Tips & Trik

Cara Menambah Font di Windows 10 dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelumnya

7
×

Cara Menambah Font di Windows 10 dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelumnya

Sebarkan artikel ini

Cara Menambah Font di Windows 10 Tanpa Ribet

Font merupakan gaya penulisan yang biasa digunakan saat mengetik di PC atau laptop. Pada dasarnya cara menambah font di windows 10 dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Penggunaan font dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti penulisan dan desain grafis.

Windows 10 sendiri sebenarnya sudah menyediakan banyak font yang bisa orang gunakan seperti Arial, Calibri, dan Times New Roman. Namun terkadang pengguna merasa bosan dan ingin menambahkan beberapa font dengan gaya penulisan tertentu.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menambahkan Font

Penambahan font dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menambahkan font ke dalam perangkat. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • font-weight: 400;”>Format Font. Pihak windows hanya mengakui beberapa jenis format font saja yaitu TrueType (.ttf, .ttc), OpenType (.otf), dan PostScript (.pfb, .pfm). Selain format tersebut kemungkinan tidak akan bisa diinstal.
  • font-weight: 400;”>Situs Penyedia Font. Banyak situs-situs di internet yang menyediakan berbagai macam jenis font secara gratis dan tentunya memiliki fitur download.
  • font-weight: 400;”>Cara Menambahkan Font. Cara menambah font di windows 10 bisa melalui beberapa cara, bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh windows ataupun software lainnya.
  • font-weight: 400;”>Sesuaikan Pemilihan Font. Sesuaikan font yang akan ditambahkan ke dalam windows sesuai kebutuhan masing-masing orang saja.
  • font-weight: 400;”>Lisensi Font. Tidak semua situs penyedia font menyediakan font secara gratis. Beberapa font memiliki lisensi sebagai bukti hak cipta di perusahaan tertentu yang biasanya digunakan untuk bahan komersial.

Ini Cara Menambah Font di Windows 10 dengan Benar

Tentunya terdapat berbagai cara mudah untuk menambahkan suatu font baru, salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan dari windows itu sendiri. Berikut merupakan cara yang benar dalam menambahkan font pada windows 10:

  • font-weight: 400;”>Download Font yang Diinginkan. Langkah pertama adalah mencari font yang diinginkan dengan mengunjungi beberapa situs penyedia font.
  • font-weight: 400;”>Extract File Font. Extract file font dengan format .zip atau .rar yang sudah didownload dengan klik kanan pada mouse atau trackpad lalu pilih “extract here”.
  • font-weight: 400;”>Instal Font. Kemudian klik 2 kali pada file berformat .ttf, .ttc, .otf, .pfb, atau .pfm, dan pilih tombol instal.
  • font-weight: 400;”>Proses Instalasi. Proses instalasi memakan waktu yang sangat singkat, hanya butuh beberapa detik saja.
  • font-weight: 400;”>Instalasi Selesai. Setelah proses instalasi font selesai tutup tabs instalan dan font sudah terinstal.

Jika cara di atas dirasa masih terlalu sulit untuk dilakukan, maka ada cara menambah font di windows 10 yang lebih praktis yaitu dengan cara mengarahkan font yang sudah didownload pada fitur yang sudah tersedia pada windows. Berikut langkah-langkahnya:

  • font-weight: 400;”>Klik menu “Start”. Menu start pada windows terdapat di pojok kiri bawah pada layar PC atau laptop.
  • font-weight: 400;”>Pilih “Setting”. Setelah melakukan klik pada start, arahkan kursor pada tombol setting. Fitur ini digambarkan dengan bentuk gear yang terletak di atas tombol power.
  • font-weight: 400;”>Lalu pilih “Personalization”. Menu ini berisi beberapa pengaturan tampilan PC atau laptop. Setelah membuka menu personalization di dalam menu tersebut akan dihadapkan dengan beberapa pilihan fitur pilihan.
  • font-weight: 400;”>Klik tombol “Font”. Pada tombol ini arahkan kursor pada kotak fitur “add font”.
  • font-weight: 400;”>Lakukan “Drag and drop to install”. Arahkan font yang akan diinstal ke dalam kotak yang sudah disediakan, maka font akan terinstal secara otomatis.

Itulah cara menambah font di windows 10 dengan benar. Keperluan font sebaiknya disesuaikan dengan jenis penulisan yang akan dibuat. Pemilihan font juga berpengaruh pada kualitas tulisan yang akan dibuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *