Tips & Trik

4 Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB Tanpa Bongkar Hp

×

4 Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB Tanpa Bongkar Hp

Sebarkan artikel ini
cara menambah ram 1gb menjadi 4gb

Walau terdengar agak mustahil, namun cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB tanpa bongkar hp memang nyatanya bisa dilakukan. Meski begitu nampaknya banyak pengguna yang belum paham atau bahkan belum tahu kalau hal itu bisa dilakukan.

Meningkatkan kapasitas RAM dari 1GB menjadi 4GB telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna, mengingat pentingnya ketersediaan memori dalam meningkatkan kinerja perangkat.

Memperluas RAM pada sebuah sistem dapat dilakukan melalui beberapa metode yang berbeda, memungkinkan pengguna untuk mencapai kapasitas maksimum yang diinginkan.

RAM, singkatan dari Random Access Memory, adalah komponen penyimpanan yang bersifat sementara namun penting dalam mempercepat akses data pada perangkat. Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk menambah kapasitas RAM dengan mudah:

1. Menambahkan SD Card

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja RAM pada HP Android adalah dengan menambahkan kartu SD. Kartu SD berfungsi sebagai memori eksternal yang dapat meningkatkan kapasitas RAM yang tersedia.

Misalnya, jika HP memiliki RAM sebesar 1GB, pengguna dapat menambahkan kartu memori sebesar 3GB untuk meningkatkannya menjadi total 4GB. Metode ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja RAM pada HP, memastikan bahwa perangkat tidak merasa terbebani saat menjalankan berbagai fungsi.

Selain itu, aplikasi yang tidak cukup muat dalam RAM dapat dipindahkan secara langsung ke kartu SD, sehingga meningkatkan ruang penyimpanan dan menjaga kinerja perangkat tetap optimal.

2. Menggunakan Aplikasi RAM Booster

Pemanfaatan aplikasi RAM Booster telah menjadi langkah yang familiar bagi sebagian pengguna perangkat seluler, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja RAM di perangkat mereka. Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna dapat membersihkan sampah yang menghambat kinerja RAM, memungkinkan kinerja RAM menjadi lebih optimal.

Setelah pengguna menginstal dan membuka aplikasi tersebut, langkah pertama yang dianjurkan adalah melakukan pemindaian dengan mengeklik tombol scan.

Proses pemindaian ini akan memungkinkan aplikasi untuk secara komprehensif mengidentifikasi proses-proses yang berjalan di latar belakang perangkat. Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk secara otomatis menonaktifkan proses-proses yang tidak lagi diperlukan.

Dengan membersihkan sampah dan menonaktifkan proses yang tidak berguna secara otomatis, kinerja RAM akan meningkat secara signifikan. Ini berarti pengguna dapat memanfaatkan sisa kapasitas RAM dengan lebih efisien untuk menjalankan aplikasi-aplikasi lain yang lebih bermanfaat bagi mereka.

Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi RAM Booster dapat memaksimalkan pengalaman pengguna dalam menggunakan perangkat seluler mereka.

3. Tidak Menggunakan Fitur Tambahan

Cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB selanjutnya adalah coba untuk tidak menggunakan fitur tambahan. Menonaktifkan fitur tambahan seperti live wallpaper, widget tambahan, dan aplikasi tambahan bisa menjadi solusi efektif untuk mengurangi penggunaan RAM pada ponsel.

Dengan melakukan hal ini, kapasitas RAM yang semula terbagi untuk menjalankan berbagai fitur tambahan dapat dialokasikan kembali untuk keperluan yang lebih penting. Dengan demikian, performa ponsel akan meningkat dan penggunaannya tidak akan lagi terasa lambat.

4. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Menonaktifkan aplikasi bawaan pada perangkat seluler merupakan langkah yang sering dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja perangkat. Meskipun aplikasi tersebut dapat bermanfaat, terkadang mereka mengkonsumsi sumber daya seperti RAM dan memori internal tanpa perlu.

Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, langkah-langkahnya cukup sederhana. Pertama, buka menu Pengaturan pada perangkat. Setelah itu, cari opsi yang berhubungan dengan Aplikasi atau Aplikasi dan Pemberitahuan, tergantung pada versi sistem operasi yang disematkan dalam device tersebut.

Setelah masuk ke dalam menu aplikasi, akan terlihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat tersebut. Temukan aplikasi bawaan yang ingin dinonaktifkan. Ketuk aplikasi tersebut untuk membuka halaman detailnya.

Pada halaman detail aplikasi, biasanya akan ada opsi untuk menonaktifkan aplikasi. Ini mungkin terletak di bagian atas atau bawah halaman, tergantung pada device yang digunakan. Ketuk opsi Disable atau Nonaktifkan dan konfirmasikan tindakan jika diminta.

Setelah menonaktifkan aplikasi tersebut, itu tidak akan lagi berjalan di latar belakang atau menampilkan ikon di layar beranda. Namun, perhatikan bahwa tidak semua aplikasi bawaan dapat dinonaktifkan, tergantung pada kebijakan produsen device tersebut.

Nah itulah tadi penjelasan terkait bagaimana cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB. Jadi cara-cara diatas bisa dicoba untuk meningkatkan RAM agar kinerja device semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *