Tips & Trik

7 Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka, Dijamin Berhasil

×

7 Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka, Dijamin Berhasil

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa dibuka

WhatsApp adalah aplikasi untuk mengirim pesan instan yang dapat digunakan di seluruh dunia. Namun, tidak jarang pengguna mengalami masalah saat mencoba membuka aplikasi ini. Salah satu masalah yang umum adalah WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Oleh karena itu berikut akan dibahas cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa dibuka dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa penyebabnya bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari masalah teknis sampai dengan permasalahan pada perangkat. Dengan adanya cara ini maka para pengguna aplikasi Whatsapp tidak perlu panik dan khawatir lagi. Bagi yang penasaran langsung saja simak uraian selengkapnya dibawah ini:

1. Perbarui Sistem Operasi ke Versi Terbaru

Cara pertama yaitu dengan memperbarui sistem operasi ke versi terbaru. Perbarui sistem operasi ponsel ke versi terbaru yang didukung oleh perangkat. Pembaruan sistem operasi seringkali mencakup perbaikan bug serta peningkatan keamanan yang dapat membantu dalam menjalankan aplikasi.

Pembaharuan ini jika tidak diperhatikan secara baik maka akan membuat aplikasi whatsapp tidak dapat dibuka. Oleh karena itu pembaruan sistem harus selalu dilakukan.

2. Upgrade Aplikasi ke Versi Terbaru

Langkah berikutnya yang bisa lakukan adalah dengan melakukan upgrade ke versi terbaru aplikasi WhatsApp. Pastikan untuk mengunjung Google Play Store untuk pengguna Android,

Sedangkan pengguna ios bisa mengunjungi App Store dan memperbarui WhatsApp ke versi yang paling baru. Dengan melakukan update ke versi terbaru, maka juga akan memastikan bahwa memiliki akses ke fitur-fitur terbaru dan keamanan yang diperbarui.

Jadi, jangan lupa untuk secara rutin memeriksa dan memperbarui aplikasi WhatsApp untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

3. Hapus File Cache WhatsApp

Cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa dibuka selanjutnya dengan cara menghapus file cache whatsapp. Coba hapus file cache WhatsApp di ponsel.

Cache yang terakumulasi dari penggunaan aplikasi dapat kadang-kadang menyebabkan masalah. Untuk menghapus file cache WhatsApp, buka Pengaturan > Aplikasi atau Pengelola Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan > Hapus Cache.

4. Hapus Data WhatsApp

Jika menghapus file cache tidak membantu, maka dapat dapat mencoba menghapus data WhatsApp. Ini akan menghapus semua data aplikasi, termasuk riwayat pesan, jadi pastikan telah melakukan cadangan data penting sebelum melanjutkan.

Untuk menghapus data WhatsApp, buka Pengaturan > Aplikasi atau Pengelola Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan > Hapus Data.

5. Pasang Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika masalah masih belum teratasi, pertimbangkan untuk menghapus dan memasang ulang aplikasi WhatsApp. Ini dapat membantu memperbaiki masalah yang mungkin terjadi pada instalasi aplikasi yang ada. Hapus WhatsApp dari ponsel dan unduh kembali dari toko aplikasi resmi.

6. Restart Ponsel

Kelebihan aplikasi yang beroperasi di latar belakang juga bisa menyebabkan crash yang berujung pada error. Mungkin saja WhatsApp menjadi salah satu yang terpengaruh.

Untuk mengatasi hal ini, maka perlu mematikan ponsel terlebih dahulu, tunggu sejenak, dan hidupkan kembali smartphone. Merestart ponsel dapat menjadi solusi untuk mengatasi WhatsApp yang tidak dapat dibuka, meskipun hasilnya tidak selalu berhasil.

7. Hapus Memori

Terakhir adalah dapat mencoba membersihkan memori ponsel sebagai upaya untuk mengatasi masalah WhatsApp yang tidak dapat dibuka. Memori yang terlalu penuh dapat menghambat kinerja ponsel.

Selain menghapus cache, disarankan untuk secara rutin membersihkan memori. Singkirkan file-file yang tidak terpakai di ponsel.

Jika diperlukan, hapus aplikasi, foto, atau video yang tidak lagi digunakan. Pasalnya, data-data tersebut seringkali memakan banyak ruang pada memori.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki whatsapp yang tidak bisa dibuka dengan mudah. Terdapat tujuh cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki aplikasi WA yang tidak bisa di buka. Perhatikan juga setiap langkah langkahnya agar aplikasi WA bisa digunakan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *