Tips & Trik

Ketahui Penyebab dan Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil di Ponsel

×

Ketahui Penyebab dan Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil di Ponsel

Sebarkan artikel ini

Ketahui Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil dan Penyebabnya

cara memperbaiki jaringan 4g yang tidak stabil

Jaringan internet yang tidak stabil ketika sedang digunakan tentunya sangat mengganggu. Apalagi jika sedang buru-buru atau dikejar deadline, bisa-bisa pekerjaan jadi kurang maksimal. Oleh karena itu, ketahui penyebab dan cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil agar tidak mengganggu aktivitas online yang sedang dilakukan.

Ketahui Penyebab Jaringan Tidak Stabil

Pada dasarnya, jaringan 4G yang tidak stabil disebabkan karena adanya gangguan pada sistem yang menyebabkan jaringan menjadi berjalan tidak normal. Berikut beberapa penyebab jaringan 4G tidak stabil:

  • Jaringan operator mengalami gangguan. Pengguna operator yang sama biasanya cenderung mengalami hal serupa jika masalah ini terjadi.
  • Kartu SIM eror atau rusak. Jika pengguna operator lainnya tidak mengalami masalah yang sama, bisa jadi kartu SIM mengalami error atau rusak.
  • Pengaturan jaringan pada ponsel yang kurang sesuai. Apabila pengaturan jaringan seluler tidak sesuai, ponsel tidak dapat menjalankan sistem yang sebagaimana mestinya.
  • Lingkungan dengan jaringan buruk. Kondisi jaringan pada beberapa wilayah biasanya tidak merata. Sehingga ada daerah yang kurang mendapatkan sinyal secara optimal.
  • Cuaca buruk. Hal ini tentunya tidak dapat dihindari dan juga tidak bisa dikendalikan oleh manusia. Namun jika kondisi membaik, biasanya jaringan akan kembali stabil.

Berikut Beberapa Cara Mengatasinya

Pastikan untuk mengetahui masalah utama penyebab jaringan tidak stabil. Setelah mengetahui penyebabnya, coba ikuti beberapa cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil di bawah ini:

1. Cek Pengaturan Jaringan

Cara ini merupakan cara dasar untuk mengetahui apakah terdapat kesalahan pengaturan yang membuat jaringan menjadi tidak stabil. Cek Pengaturan Jaringan pada ponsel, pastikan tipe jaringan kartu SIM yang dipilih adalah 4G. Ini bisa dicek pada bagian Pengaturan, kemudian pilih pengaturan kartu SIM dan jaringan seluler.

2. Reset Jaringan

Jika pengaturan pada ponsel sudah sesuai tetapi jaringan masih tidak stabil, bisa coba untuk reset jaringan. Caranya dengan mengaktifkan Mode Pesawat pada ponsel. Dengan Mengaktifkan Mode Pesawat, maka jaringan akan ter-reset dan ketika mode dimatikan, jaringan akan memulai sistem dari awal lagi.

Jika masalahnya adalah karena ada gangguan sementara pada jaringan, dengan cara ini biasanya akan berhasil memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil. Karena setelah dimulai sistem yang baru, jaringan dapat kembali berjalan normal seperti biasanya.

3. Restart Ponsel

Cara selanjutnya adalah dengan merestart ponsel. Mematikan kemudian menyalakan kembali ponsel akan mereset seluruh sistem yang berjalan pada ponsel. Sehingga, kemungkinan gangguan jaringan yang berasal dari sistem pada ponsel akan terhapus dan sistem baru yang lebih lancar akan dijalankan.

Apabila cara sebelumnya, yaitu dengan hanya reset jaringan belum dapat berhasil memperbaiki jaringan menjadi normal kembali, cara ini bisa dicoba. Untuk merestartnya pastikan ponsel dalam keadaan normal dan tidak sedang mengunduh file apapun.

4. Gunakan Aplikasi Bantuan

Aplikasi tambahan bisa digunakan untuk membantu memperbaiki jaringan yang tidak stabil. Jenis aplikasi yang bisa dicoba antara lain aplikasi untuk mengunci sinyal 4G ataupun booster dan signal stabilizer.

Ada banyak jenis aplikasi seperti ini yang bisa diunduh lewat Google Playstore. Kebanyakan aplikasi jenis ini ukuran datanya tidak besar, sehingga masih memungkinkan diunduh dengan jaringan seluler yang tidak begitu cepat.

5. Cek ke Operator Provider

Apabila semua cara di atas sudah dicoba tetapi belum memberikan hasil, mungkin cara ini merupakan jalan terakhir yang bisa dicoba. Jika jaringan tidak stabil selama beberapa waktu yang cukup lama dan sudah sangat mengganggu aktivitas, coba cek ke operator provider penyedia layanan.

Cara ini memang membutuhkan usaha yang lebih, tetapi akan memberikan kepastian apa masalah yang terjadi pada jaringan. Sebelum mengecek dan datang langsung ke gerai operator, bisa hubungi terlebih dahulu melalui kontak customer service yang tersedia.

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil yang perlu diketahui. Jika mengalami hal serupa, beberapa cara di atas bisa dicoba untuk membuat jaringan menjadi lancar dan normal kembali. Karena, hal ini pastinya sangat membuat tidak nyaman, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *