Tips & Trik

Begini Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

4
×

Begini Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Sebarkan artikel ini

Cara Mempercepat Pengisian Baterai di HP ynag Wajib Diketahui

Ada banyak cara mempercepat pengisian baterai yang bisa dilakukan. Selain adanya dukungan fitur fast charging yang kini mulai banyak dikembangkan, ternyata teknik charging juga bisa mendorong pengisian baterai menjadi semakin cepat.

Jika teknik charging salah maka baterai bisa sangat lambat pengisiannya, meskipun smartphone memiliki fitur fast charging. Dengan menggunakan teknik charging yang tepat maka yang lambat bisa menjadi cepat, dan yang cepat akan semakin cepat. Nah berikut ini merupakan beberapa tips untuk mempercepat pengisian baterai:

1. Menggunakan Charger Yang Original

Menggunakan charger yang original juga dapat mempengaruhi kecepatan pengisian baterai. Besar tegangan dan juga aliran arus pada setiap charger pasti sudah disesuaikan dengan smartphone nya. Sehingga jika mencharger dengan menggunakan charger original dapat membantu mempercepat pengisian baterai.

Sebaliknya jika menggunakan charger yang tidak original, terlebih besar tegangan dan aliran listrik yang dialirkan tidak cocok dengan smartphone yang digunakan. Maka pengisian baterai bisa menjadi lambat dan lama-kelamaan dapat merusak baterai smartphone.

2. Mengaktifkan Mode Penerbangan

Cara mempercepat pengisian baterai yang selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan mode penerbangan. Hal ini dikarenakan ketika mode penerbangan diaktifkan maka seluruh jaringan internet akan terputus. Dengan begitu maka smartphone tidak akan banyak mengonsumsi daya baterai saat dilakukan pengisian.

Seperti yang diketahui bahwa ada beberapa aplikasi di smartphone yang akan tetap bekerja meski smartphone dibiarkan saja. Contohnya seperti aplikasi WhatsApp, dengan adanya jaringan internet maka setiap saat pesan akan masuk. Hal ini dapat menguras daya baterai smartphone sehingga pengisian baterai menjadi lambat.

3. Mematikan Smartphone

Selain mengaktifkan mode penerbangan, cara mempercepat pengisian baterai yang lebih efektif yaitu dengan cara mematikan smartphone saat pengisian baterai. Dengan mematikan smartphone tidak hanya jaringan yang terputus, tetapi seluruh operasi smartphone akan berhenti.

Dengan tidak adanya satupun kegiatan yang dilakukan oleh smartphone maka daya baterai tidak akan terpakai sama sekali. Sehingga ketika proses charger, daya listrik akan masuk dengan maksimal.

4. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Menggunakan aplikasi pendukung seperti aplikasi Fast Charger juga dapat mendorong pengisian baterai menjadi lebih cepat. Cara ini cocok digunakan bagi pengguna smartphone yang belum dibekali dengan fitur Fast Charging.

Aplikasi pendukung pengisian baterai agar lebih cepat saat pengisian baterai kini sudah banyak dikembangkan. Diantaranya yaitu aplikasi Fast Charging, aplikasi Ultra Fast Charging 5x, aplikasi Super Fast Charger 5x, dan masih banyak lagi.

5. Jangan Gunakan Smartphone Ketika Sedang Melakukan Pengisian Baterai

Agar pengisian baterai lebih cepat maka sebisa mungkin jangan gunakan smartphone yang sedang di charger terlebih dahulu. Jika smartphone tetap digunakan ketika sedang di charger maka smartphone akan bekerja lebih keras sehingga daya baterai akan terus berkurang meski sedang melakukan pengisian baterai.

Dampaknya bukan hanya pengisian baterai yang menjadi lama. Namun baterai akan cepat panas hingga overheat dan lama kelamaan baterai akan rusak. Hal ini bahkan dapat menyebabkan baterai cepat habis.

6. Jangan Menggunakan Powerbank

Beberapa pengguna smartphone lebih gemar menggunakan powerbank daripada mengecas langsung di stop kontak. Padahal daya listrik yang tersimpan di powerbank tidak begitu kuat sehingga ketika seseorang menggunakan powerbank daya baterai lebih lama terisi.

Oleh karena itu jangan menggunakan powerbank jika ingin pengisian daya baterai smartphone lebih cepat. Sangat disarankan untuk mengecas smartphone langsung di stop kontak yang memiliki aliran listrik stabil.

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara mempercepat pengisian baterai Smartphone. Perlu diketahui bahwa menggunakan teknik yang tepat saat melakukan pengisian baterai selain dapat membantu baterai cepat penuh, hal ini juga dapat menjaga kesehatan baterai. Sehingga umur baterai bisa lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *