Tips & Trik

4 Cara Memperbaiki Speaker Bunyi Kresek Sebelum ke Tempat Servis

×

4 Cara Memperbaiki Speaker Bunyi Kresek Sebelum ke Tempat Servis

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki speaker bunyi kresek

Jika pada sebuah hp speakernya ada bunyi kresek-kresek maka jangan buru-buru untuk berpikir menggantinya dengan yang baru. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa cara memperbaiki speaker bunyi kresek yang dapat dilakukan.

Kresek-kresek yang mengganggu dari speaker hp bisa diakibatkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Untuk memperbaikinya, langkah-langkah yang diperlukan sebenarnya cukup sederhana. Sebelum memutuskan untuk membuang atau membawa perangkat ke tukang servis, disarankan untuk melakukan pengecekan awal sendiri.

Pada umumnya, jika masalahnya terletak pada sistem atau konfigurasi ponsel yang mengakibatkan suara speaker hilang, kemungkinan besar hal itu tidak bisa diperbaiki secara langsung.

Jika kerusakan disebabkan oleh komponen speaker itu sendiri, maka yang dibutuhkan adalah penggantian komponen tersebut. Berikut adalah beberapa informasi yang bisa diperhatikan untuk menangani masalah tersebut.

1. Ubah Fungsi Speaker Utama Menjadi Kedua

Untuk mengatasi masalah bunyi kresek pada speaker, terdapat beberapa alternatif solusi yang dapat diuji, dan salah satunya adalah dengan mengubah fungsi speaker utama menjadi speaker kedua. Untuk menerapkan langkah-langkah ini, ada beberapa prosedur yang dapat diikuti. Pertama, pengguna perlu menginstal aplikasi bernama Soundabout. Setelah berhasil menginstal aplikasi, langkah selanjutnya adalah membukanya.

Begitu aplikasi terbuka, pengguna akan diarahkan ke menu Sound About service. Di sini, pengguna perlu memilih opsi On untuk statusnya. Kemudian, langkah berikutnya adalah menuju menu media audio di aplikasi tersebut. Di sini, pengguna dapat melanjutkan dengan mengubah pengaturan dari speaker ke earpiece.

Setelah semua langkah selesai dijalankan, proses pengubahan fungsi speaker utama menjadi speaker kedua dianggap selesai. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, diharapkan masalah bunyi kresek pada speaker dapat teratasi dengan efektif.

2. Restart Ponsel

Cara memperbaiki speaker bunyi kresek yang ini tentunya sangat mudah. Kemungkinan penyebab speaker mengeluarkan suara kresek bisa juga disebabkan oleh masalah perangkat lunak.

Untuk mengatasi hal ini, melakukan restart pada ponsel hingga proses reset ulang dapat membantu memulihkan kembali kinerja speaker yang terganggu.

3. Menggunakan Aplikasi MX Player

Salah satu cara alternatif untuk mengatasi masalah bunyi kresek pada speaker adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, yaitu aplikasi Speaker Hp MX Player. Untuk menerapkan metode ini, pengguna perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi MX Player di ponsel mereka. Setelah berhasil menginstal aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu pengaturan. Di dalam menu pengaturan, pengguna perlu mencari opsi yang berkaitan dengan audio.

Setelah menemukannya, langkah berikutnya adalah mencentang opsi pemutar audio. Setelah semua pengaturan terpilih, pengguna dapat mencoba memutar musik menggunakan MX Player.

Selanjutnya, dalam tampilan pemutar audio, pengguna dapat memilih logo audio dan menggunakan decoder audio sw untuk menyelesaikan proses ini. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan masalah bunyi kresek pada speaker dapat teratasi dengan efektif.

4. Coba Bersihkan Speaker Hp

Langkah selanjutnya yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah bunyi kresek pada speaker adalah dengan membersihkan speaker hp. Kemungkinan adanya kotoran atau debu yang menempel pada speaker dapat mengganggu kualitas suara dan menghasilkan bunyi kresek yang tidak menyenangkan saat didengar.

Oleh karena itu, membersihkan speaker secara rutin disarankan agar kebersihan speaker dan ponsel dapat terjaga, sehingga kinerja perangkat tetap optimal.

Nah demikianlah penjelasan serta uraian singkat mengenai cara memperbaiki speaker bunyi kresek. Dalam hal ini yang dimaksud adalah speaker hp. Jadi saat speaker hp mengeluarkan bunyi kresek, hal-hal diatas dapat dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *