Tips & Trik

4 Cara Memperbaiki Headset Tidak Ada Suara, Jangan Buru-buru Beli yang Baru

×

4 Cara Memperbaiki Headset Tidak Ada Suara, Jangan Buru-buru Beli yang Baru

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki headset tidak ada suara

Cara memperbaiki headset tidak ada suara tentu bisa dilakukan secara mandiri. Jadi ketika headset yang digunakan tidak bunyi atau tidak mengeluarkan suara, jangan buru-buru berpikir untuk beli baru. Memang harga headset sekarang sudah sangat murah, bahkan ada yang harganya hanya 5 ribu sampai 10 ribuan saja.

Namun jika terus menerus beli kalau headset tersebut tidak bunyi tentu akan boros juga. Oleh karena itu pengguna bisa coba cara memperbaiki headset yang tidak keluar suaranya.

Saat merasa perlu menikmati musik atau audio dengan kualitas yang optimal, umumnya dipilih untuk menggunakan headset. Namun, terkadang muncul situasi di mana headset mengalami masalah dan tidak mengeluarkan suara, mengganggu kelancaran kegiatan.

Namun, dalam keadaan tidak ada alternatif headset yang tersedia, terkadang diperlukan upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk memperbaikinya, berikut adalah penjelasan yang bisa diikuti.

1. Coba Untuk Diluruskan Kabelnya

Cara memperbaiki headset tidak ada suara yang pertama dan paling gampang adalah coba untuk diluruskan kabelnya. Kebanyakan individu cenderung menggulung kabel headset ketika tidak digunakan, yang dapat menyebabkan kabel tersangkut dan terlilit. Beberapa bahkan memilih untuk mengabaikan kondisi kabel yang masih tergulung dan langsung menggunakannya.

Kondisi seperti ini sebenarnya dapat menyebabkan masalah pada headset, mengakibatkan suara yang kurang jelas atau bahkan tidak terdengar sama sekali. Oleh karena itu, disarankan untuk merapikan dan meluruskan kabel sebelum digunakan agar tidak mengganggu kualitas suara.

Untuk masa depan, disarankan untuk menyimpan kabel dengan rapi dan mungkin menggunakan pengikat kabel untuk mencegah kusut. Dengan cara ini, kerusakan pada kabel dapat dicegah, dan headset akan lebih tahan lama serta mudah digunakan kembali.

2. Cek Kabel

Langkah selanjutnya dalam memperbaiki masalah headset yang tidak mengeluarkan suara adalah mengecek kabel. Biasanya yang mungkin terjadi saat headset tidak bunyi karena adanya gangguan pada kabel. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa setiap bagian kabel headset untuk melihat apakah ada yang terkelupas atau terputus.

Terkadang, lapisan pelindung kabel bisa menjadi rusak karena usia dan kekakuan, menyebabkan kerusakan pada kabel di dalamnya. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk memperbaiki bagian kabel yang terputus jika memungkinkan.

Selain dari kabel, kemungkinan masalah juga bisa berasal dari komponen listrik yang terletak di dalam speaker (yang biasanya ditempatkan di telinga). Disarankan untuk memeriksa apakah ada komponen di dalam speaker yang lepas, yang mungkin mengganggu aliran suara.

3. Coba di HP Lain

Terkadang, masalah pada headset dapat disebabkan oleh masalah kompatibilitas, di mana perangkat tersebut hanya cocok dengan beberapa tipe atau merek tertentu. Untuk memastikan masalahnya, mencoba untuk menghubungkan headset ke perangkat lain seperti laptop atau ponsel milik rekan.

Jika headset berfungsi dengan baik pada beberapa perangkat lain, kemungkinan besar itu menandakan bahwa headset hanya cocok dengan tipe atau merek tertentu. Namun, jika headset tidak berfungsi pada semua perangkat, hal itu mungkin menunjukkan bahwa headset telah rusak dan perlu diganti.

4. Restart Device

Permasalahan ketika headset tidak mengeluarkan suara mungkin disebabkan oleh kesalahan sistem yang terjadi pada perangkat ponsel. Gangguan sistem pada ponsel seringkali terjadi karena kegagalan dalam menjalankan perintah tertentu.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya cukup sederhana, yaitu dengan melakukan restart atau me-restart ponsel dengan menekan tombol power. Setelah proses restart selesai, silahkan mencoba untuk menyambungkan kembali headset ke ponsel dan pastikan koneksi telah terhubung secara tepat, dapat dilihat melalui indikator yang tersedia.

Nah itulah tadi uraian atau ulasan tentang bagaimana cara memperbaiki headset tidak ada suara yang bisa dilakukan sendiri secara mandiri. Silahkan coba semua caranya, dan jika tidak berhasil baru dapat mempertimbangkan untuk membeli headset yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *