Tips & Trik

Begini 3 Cara Memperbaiki Video yang Pecah di Android dengan Mudah, Yuk Dicoba!

8
×

Begini 3 Cara Memperbaiki Video yang Pecah di Android dengan Mudah, Yuk Dicoba!

Sebarkan artikel ini

Cara Memperbaiki Video yang Pecah di Android, Ini Referensinya

Sudah susah payah merekam video, namun ketika diputar video tersebut pecah. Sebagian pengguna Android pasti pernah mengalami hal ini. Tidak perlu panik, sebab pengguna bisa menerapkan cara memperbaiki video yang pecah di Android jika sudah tidak memungkinkan retake video.

Penyebab video yang diambil bisa pecah sendiri ada beberapa. Bisa karena format dan resolusi video yang tidak sesuai, serta codec video yang tidak tepat. Dengan kemudahan yang diberikan perangkat Android, sekarang pengguna tidak perlu repot-repot menggunakan laptop untuk memperbaiki videonya.

Cara Memperbaiki Video yang Pecah Menggunakan Aplikasi Android

Kabar baiknya, terdapat aplikasi Android yang bisa memperbaiki permasalahan pada video yang pecah. Aplikasi tersebut bernama Video Converter dan CapCut. Pengguna bisa memanfaatkan fitur dari kedua aplikasi tersebut untuk memperbaiki tiga permasalahan di atas. Penasaran? Yuk simak pembahasan berikut!

1. Menggunakan Aplikasi Video Converter

Video Converter memiliki fitur untuk mengubah format dan resolusi video serta menyesuaikan codec sesuai kebutuhan. Perangkat yang bisa menggunakannya adalah Android 7.0 ke atas dan size download-nya di Google Play Store sekitar 37 MB. Begini cara menggunakan aplikasi Video Converter:

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi ‘Video Converter’. Pastikan untuk mengunduh aplikasi yang dirilis oleh VidSoftLab.
  • Pilihlah menu ‘Video Converter’. Setelah itu pilihlah video yang ingin pengguna perbaiki. Jika video tidak ditemukan, pengguna bisa mengklik tab ‘Jelajahi’.
  • Nantinya akan muncul halaman yang berisi informasi video. Terdapat Overview Video, Video Info, serta Audio Info. Klik ‘Video Info’ untuk mengetahui resolusi, codec, bitrate, frame rate, dan lain sebagainya.
  • Klik tanda panah yang terletak di pojok kanan bawah layar. Selanjutnya pilihlah salah satu alat konversi sesuai dengan perangkat yang pengguna gunakan. Lanjut klik anak panah lagi.
  • Setelah itu, sesuaikan format video, codec, FPS, resolusi, dan bitrate-nya untuk membuat agar video tidak pecah lagi. Jika sudah, klik lagi anak panah yang berada di bawah.
  • Apabila semua sudah diatur, mulailah proses konversi. Tunggulah sampai proses tersebut selesai dengan sempurna. Untuk memastikan video sudah tidak pecah, pengguna bisa memutar videonya.

2. Menggunakan Aplikasi CapCut

Capcut merupakan sebuah aplikasi editing video yang terbilang baru. Meskipun begitu, CapCut telah digunakan lebih dari 100 juta orang. Size-nya 113 MB dan memerlukan perangkat Android 5.0 ke atas. Salah satu fiturnya bisa memperbaiki video yang pecah lho. Berikut caranya:

  • Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi, bukalah project baru di CapCut lalu tambahkan video yang ingin pengguna perbaiki.
  • Bukalah kategori efek ‘Komik’, kemudian pilih efek ‘Neon’ untuk diterapkan pada video.
  • Setelah itu, bukalah kategori efek ‘Dasar’, lalu pilihlah efek ‘Buram’. Jika sudah, simpan video yang telah diberi efek ke galeri. Namun aplikasi jangan ditutup.
  • Tanpa keluar dari project tadi, hapus kedua efek yang sudah diberikan sebelumnya. Lalu tambahkan video yang barusan pengguna simpan ke galeri.
  • Pindahkan klip video efek ke dalam trek ‘Overlay’. Sejajarkan posisinya dengan video tanpa efek yang utama.
  • Masih di video efek, bukalah menu ‘Gabungan’, kemudian pilihlah opsi ‘Dodge’ dan aturlah opacity menyesuaikan kebutuhan.
  • Jika sudah, jangan aktifkan video apapun. Bukalah menu ‘Sharpen’, lalu pilihlah opsi ‘Pertajam’, atur bagian resetnya hingga 100 persen.
  • Selesai.

Cara Memperbaiki Video yang Pecah Melalui Situs Online-Convert

Cara memperbaiki video yang pecah di Android melalui situs Online-Convert sebenarnya sama mekanismenya dengan aplikasi. Bedanya, dengan situs ini pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi yang menambah beban memori. Pengguna bisa bebas mengatur resolusi, bitrate, serta codec tanpa aplikasi. Begini caranya:

  • Melalui browser, kunjungilah https://www.online-convert.com/. Scroll sampai ke bagian bawah dan pilihlah menu ‘Konverter Video’.
  • Pilih format video yang diinginkan, contohnya MP4. Setelah itu, pengguna akan dialihkan ke tampilan baru untuk memasukkan video. Masukkanlah video ke tampilan tersebut.
  • Aturlah preset, ukuran layar, serta hal-hal lainnya yang dibutuhkan. Jika sudah, klik tombol mulai. Proses konversi akan segera berjalan.
  • Tunggulah sampai video selesai dikonversi. Lihatlah video setelah selesai untuk memastikan video sudah selesai diperbaiki.

Itulah 3 cara memperbaiki video yang pecah di Android dengan bantuan aplikasi dan situs. Pengguna bisa memperbaiki kualitas video yang pecah tanpa harus retake video dengan bantuan ketiga cara tersebut. Dengan begitu, pengguna Android bisa terus produktif menghasilkan konten video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *