Tips & Trik

Inilah Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka Sedetail Mungkin

5
×

Inilah Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka Sedetail Mungkin

Sebarkan artikel ini

Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka Dengan Mudah

Saat ini YouTube menjadi salah satu aplikasi yang sering dituju oleh banyak orang untuk melihat dan membuat konten berbentuk video. Hal ini menjadi primadona bagi semua pengguna apalagi jika harus mengetahui cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka karena website tersebut sedang error.

Dengan kasus tersebut maka beramai-ramai orang-orang untuk melihat apakah aplikasi tersebut bisa digunakan atau tidak dengan berbagai macam penyebabnya. Oleh karena itu, penting bagi semua pengguna untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa sebab dari YouTube tidak dapat dibuka.

YouTube Tidak Bisa Buka, Kenapa?

Sebelum mengetahui cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka maka seseorang memahami berbagai macam penyebab hal tersebut dapat terjadi. Biasanya aplikasi tersebut tidak bisa buka lantaran sedang error atau server bermasalah, namun ada hal lain yang perlu diketahui diantaranya:

  • Penyebab utamanya adalah aplikasi YouTube tidak pernah dilakukan update sehingga perlu dicek dan dilakukan pembaharuan dengan menggunakan WiFi.
  • Terlalu penuh data yang digunakan oleh YouTube dengan cara mengunduhnya agar bisa dilihat secara offline.
  • Tak tanggung-tanggung memori Hp yang digunakan melebihi kapasitas alias penuh sehingga YouTube tidak bisa dibuka.
  • Terdapat banyak data atau cache yang terdapat pada browser saat membuka YouTube sehingga perlu rutin untuk menghilangkan data cache.
  • Tidak adanya kuota internet yang cukup hingga jaringan yang dimiliki ternyata membuat akses semakin lambat.

Cara Atasi YouTube Error atau Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat YouTube tidak bisa dibuka oleh pengguna, maka hal yang harus dilakukan adalah mengatasinya. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi YouTube tidak bisa dibuka adalah sebagai berikut:

1. Install Ulang Aplikasi YouTube

Cara memperbaiki YouTube tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan pemasangan ulang aplikasi pada saat hal tersebut sedang mengalami error. Biasanya beberapa orang melakukan hal tersebut disebabkan baru menginstal YouTube ternyata tidak bisa dibuka dan perlu uninstall lalu dipasang kembali.

2. Melakukan Update Secara Berkala

Ini biasanya terjadi pada beberapa pengguna yang memiliki aplikasi YouTube bukan dari bawaan Hp. Oleh sebab itu YouTube perlu dilakukan update jika ternyata aplikasi tersebut setelah dicek masih versi yang lama agar bisa dibuka.

3. Menghapus Cache yang Dimiliki oleh YouTube

Biasanya setiap aplikasi memiliki cache saat digunakan dan jika hal tersebut sering dipakai maka data cache akan bertumpuk pada Android. Hal tersebut mengakibatkan aplikasi YouTube benar-benar tidak bisa dibuka oleh pengguna dan pada akhirnya tidak bisa menonton video seperti biasanya.

Cara yang terampuh untuk membasmi data cache yang bertumpuk adalah dengan menghapus hingga tidak ada sisa di dalam aplikasi yang digunakan. Untuk melakukan hal tersebut adalah pertama membuka Setelan lalu dipilih aplikasi yang terinstal yaitu YouTube kemudian memilih opsi Hapus Cache.

4. Menghapus Data pada Aplikasi YouTube

Ternyata data-data yang tersimpan oleh YouTube dan penggunanya dapat mengakibatkan aplikasi tersebut tidak bisa dibuka oleh orang yang sedang mengoperasikannya. Walaupun tidak melakukan unduhan secara otomatis YouTube akan menyimpan data berupa informasi akun hingga thumbnail video serta konfigurasi.

Dengan kata lain jika digunakan secara terus menerus maka aplikasi YouTube akan memiliki data yang menumpuk sehingga perlu dihapus data-data tersebut. Hal tersebut jika dibiarkan terus berlarut maka aplikasi tiba-tiba akan crash dan pada akhirnya tidak dapat digunakan di Hp yang dimiliki.

5. Pergunakan Jaringan Internet yang Stabil

Cara terakhir yang dapat dilakukan oleh pengguna saat YouTube tidak bisa dibuka adalah mencari jaringan internet yang dianggap stabil dan cepat akses. Selain itu kuota yang dimiliki saat menggunakan jaringan internet dirasa cukup untuk menonton video di aplikasi tersebut.

Itulah cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka dan dialami oleh penggunanya. Apalagi pengguna yang memiliki channel tersebut merupakan seorang konten kreator yang dikejar target untuk memberikan hiburan kepada para penontonnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *