Tips & Trik

Simak 6 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Paling Efektif

×

Simak 6 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Paling Efektif

Sebarkan artikel ini

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Dengan Mudah

cara mempercepat upload file di google drive

Google Drive dikenal sebagai layanan cloud yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file seperti video, foto maupun dokumen lain. Cara mempercepat upload file di Google Drive dapat diterapkan dengan memperhatikan storage, menghapus cache, koneksi internet, dan sebagainya.

Pengguna juga dapat membeli kapasitas storage yang disediakan oleh Drive agar lebih leluasa menyimpan file. Berikut ini pembahasan tentang cara mempercepat proses mengunggah file di Google Drive:

1. Membersihkan Cache

Cache diketahui sebagai proses untuk menyimpan data sementara. Kondisi cache yang menumpuk membuat penyimpanan Google Drive menjadi penuh. Cara sederhana ini sering kali diabaikan oleh pengguna dan membiarkannya menumpuk. Oleh karena itu, pengguna disarankan rajin menghapusnya untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

Kinerja Google Drive akan lemot jika penyimpanan penuh oleh cache. Tentunya proses upload file akan berlangsung lama karena aplikasinya lambat. Oleh karena itu, pengguna disarankan rajin menghapusnya untuk meningkatkan kinerja aplikasi.

2. Memperhatikan Kapasitas Penyimpanan Google Drive

Cara mempercepat upload file di Google Drive selanjutnya yaitu memperhatikan penyimpanan. Kondisi penyimpanan penuh tentu akan memperlambat performa aplikasi. Pengguna harus sering mengeceknya dan menghapus file yang dirasa tidak penting. 

Selain itu, menghapus cache juga bisa membantu mengosongkan ruang. Pengguna juga dapat melakukan upgrade penyimpanan, jika tidak ingin menghapus file tersebut. 

Google Drive menawarkan penyimpanan tambahan sesuai kebutuhan pengguna dengan harga bervariasi. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot menghapus file dan bisa menyimpannya lebih leluasa.

3. Mengkompres File

Kompres file dapat dilakukan sebagai alternatif jika ukurannya terlalu besar. File yang berukuran besar biasanya membuat proses upload ke Google Drive menjadi lambat. Pengguna dapat memperkecil ukurannya dengan mengkompres terlebih dahulu agar proses upload lebih cepat.

Untuk mengkompres file, pengguna bisa memanfaatkan fitur di Google maupun website yang diakses gratis di internet. Pengguna pun dapat memasukkan file yang ingin dikompres dan menentukan ukurannya. Setelah itu, tinggal unduh file yang berhasil dikompres lalu upload ke Google Drive.

4. Menggunakan WiFi

Penggunaan WiFi diketahui dapat berpengaruh pada kecepatan ketika mengunggah file ke Google Drive. Kecepatan konektivitas ini akan mempercepat proses upload dalam jumlah banyak sekaligus. Namun, koneksi WiFi juga bisa lemot jika terlalu banyak orang yang tersambung, terutama di tempat umum.

Sebelum mengupload file, sebaiknya periksa konektivitas terlebih dahulu agar tidak terhenti di tengah jalan. Hindari pula mengunggah file di tempat WiFi umum jika tidak ingin menghabiskan waktu lama saat mengunggahnya. Selain itu, keamanan serta privasi data yang diunggah tetap terjaga.

5. Menghentikan Aplikasi Lain

Mempercepat proses upload file bisa dengan menghentikan aplikasi lain. Aplikasi yang dijalankan tersebut mempengaruhi kecepatan internet. Hal ini tentu memperlambat proses mengunggah file ke Drive dan menghabiskan waktu lama. Jadi, pastikan aplikasi lain telah dihentikan agar tidak membebani konektivitas internet.

6. Hindari Mengupload File Bersamaan

Selain menghentikan aplikasi, pengguna sebaiknya tidak mengunggah file secara bersamaan. Kondisi ini tentu akan memperlambat koneksi internet, terutama jika file yang diunggah berkapasitas besar. Biasanya unggahan akan berhenti di tengah proses, sehingga akan menghabiskan waktu semakin lama.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk mengunggahnya secara bergantian. Pengguna juga bisa mengkompres file agar kapasitasnya tidak terlalu besar. Cara ini cukup efektif untuk mempercepat unggahan file ke Google Drive.

Demikian pembahasan tentang cara mempercepat upload file di Google Drive. Pastikan pengguna telah memeriksa penyimpanan agar tidak penuh. Selain itu, koneksi internet juga harus diperhatikan agar proses mengunggah file berjalan cepat tanpa kendala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *