Kumpulan Cara Mempercepat Download Di Chrome Android Yang Harus Dicoba

Cara Mempercepat Download Di Chrome Android, Wajib Coba

cara mempercepat download di chrome android

Chrome merupakan sebuah platform menarik untuk dijadikan wadah mengunduh sebuah . Namun tidak ayal apabila terkadang Chrome juga mengalami masa kelambatan proses mengunduh. Sebenarnya, cara mempercepat download di Chrome android agar tidak terlalu lama menunggu proses pengunduhan.

Cara-cara di bawah ini bisa dilakukan secara bersamaan hanya satu per satu saja. Memang lebih baik apabila cara-cara di bawah ini dikerjakan semuanya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sudah penasaran apa saja caranya? Silahkan simak uraian berikut ini:

1. Selalu Pastikan Chrome di Update

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat download di Chrome menjadi cepat adalah memastikan bahwa aplikasi yang digunakan sudah di update. Seperti yang diketahui, meng-update aplikasi merupakan hal yang harus rutin dilakukan untuk kebaikan pemakaian. Salah satu contohnya adalah Chrome dalam hal pengunduhan.

Proses pengunduhan yang memakan waktu banyak di Chrome bisa terjadi apabila aplikasi memang belum di update. Untuk itu, pastikan bahwa Chrome yang digunakan merupakan Chrome yang hadir dalam versi terbaru. Melalui cara tersebut kelambatan proses pengunduhan mungkin bisa terbantu.

2. Aktifkan Mode Ringan

Dalam aplikasi Chrome, ada sebuah tools yang mengatur tentang mode ringan. lain mode ringan adalah penghemat data. Selain berguna untuk mempercepat proses loading ketika Berselancar di internet, mode ringan juga ternyata berfungsi untuk mempercepat download file dari Chrome.

Mode ringan letaknya ada di bagian pengaturan aplikasi Chrome. Cari menu mode ringan melalui setelan lanjutan, setelah ditemukan langsung saja aktifkan mode ringan tersebut. Segarkan halaman sekali apabila memungkinkan, ulangi lagi proses download dari awal. Kemudian lihat bahwa kecepatan download akan berubah.

3. Kurangi Tab

Terkadang, secara tidak sadar pengguna Chrome seringkali lupa mengeluarkan tab pencarian setiap kali aplikasi selesai digunakan. Ternyata, hal ini cukup berpengaruh kepada proses download file. Tab yang banyak tersangkut di aplikasi dapat mengurangi kecepatan pengunduhan file.

Hal ini jelas terjadi karena setiap tab yang belum ditutup akan terus bekerja di latar belakang. Tab yang bekerja ini dapat ikut loading juga seperti tab yang sedang digunakan. Apabila ada dua proses surfing yang dilakukan Chrome secara bersamaan, secara tidak langsung itu akan mempengaruhi kecepatan pengunduhan. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi tab yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Jangan Bersihkan Cache Mendownload

Cache merupakan sebuah file sampah aplikasi yang seringkali menjadi penghambat aktivitas setiap aplikasi. Normalnya, saja harus dibersihkan secara rutin agar tidak mengganggu kinerja sistem. Namun, dalam kasus pengunduhan di Chrome, cache tentu malah menjadi salah satu suporter utama.

Benar, tidak membersihkan cache saat mendownload menjadi salah satu cara mempercepat download di Chrome android. Faktanya, cache bahkan dapat menyumbang proses kecepatan pengunduhan file. Namun tetap saja, setelah download selesai dilakukan dan aplikasi tidak lagi digunakan bersihkan, cache secara menyeluruh.

5. Tinggalkan Chrome Sementara Saat Mendownload

Syarat terakhir ini mungkin merupakan salah satu yang bisa diandalkan untuk mempercepat pengunduhan di Chrome. Cara ini yakni meninggalkan aplikasi Chrome sementara saat mengunduh. Pengunduhan akan terjadi di latar belakang alias tidak akan terputus.

Sementara itu, apabila Chrome ditutup aplikasinya sementara maka kuota tidak akan banyak tersedot habis. Dengan begitu data internet akan fokus dihabiskan untuk mendownload saja. Hal itu berpengaruh cukup kencang pada kecepatan pengunduhan.

Kelima cara mempercepat download di Chrome android tersebut apabila diterapkan dengan baik maka bisa membuat download berlangsung cepat dan berhasil. Setelah yakin kelima cara tersebut dilakukan, maka jangan lupa juga untuk selalu mengecek keadaan kecepatan internet. Apabila kecepatan sedang menurun, silahkan pindah tempat yang memiliki kecepatan yang stabil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *