Tips & Trik

Ini Dia 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Tidak Terbaca

19
×

Ini Dia 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Tidak Terbaca

Sebarkan artikel ini

Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Tidak Terbaca, Berikut Panduannya

Masalah kartu SD yang tidak terbaca pada sebuah smartphone adalah hal yang lumrah terjadi. Namun banyak yang khawatir jika tidak ada cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca tersebut. Karena taruhannya ada file yang ada di dalamnya menjadi tidak dapat terbuka juga.

Saat ini untuk para pengguna kartu SD yang mengalami masalah tak terbaca ini sudah tidak perlu khawatir lagi. Hal tersebut karena sudah tersedia berbagai cara yang dapat dicoba dan dimanfaatkan agar bisa terbaca kembali untuk kartu SD nya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Melakukan Restart Smartphone

Perlu diketahui bahwa melakukan restart pada smartphone dapat mengatasi berbagai masalah yang ada di dalamnya. Termasuk dengan kartu SD tidak terbaca pada perangkat yang penyebabnya ada kesalahan sistem.

Ketika melakukan restart, pengguna bisa mencopot kartu SD dan dibiarkan beberapa saat. Setelah itu, pasang kembali dan saat smartphone dinyalakan maka kartu SD akan dapat terbaca.

2. Membersihkan Kartu SD

Cara mudah selanjutnya yang bisa langsung dicoba adalah dengan membersihkan kartu SD pada bagian lempengan tembaga kuningnya. Biasanya ada banyak debu yang tersumbat di pada bagian tersebut. Sehingga perlu untuk membersihkannya agar kartu SD supaya bisa terbaca kembali.

Cara membersihkan lempengan tersebut cukup mudah yaitu dengan mengeluarkan kartu SD dari smartphone. Kemudian lap pada bagian lempengan tembaga tersebut menggunakan kapas atau kain tipis yang halus. Setelah itu, masukkan kembali kartu SD tersebut dan cek kartu SD pasti sudah bisa terbaca. 

3. Mencoba Pasang Pada Perangkat Lain

Apabila smartphone para pengguna tidak dapat membaca keberadaan kartu SD maka cobalah untuk memanfaatkan perangkat lain. Perangkat lain yang dimaksud disini seperti komputer atau laptop yaitu berupa PC(personal computer). Karena bisa saja terjadi kesalahan atau error pada smartphone para pengguna.

Cara memperbaiki dengan PC adalah dengan menggunakan card reader agar file yang terdapat dalam kartu SD tersebut bisa terbaca dan tidak terformat. Apabila para pengguna memanfaatkannya dengan benar, maka PC tersebut dapat membaca kartu SD tersebut yang awalnya tidak terbaca di smartphone.

4. Menggunakan Software Khusus Baca Kartu SD

Cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan menggunakan software pendukung. Saat ini sudah ada berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan yaitu seperti MiniTool Partition Wizard dan Diskinternals Uneraser. Aplikasi tersebut juga bisa digunakan di smartphone maupun komputer para pengguna.

Cara penggunaan dari dua aplikasi di atas bisa dibilang cukup mudah. Hal tersebut karena keduanya memang dirancang untuk mengatasi permasalahan kartu SD yang tidak terbaca. Para pengguna cukup install aplikasi tersebut pada perangkat dan ikuti langkah-langkah yang sudah tersedia.

5. Melakukan Format Kartu SD

Format kartu SD dapat dilakukan melalui PC maupun smartphone para pengguna. Cara ini menjadi salah satu cara ampuh dengan resiko kehilangan semua data dan file  di dalamnya. Hal itu karena dengan memformat kartu SD berakibat pada kondisinya akan menjadi seperti baru lagi.

Melakukan format kartu SD ini menjadi cara terakhir karena memiliki risiko yang bisa dibilang cukup besar dan perlu banyak pertimbangan. Pengguna harus siap untuk kehilangan semua file dan data yang ada di kartu SD tersebut.

Itulah 5 cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca yang bisa dicoba dan sangat bermanfaat. Dengan menggunakan cara di atas, tentu kartu SD akan dapat terbaca dan bisa gunakan untuk menyimpan file kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *