Tips & Trik

5 Cara Menampilkan Lokasi Di Kamera HP dengan Mudah

45
×

5 Cara Menampilkan Lokasi Di Kamera HP dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Cara Menampilkan Lokasi Di Kamera Dengan Mudah

Semakin canggihnya teknologi menyebabkan cara menampilkan lokasi di kamera saat ini sudah dapat dilakukan. Bahkan, tidak hanya di kamera konvensional, pada ponsel pun hasil foto dapat menampilkan lokasi serta waktu kapan foto diambil.

Untuk menampilkannya, pengguna bisa menggunakan aplikasi atau pengaturan dari kamera itu sendiri. Cara yang mudah dan sederhana, membuat siapa saja dapat melakukan hal tersebut. Penasaran apa saja caranya? Yuk, mari simak ulasannya!

1. Gunakan Timestamp Camera Free

Cara menampilkan lokasi di kamera handphone yang pertama adalah menggunakan bantuan Timestamp Camera Free. Aplikasi yang bisa didapatkan melalui Play Store ini memiliki kapasitas memori yang cukup kecil, yaitu hanya 4.4 MB. 

Untuk menggunakannya, pasang aplikasi terlebih dahulu ke handphone. Kemudian, buka aplikasi dan tekan gambar jam yang berada di samping tombol shutter. 

Setelah itu, atur lokasi dengan menekan menu dengan tulisan none di samping keterangan GPS, lalu pilih lokasi yang sesuai dengan tempat berada. Dan lokasi pun akan muncul pada kamera.

2. Manfaatkan Open Camera

Selanjutnya ada Open Camera yang juga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan lokasi pada kamera. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis melalui toko Google. Penggunaannya pun sangat mudah dan tidak membuat bingung pengguna yang baru memakainya. Adapun cara untuk menampilkan lokasi tersebut adalah:

  • Buka aplikasi yang sudah terinstal, kemudian tekan gambar gerigi atau icon pengaturan yang terdapat di kanan atas.
  • Selanjutnya pilih “Photo Settings” dan tekan menu “Stamp Photos”.
  • Kemudian akan muncul dua pilihan, “No Stamps” dan “Stamp Photos”.
  • Pilih “Stamp Photos” untuk mengaktifkan lokasi pada kamera.
  • Dan foto pun akan menampilkan lokasi pengguna tersebut.

3. Gunakan GPS Map Camera

Cara menampilkan lokasi di kamera HP selanjutnya adalah dengan menggunakan GPS Map Camera dari JK.Fantasy. Aplikasi ini akan menampilkan titik koordinat secara lengkap lokasi akan diambilnya sebuah objek foto. 

Bahkan tidak hanya itu, GPS Map Camera mampu untuk menampilkan cuaca serta waktu pengambilan. Penggunaan aplikasi ini sangat membantu bagi petugas lapangan untuk memberi laporan tentang kondisi suatu lokasi lengkap dengan koordinatnya. 

Untuk mengaktifkan fitur Maps, pengguna bisa mengaturnya melalui menu Setting, kemudian atur GPS Use serta GPS Fitur Save serta Automatic Assign Latitude atau Longitude.

4. Pilih Kamera Peta GPS: Foto Geotag

Cara yang keempat adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Kamera Peta GPS: Foto Geotag. Memiliki rating yang 4.7 dari para penggunanya, menjadikan aplikasi buatan GPS Map Camera ini sangat bagus dan recommended untuk digunakan.

Apabila menggunakan Kamera Peta GPS, pengguna akan mendapatkan informasi lengkap mulai dari waktu, titik koordinat lintang dan bujur, hingga Kompas serta Medan Magnet. Untuk mengaplikasikannya pada kamera, pengguna bisa mengaturnya pada menu setting dan mengatur Stempel lokasi sesuai dengan kebutuhan.

5. Tampilkan Lokasi Melalui Pengaturan Kamera

Selain menggunakan aplikasi, ternyata pengguna kamera yang ingin menampilkan lokasi pengambilan foto juga bisa mengaturnya melalui pengaturan kamera itu sendiri, terutama pemilik iPhone. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa melakukan langkah berikut:

  • Buka menu Pengaturan, lalu pilih Aplikasi
  • Cari kamera, lalu tekan dan pilih “Izin”.
  • Nyalakan tombol Lokasi agar diberikan izin untuk memberikan informasi koordinat pada kamera.
  • Jika sudah, coba untuk mengambil foto dan informasi lokasi pun akan muncul.

Itulah 5 cara menampilkan lokasi di kamera HP terbaik dan patut untuk dicoba. Menampilkan lokasi beserta koordinatnya dapat memudahkan seseorang untuk mengetahui dengan tepat dimana lokasi foto diambil. Terutama bagi pekerja lapangan yang membutuhkan foto lokasi sebagai laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *