Tips & Trik

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop, Solusi Sinyal Lemot

×

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Laptop, Solusi Sinyal Lemot

Sebarkan artikel ini
cara memperkuat sinyal wifi laptop

Cara memperkuat sinyal wifi laptop bisa dilakukan ketika dalam penggunaan laptop, koneksi wifinya bermasalah atau bahkan tidak tersambung sama sekali. Masalah dengan koneksi wifi yang lambat dan sering putus tentu menjadi masalah bagi banyak pengguna, terutama mereka yang menggunakan laptop.

Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meningkatkan kekuatan sinyal wifi pada laptop guna mengatasi masalah tersebut. Di berbagai lokasi saat ini, tersedia akses WiFi yang cukup mudah ditemukan, mulai dari kafe hingga tempat ibadah.

Meskipun demikian, kualitas sinyal tidak selalu optimal. Oleh karena itu, berikut beberapa metode sederhana untuk meningkatkan penerimaan sinyal WiFi, baik pada komputer maupun smartphone.

1. Mengupgrade Jenis Wifi Menjadi yang Terbaru

Salah satu metode yang dianggap paling efektif untuk memperkuat sinyal WiFi pada laptop adalah dengan mengupgrade teknologi WiFi yang digunakan. Ada lima jenis teknologi WiFi yang beredar, yaitu Wireless A, B, G, N, dan AC. Jenis A, B, dan G merupakan teknologi lama dengan kecepatan yang terbatas.

Sementara itu, teknologi N dan AC merupakan versi terbaru dengan kecepatan yang lebih tinggi. Perkembangan teknologi WiFi yang pesat saat ini bisa membuat beberapa laptop tidak kompatibel dengan teknologi terbaru.

Namun, masalah ini dapat diatasi dengan mengganti kartu WiFi yang sudah terpasang di laptop, yang biasanya menggunakan teknologi B, G, N, atau AC, dengan versi terbaru yaitu AX. Mengganti kartu WiFi lama dengan versi terbaru dapat meningkatkan kekuatan sinyal secara signifikan.

2. Pastikan Berada di Lokasi yang Jangkauan Sinyalnya Bagus

Pilihan kedua adalah memastikan lokasi yang strategis. Yang dimaksud strategis disini adalah lokasi tersebut terjangkau dengan baik oleh sinyal wifi yang dihubungkan. Metode ini cukup sederhana karena hanya melibatkan perpindahan posisi.

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai media perambatannya, sehingga penting untuk memilih lokasi yang tepat agar dapat mencapai sinyal WiFi dengan baik.

3. Jauhkan Laptop Dari Perangkat Elektronik Lain

Cara memperkuat sinyal wifi laptop berikutnya adalah mengatur jarak atau menjauhkan laptop dari perangkat elektronik lain. Perangkat elektronik, terutama seperti microwave dan yang menggunakan teknologi bluetooth, dapat mengganggu penerimaan sinyal oleh laptop.

Hal itulah yang akan menyebabkan penerimaan sinyal wifi oleh laptop menjadi tidak kuat. Oleh karena itu perangkat-perangkat tersebut perlu dijauhkan agar sinyal laptop dalam menerima wifi tidak terganggu.

4. Hubungkan Jaringan Wifi yang Masih Belum Banyak Penggunanya

Langkah selanjutnya adalah memilih jaringan WiFi yang belum banyak perangkat yang terhubung. Ini sangat berguna bagi pengguna yang sering menggunakan hotspot publik.

Masalah umum yang sering dihadapi adalah kecepatan jaringan yang lambat. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah mencoba beralih ke jaringan WiFi lain yang masih tersedia namun tidak terlalu ramai penggunanya.

5. Cek Router

Pada saat penerimaan jaringan wifi tidak kuat pada laptop, mungkin bukan laptopnya yang bermasalah. Akan tetapi bisa saja yang bermasalah adalah routernya.

Seperti halnya perangkat gawai lainnya, router juga rentan mengalami masalah jika digunakan secara berlebihan dan nonstop dalam waktu yang lama. Maka dari itu, penting untuk sesekali melakukan reboot atau restart pada router secara teratur agar kinerjanya tetap optimal.

Itulah penjelasan dan uraian singkat tentang cara memperkuat sinyal wifi laptop. Cara-cara yang dijelaskan diatas merupakan cara-cara yang sederhana dan sangat tidak sulit dilakukan. Jadi tidak perlu ragu untuk mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *