Tips & Trik

5 Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak Tanpa Bongkar

×

5 Cara Memperbaiki Tombol Volume HP yang Rusak Tanpa Bongkar

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak

Kerusakan tombol voulme dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kerusakan fisik, atau masalah internal. Namun banyak yang mengetahui cara memperbaiki volume hp ini. Oleh karena itu berikut akan dibahas cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak dengan mudah.

Memperbaiki tombol volume yang rusak pada ponsel merupakan tugas yang memerlukan ketelitian dan keterampilan teknis. Bagi yang penasaran bagaimana cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak, simak uraian berikut ini:

1. Membersihkan Tombol Volume

Untuk mengatasi masalah ketidakberfungsian tombol volume pada perangkat ponsel, langkah awal yang dapat diambil adalah membersihkan tombol tersebut. Kemungkinan adanya kotoran atau debu yang menyumbat di sekitar tombol volume dapat mengganggu kinerjanya.

Dengan hati-hati, selain itu juga dapat membersihkan tombol volume menggunakan jarum kain untuk mengangkat kotoran atau gumpalan yang menghalangi fungsi tombol tersebut.

2. Mengganti Tombol Volume HP

Jika setelah proses pembersihan masalah masih belum teratasi, langkah selanjutnya adalah mengganti tombol volume yang bermasalah. Namun, perlu diingat bahwa mengganti tombol volume pada perangkat ponsel bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan keterampilan teknis yang cukup.

Jika tidak memiliki pengalaman dalam hal perbaikan perangkat ponsel, disarankan untuk mencari bantuan dari teknisi profesional atau layanan purna jual resmi guna melakukan penggantian tombol volume dengan tepat. Alternatifnya, dapat membawa perangkat langsung ke pusat layanan resmi dari merek perangkat yang bersangkutan.

3. Atur Volume Melalui Quick Panel

Cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan quick panel. Jika belum memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan fisik atau pergi ke pusat layanan.

Maka dapat menggunakan alternatif lain yaitu mengatur volume melalui quick panel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Usap layar dari bagian atas ke bawah untuk membuka quick panel.
  • Tekan dan tahan opsi atau ikon suara yang tersedia.
  • Hal ini akan membuka pengaturan volume.
  • Atur volume sesuai dengan keinginan.

4. Atur Volume Melalui Pengaturan

Untuk lebih jelas melakukan pengaturan volume bisa melalui pengaturan, dengan melalui pengaturan bisa mengatur sendiri sesuai keinginan tingkat suara yang mau di setel.

Ini merupakan cara alternatif juga jika memang belum sempat memperbaiki atau mengganti tombol volume yang tidak berfungsi tersebut.

  • Buka menu pengaturan pada perangkat ponsel.
  • Pilih opsi suara dan getar dari daftar menu yang tersedia.
  • Di dalam menu tersebut, atau juga dapat menyesuaikan volume sesuai dengan preferensi. Selain pengaturan volume, terdapat juga opsi lain yang berkaitan dengan suara yang dapat diatur.
  • Metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif jika tombol volume pada perangkat yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan.

5. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Yang terakhir tips alternatif cara memperbaiki tombol volume hp yang tidak berfungsi adalah bisa memakai aplikasi tambahan. Di playstore atau toko aplikasi yang lain banyak menyediakan aplikasi untuk mengatur volume.

Jadi silahkan gunakan salah satu aplikasi volume tersebut untuk mengatur volume ketika tombol volume tidak berfungsi sama sekali.

Berikut singkatnya:

  • Dari toko aplikasi seperti Play Store, cari dan unduh salah satu aplikasi pengatur volume yang tersedia.
  • Setelah mengunduh aplikasi tersebut, instal dan buka aplikasi tersebut pada perangkat.
  • Dengan menggunakan aplikasi tersebut, dapat mengatur volume perangkat bahkan jika tombol volume tidak berfungsi sama sekali.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki tombol volume hp yang rusak. Terdapat lima cara yang mudah dilakukan. Pilihlah salah satu dari lima cara diatas. Selain itu juga perhatikan setiap langkah langkahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *