Tips & Trik

4 Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca dan Penyebabnya

×

4 Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terbaca dan Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca

Penggunaan hardisk eksternal sudah banyak dilakukan belakangan ini. Namun dalam penggunaannya ada saja kendala, salah satunya yang paling sering dialami adalah hardisk tersebut tidak terbaca di laptop / PC. Maka dari itu cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca perlu dipahami untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Perbaikan yang Bisa Dilakukan Jika Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi

Hardisk eksternal adalah komponen krusial dalam menyimpan data pada sebuah perangkat. Meskipun demikian, seringkali kita menghadapi masalah ketika hardisk tersebut tidak terdeteksi oleh komputer.

Hal ini dapat teratasi dengan menerapkan beberapa cara untuk memperbaiki ketidak terbacaan hardisk eksternal pada perangkat PC / laptop. Simak dan perhatikan penjelasannya berikut di bawah ini dengan seksama:

1. Menginstal Ulang Driver

Untuk memperbaiki masalah hard disk eksternal yang tidak terbaca, langkah awal yang dapat dilakukan adalah menginstal ulang driver. Ini akan mengembalikan konfigurasi driver ke keadaan semula. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Mulailah dengan mengklik Start di perangkat.
  • Klik kanan pada opsi Computer.
  • Pilih Properties.
  • Pilih Device Manager dan periksa kabel USB.
  • Jika ada tanda seru kuning di sekitar kabel USB, lakukan pembaruan perangkat.
  • Ikuti petunjuk untuk menginstal ulang dengan benar.
  • Setelah selesai, cabut hard disk dan restart komputer sebelum menyambungkannya kembali.

2. Manajemen Disk Management

Selain itu, pengguna juga dapat memperbaiki hard disk eksternal yang tidak terbaca melalui Manajemen Disk. Berikut rincian langkah-langkahnya:

  • Cari kolom pencarian Start di menu Windows dan ketik Disk.
  • Klik Create & Format Hard Disk Partition.
  • Tekan tombol Windows + R untuk membuka halaman Run dan melakukan format ulang.
  • Ikuti instruksi dengan seksama.

3. Mengubah Letter Hard Disk

Langkah lain untuk memperbaiki hard disk eksternal yang tidak terbaca adalah dengan mengubah letter drive-nya. Untuk langkah caranya sendiri akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Masuk ke Disk Management.
  • Klik kanan pada hard disk yang ingin diubah hurufnya.
  • Ikuti petunjuk yang ada untuk mengembalikan fungsi hard disk eksternal.

4. Mengganti Kabel USB

Cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca yang paling simpel adalah melakukan penggantian kabel. Apabila masalahnya terletak pada kabel USB, maka gantilah dengan kabel yang baru.

Pastikan untuk memeriksa kabel tersebut terlebih dahulu dengan mencolokkan hard disk ke komputer lain. Proses transfer data dapat terganggu karena adanya kerusakan kabel dan membuat hard disk tidak terdeteksi.

Kenapa Hardisk Eksternal Tidak Terbaca?

Akan lebih mudah untuk memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca jika sudah mengetahui oleh karena sebab apa sebenarnya terjadinya masalah tersebut. Oleh karena itu penyebab kenapa hardisk eksternal tidak dapat terbaca juga perlu untuk dipahami.

Kadang-kadang, perangkat tidak dapat dibaca melalui komputer karena berbagai alasan yang beragam. Salah satunya adalah ketidakcocokan antara sistem Windows dengan drive perangkat, atau mungkin hard disk yang sudah mulai tua dan mengalami keausan.

Selain itu, salah satu penyebab umum lainnya adalah kabel USB yang mengalami masalah. Kabel ini memiliki dua fungsi yang berbeda, dan ketika salah satunya rusak, dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kabel secara teratur agar tidak mengalami gangguan saat menggunakan perangkat.

Jadi itulah tadi penjelasan cara memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca serta penyebabnya. Adapun perlu diketahui bahwa penyebab ketidak deteksi hardisk dapat beragam, disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda.

Namun, tak perlu cemas, sebab ada berbagai langkah yang bisa diambil pengguna untuk mengatasi masalah tersebut dengan memperbaiki hardisk eksternal yang tak terbaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *