Tips & Trik

5 Cara Memperbaiki Memori yang Tidak Terbaca Tanpa Teknisi

×

5 Cara Memperbaiki Memori yang Tidak Terbaca Tanpa Teknisi

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki memori yang tidak terbaca

Memori yang tidak terbaca pada perangkat elektronik seperti komputer atau ponsel dapat menjadi sumber kekesalan. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki masalah ini. Berikut akan dibahas cara memperbaiki memori yang tidak terbaca dengan mudah.

Berbagai faktor dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari kesalahan perangkat lunak hingga kerusakan fisik.  Bagi yang penasaran langsung saja simak uraiannya dibawah ini:

1. Coba Pasang di Perangkat Lain

Terkadang, ketidakmampuan perangkat untuk membaca kartu memori dapat disebabkan oleh ketidakcocokan jenis kartu SD dengan ponsel yang dipakai. Salah satu penyebabnya adalah kapasitas kartu memori yang terlalu besar, sehingga tidak dikenali oleh sistem ponsel.

Untuk mengatasi hal ini, disarankan bagi pengguna untuk mencoba memasang kartu memori pada ponsel atau pembaca kartu yang berbeda. Selain itu, pengguna dapat melakukan penelusuran mengenai jenis SD card yang sesuai dengan model ponsel yang dimiliki.

2. Bersihkan Kartu Memori

Kartu memori yang tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh kotoran. Biasanya, masalah ini muncul akibat adanya debu yang menempel atau goresan pada kartu.

Apabila hal ini terjadi, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengeluarkan kartu memori dari perangkat, kemudian memeriksa bagian kontak tembaga pada kartu SD. Setelah itu, bersihkan dengan lembut menggunakan kain halus untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Penting untuk diingat, hindari penggunaan cairan pembersih karena dapat merusak kartu memori. Cukup gunakan kain yang lembut untuk membersihkan kartu secara efektif.

3. Masukkan Sd Card ke Perangkat Lain

Salah satu cara memperbaiki memori yang tidak terbaca adalah dengan mencobanya pada perangkat lain. Langkah ini bertujuan untuk memverifikasi apakah masalah terletak pada kartu memori atau justru pada perangkat yang digunakan sebelumnya.

Metode ini dapat dijadikan alternatif solusi sebelum mengambil keputusan untuk memformat kartu memori yang tidak terbaca. Dengan demikian, dapat menghindari kerugian yang mungkin timbul akibat kehilangan data.

4. Melakukan Disable

Salah satu langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah kartu memori yang tidak terbaca pada ponsel adalah dengan menonaktifkannya melalui laptop atau komputer. Proses ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kartu memori dari awal, dengan harapan dapat memperbaiki masalah yang terjadi. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan kartu memori:

  • Sambungkan kartu memori dari ponsel ke laptop atau PC.
  • Buka menu Device Manager.
  • Klik dengan tombol kanan pada perangkat USB Mass Storage Device, dan pilih opsi Disable. Tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah itu, klik dengan tombol kanan lagi pada USB Mass Storage Device, kemudian pilih opsi Enable.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, periksa apakah kartu memori sudah terbaca oleh perangkat yang digunakan atau belum.

5. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk mengetahui kondisi kartu memori yang tidak terbaca melalui laptop atau PC, pengguna juga dapat memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu contoh aplikasi atau alat yang dapat digunakan adalah MiniTool Partition Wizard.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk memeriksa apakah kartu memori mengalami kesalahan atau tidak. Selain itu, MiniTool juga dapat melakukan perbaikan pada partisi yang mungkin menyebabkan kartu memori tidak terbaca. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi ini:

  • Install MiniTool Partition Wizard Free Edition di perangkat laptop atau PC.
  • Sambungkan kartu memori dari ponsel ke laptop atau PC, dan pilih driver yang cocok untuk kartu memori.
  • Pilih opsi untuk Memeriksa Sistem File.
  • Setelah muncul jendela baru, klik pada opsi untuk Memeriksa & Memperbaiki Kesalahan yang Terdeteksi, dan lalu klik Mulai.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan kemudian periksa apakah kartu memori sudah kembali normal atau masih ada masalah.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki memori yang tidak terbaca yang mudah dilakukan. Terdapat lima cara untuk memperbaiki memori yang sudah tidak bisa terbaca ini. Gunakan salah satu cara ini untuk memperbaiki memori yang tidak bisa terbaca agar dapat digunakan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *