Tips & Trik

6 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Tanpa Aplikasi

×

6 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload

Play Store adalah sebuah platform utama untuk mengunduh aplikasi dan game dengan mudah di perangkat Android. Namun, seringkali pengguna mengalami masalah saat mencoba mengunduh konten baru. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah Play Store tidak dapat mendownload aplikasi atau game dengan lancar. Oleh karena itu berikut akan dibahas secara lengkap mengenai cara memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload yang mudah dilakukan.

Tidak bisa mendownload dari Play Store bisa menjadi masalah besar bagi yang sedang menggunakan play store ini. Namun jangan panik dan cemas, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah ini.

Bagi yang penasaran bisa simak uraian dibawah ini dengan teliti. Untuk dapat memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload. Langsung saja berikut cara caranya:

1. Periksa Koneksi Internet

Cara memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload adalah dengan memeriksa koneksi internet. Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil seringkali menjadi penyebab utama masalah saat mencoba mengunduh aplikasi dari Play Store.

Oleh karena itu pastikan koneksi internet stabil dan berfungsi dengan baik. Atau dapat menguji koneksi internet dengan membuka browser atau mencoba menggunakan aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet.

2. Hapus Cache dan Data

Selanjutnya dengan menghapus cache dan data. Cache dan data yang disimpan oleh aplikasi Play Store kadang-kadang bisa menjadi rusak atau menyebabkan masalah.

Menghapus cache dan data Play Store dapat membantu untuk mengatasi masalah masalah play store tidak bisa mendownload ini. Bagi yang penasaran bisa simak langkahnya  dibawah ini:

  • Buka settings pada ponsel .
  • Pilih Aplikasi atau Aplikasi Terinstal.
  • Cari Google Play Store dan ketuk untuk membukanya.
  • Di dalam menu aplikasi Play Store, pilih opsi Hapus Cache dan kemudian Hapus Data.

3. Periksa Ruang Penyimpanan

Kemudian dengan memeriksa ruang penyimpanan. Keterbatasan ruang penyimpanan di perangkat dapat menjadi penghalang dalam mengunduh aplikasi baru.

Pastikan mempunyai ruang penyimpanan yang lebih dari cukup untuk dapat mendownload serta menginstal new aplikasi. Jika perlu, hapus file atau aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi untuk dapat mengosongkan ruang tambahan.

4. Perbarui Google Play Store

Google secara teratur merilis pembaruan untuk aplikasi Play Store mereka. Pembaruan ini seringkali mengatasi masalah dan bug yang ada. Pastikan sudah memiliki versi terbaru dari Play Store dengan memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Maka dapat memperbarui aplikasi Play Store dengan cara sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka Google Play Store.
  • Kemudian klik ikon tiga garis horizontal pada bagian kiri atas untuk dapat membuka menu.
  • Pilih Pengaturan dan gulir ke bawah hingga melihat opsi Versi Play Store
  • Jika ada pembaruan yang tersedia, pilih Perbarui.

5. Nonaktifkan VPN atau Proxy

Jika menggunakan VPN atau proxy, coba untuk mematikannya sementara. Terkadang, pengaturan VPN atau proxy dapat mengganggu koneksi Play Store, yang mengakibatkan masalah saat mendownload aplikasi.

6. Restart Perangkat

Jika masalah persisten, cobalah untuk me-restart perangkat. Restart dapat membantu membersihkan sementara memori dan proses yang berjalan, dan seringkali dapat memperbaiki masalah kecil yang terjadi.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, maka dapat mencoba memperbaiki masalah Play Store yang tidak dapat mendownload aplikasi. Jika masalah masih terjadi setelah mencoba semua langkah tersebut, mungkin perlu mencari bantuan lebih lanjut dari spesialis atau sumber daya online yang relevan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload. Terdapat enam cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload. Perhatikan juga langkah demi langkahnya supaya playstore bisa dengan lancar dalam mendownload sebuah aplikasi yang sedang dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *