Tips & Trik

6 Cara Memperbaiki HP yang Kemasukan Air, Dijamin Berhasil

38
×

6 Cara Memperbaiki HP yang Kemasukan Air, Dijamin Berhasil

Sebarkan artikel ini

Apakah pernah mengalami situasi di mana ponsel tercelup ke dalam air? Meskipun ponsel modern memiliki ketahanan terhadap air, tetapi kecelakaan masih bisa terjadi. Kemasukan air dapat merusak komponen di dalam perangkat. Sehingga menyebabkan kerusakan yang serius. Namun jangan khawatir, berikut akan dibahas cara memperbaiki hp yang kemasukan air.

Dengan adanya cara untuk memperbaiki hp yang kemasukan air ini, maka hp akan bisa berfungsi seperti sedia kala. Langsung saja simak uraian lengkapnya dibawah ini:

1. Matikan HP dan Segera Keringkan

Cara memperbaiki hp yang kemasukan air pertama adalah mematikannya segera. Ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut akibat listrik yang mengalir melalui sirkuit basah.

Menyimpan HP dalam keadaan hidup saat terkena air dapat menyebabkan korosi atau bahkan korsleting pada komponen-komponen internalnya. Setelah dimatikan, segera keringkan permukaan luar HP menggunakan kain atau tisu kering untuk menghilangkan sebanyak mungkin air.

Pastikan untuk tidak menggoyangkan atau mengguncang HP terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan air masuk lebih dalam ke dalam perangkat.

2. Lepaskan Semua Komponen Hp

Cara kedua adalah dengan melepaskan semua komponen hp. Jika memungkinkan, lepaskan semua komponen yang dapat dilepas dari HP, seperti kartu SIM, kartu memori, baterai, dan casing belakang.

Hal ini akan membantu mempercepat proses pengeringan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen-komponen tersebut. Jangan lupa untuk membersihkan setiap komponen yang terkena air dengan hati-hati menggunakan kain kering sebelum meletakkannya kembali setelah HP benar-benar kering.

3. Jangan Pencet Tombol Lain

Sangat penting untuk tidak mencoba menyalakan atau mematikan HP atau menekan tombol apapun setelah terkena air. Meskipun keinginan untuk menguji apakah HP masih berfungsi bisa kuat, hal ini dapat menyebabkan korosi atau kerusakan pada sirkuit internal HP.

Biarkan HP tetap mati dan biarkan proses pengeringan dilakukan dengan baik. Mengganggu proses ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat.

4. Keringkan Hp dengan Lap Kering

Setelah mematikan HP dan melepaskan komponen-komponen yang dapat dilepas, gunakan kain atau lap kering yang bersih untuk mengeringkan permukaan HP secara menyeluruh. Usap perlahan-lahan untuk menghilangkan air yang tersisa di permukaan.

Pastikan untuk tidak menggunakan bahan yang berbulu atau berpotensi meninggalkan serat di HP. Selain itu, pastikan juga bahwa kain atau lap yang digunakan benar-benar bersih untuk menghindari penyebaran kotoran atau zat lain yang mungkin masuk ke dalam HP.

5. Hindari Mengeringkan Hp Menggunakan Hair Dryer

Meskipun mungkin tergoda untuk menggunakan hair dryer atau alat pengering lainnya, hindari melakukannya. Suhu panas yang tinggi dari hair dryer dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal HP atau bahkan melelehkan bagian-bagian plastiknya. Lebih baik membiarkan HP mengering secara alami.

Jika ingin menggunakan alat pengering, pastikan untuk menggunakan pengaturan suhu yang rendah dan jaga jarak antara alat dan HP agar suhunya tidak terlalu panas.

6. Rendam Handphone di dalam Beras

Jika HP masih terasa basah di dalam, maka dapat merendamnya di dalam beras. Beras memiliki kemampuan menyerap kelembaban dengan baik. Pastikan untuk memasukkan HP ke dalam wadah yang tertutup rapat dan selama mungkin.

Namun, pastikan tidak ada butiran beras yang masuk ke dalam port atau lubang HP, karena ini dapat menyebabkan masalah lebih lanjut. Biarkan HP dalam beras selama minimal 24 jam untuk hasil yang optimal. Jika tidak memiliki beras, juga dapat menggunakan silica gel atau produk pengering lain yang biasa digunakan untuk menghilangkan kelembaban.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki hp yang kemasukan air. Terdapat enam cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki jika hp kemasukan air. Namun ke enam cara sudah dilakukan namun hp tetap tidak bisa berfungsi maka sebaiknya bawalah ke konter terdekat supaya bisa ditangani oleh tenaga yang lebih mahir dan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *