Tips & Trik

7 Cara Memperbaiki HP yang Kena Air, Penananganan Sebelum ke Tempat Servis

×

7 Cara Memperbaiki HP yang Kena Air, Penananganan Sebelum ke Tempat Servis

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki hp yang kena air

Dalam dunia teknologi modern, kejadian di mana ponsel terkena air seringkali menjadi masalah bagi pemiliknya. Terlepas dari berbagai langkah pencegahan yang dapat diambil, seperti menggunakan casing tahan air atau menghindari situasi berisiko air, kadang kecelakaan tetap terjadi. Bagi yang mengalami hp terkena air maka berikut akan dibahas cara memperbaiki hp yang kena air agar dapat normal seperti sedia kala.

1. Matikan HP dan Segera Keringkan

Ketika sebuah perangkat ponsel terkena air, langkah pertama yang harus diambil adalah mematikan perangkat tersebut secara cepat dan aman. Ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut akibat adanya arus listrik yang masih mengalir dalam perangkat. Setelah dimatikan, segera keringkan perangkat untuk mengurangi risiko korosi atau kerusakan pada komponen internal.

2. Lepaskan Semua Komponen Hp

Untuk memastikan pengeringan yang lebih efektif dan mencegah kelembaban yang tersisa, disarankan untuk melepaskan semua komponen yang dapat dilepas dari perangkat. Ini termasuk kartu SIM, kartu memori, dan baterai (jika mungkin dilepas). Langkah ini membantu memastikan bahwa setiap bagian dari perangkat terkena udara untuk mengeringkan dengan lebih baik.

3. Keringkan Hp dengan Lap Kering

Setelah melepaskan komponen yang dapat dilepas, gunakan lap kering atau kain bersih untuk menghapus sebanyak mungkin air dari permukaan perangkat. Hindari menggunakan handuk atau kain yang bisa meninggalkan serat, karena dapat menyebabkan masalah tambahan pada perangkat.

4. Hindari Mengeringkan Hp Menggunakan Hair Dryer

Cara memperbaiki hp yang kena air yang selanjutnya yakni hindari penggunaan hair dryer. Meskipun mungkin tergoda untuk menggunakan hair dryer atau pengering rambut untuk mempercepat proses pengeringan, hal ini sebaiknya dihindari.

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat merusak komponen internal perangkat, dan arus udara yang kuat bisa mendorong air lebih dalam ke dalam perangkat.

5. Rendam ke Dalam Beras

Rendam perangkat yang terkena air ke dalam wadah berisi beras kering merupakan salah satu metode yang sering kali disarankan sebagai solusi darurat untuk menyerap kelembaban yang tersisa dalam perangkat. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sifat menyerap yang dimiliki oleh beras. Ketika perangkat ditempatkan dalam beras, butiran-butiran beras akan menyerap kelembaban yang masih ada dalam perangkat tersebut.

6. Jangan Mengisi Daya Ponsel

Saat perangkat terkena air, sangat penting untuk tidak mencoba menyalakan atau mengisi daya ponsel. Langkah ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen perangkat, terutama jika masih terdapat kelembaban yang tersisa di dalamnya.

Menyalakan ponsel dalam kondisi basah dapat mengakibatkan korsleting atau kerusakan pada sirkuit elektronik yang lebih lanjut. Jika ada upaya untuk mengisi daya perangkat segera setelah terkena air, risiko kerusakan akan semakin tinggi.

Dalam kondisi terburuk, hal ini bahkan dapat mengakibatkan kebakaran atau kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggu sampai perangkat benar-benar kering sebelum mencoba untuk menyalakannya kembali atau mengisi daya.

7. Jangan Dijemur

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan panas yang berlebihan, yang pada gilirannya dapat merusak komponen perangkat, terutama layar dan baterai.
Selain itu, cuaca yang terlalu panas juga bisa meningkatkan risiko kondensasi di dalam perangkat saat suhu turun kembali, yang dapat memperburuk kerusakan.

Sebagai gantinya, tempatkan perangkat dalam ruangan yang sejuk dan kering, dan biarkan udara alami membantu proses pengeringan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki hp yang kena air yang mudah untuk dilakukan. Terdapat enak cara mudah yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Pilihlah salah satu cara diatas untuk memperbaiki hp yang kena air. Namun jika keenam cara diatas sudah dilakukan namun hp masih tetap mati maka cobalah untuk membawanya ke tukang service hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *