang Tidak Ada Subtitle Indonesia Melalui Situs

Tidak hanya mendapatkan masalah karena terjemahannya sangat aneh, tetapi terkadang video YouTube tidak ada terjemahan sama sekali. Termasuk fitur terjemahan otomatis dari aplikasinya. Pasalnya tidak semua pembuat video mengaktifkan fitur tersebut baik subtitle atau subtitle otomatis.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, pengguna bisa memanfaatkan sebuah aplikasi di Play Store. Salah satu aplikasi terjemahan yang dapat digunakan yakni VidScripto. Berikut cara menerjemahkannya:

  • Buka situs VidScripto melalui mesin peramban.
  • Ubah bahasa ke Bahasa Indonesia untuk memudahkan memahami fitur di dalamnya. Letaknya ada di bawah pojok kiri halaman.
  • Lalu, pilih menu ‘Semua kampanye’ dan ‘Kampanye baru’.
  • Kemudian pilih aplikasi YouTube pada tampilan temukan video.
  • Selanjutnya cari video yang ingin ditonton.
  • Setelah di klik, pengguna akan dibawa ke tab baru sebelum mulai menerjemahkan.
  • Di halaman ini silahkan isi nama akun YouTube beserta nama pengguna.
  • Pada pilihan bahasa lisan, pilih bahasa asli dari video. Bukan bahasa yang akan diterjemahkan.
  • Jika sudah, klik saja ‘Mari transkripkan’.
  • Tunggu hingga proses selesai sampai situs menampilkan semua kalimat terjemahan di sebelah video.

Begitulah cara menerjemahkan video YouTube yang tidak ada subtitle Indonesia. Kedua alternatif tersebut dapat pengguna pilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Jika tidak tersedia di YouTube, maka bisa menggunakan aplikasi bantuan. Hanya saja, untuk hasil terjemahan keduanya tidak ada perbedaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *