Tips & Trik

Cara Memperbaiki Handphone Mati Total dan Penyebabnya

×

Cara Memperbaiki Handphone Mati Total dan Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki handphone mati total

Perangkat cerdas berbasis Android telah menjadi elemen integral dalam rutinitas harian kita, menyediakan kemudahan dalam berkomunikasi. Meskipun demikian, seringkali pengguna dihadapkan pada tantangan teknis, salah satunya yakni Hp yang mati total. Namun sebenarnya cara memperbaiki handphone mati total ini ada beberapa metode.

Sebelum mengambil beberapa cara memperbaiki atau mengganti perangkat, ada beberapa solusi yang dapat diupayakan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, penting juga untuk memahami akar permasalahan yang mungkin menjadi penyebab mati totalnya perangkat.

Penyebab Handphone Mati Total

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan ponsel mengalami mati total, dan setiap alasan memerlukan penanganan yang berbeda. Salah satu faktor utama adalah usia ponsel itu sendiri. Komponen dalam ponsel dapat mengalami penurunan kinerja seiring berjalannya waktu, terutama pada ponsel yang telah digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu, ponsel bisa mati total karena overheating akibat penggunaan berlebihan, terutama saat digunakan untuk aplikasi berat seperti game online. Hal ini dapat merusak komponen-komponen vital secara permanen.

Bug sistem juga dapat menjadi penyebab masalah, terutama jika pengguna jarang melakukan pembaruan atau update sistem. Pembaruan tidak hanya menambahkan fitur baru, tetapi juga memperbaiki bug yang dapat menyebabkan masalah seperti mati total atau soft brick.

Masalah dengan baterai sering kali menjadi penyebab mati total. Baterai yang sering habis atau rusak karena penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan ponsel mati total. Kerusakan pada komponen seperti IC Power atau konektor baterai juga dapat menjadi masalah serius.

Penggunaan charger yang tidak sesuai atau tidak asli juga dapat merusak ponsel dan menyebabkan mati total. Charger yang tidak cocok dapat memberikan daya yang tidak stabil atau terlalu tinggi, yang berpotensi merusak komponen internal ponsel.

Cara Memperbaiki Handphone Mati Total

Setelah mengetahui penyebabnya, hal yang perlu diketahui selanjutnya yakni terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki handphone yang mati tersebut. Untuk itu, berikut diantaranya:

1. Tekan Tombol Power

Untuk mengatasi kondisi dimana HP Android mengalami mati total, langkah yang dapat diambil adalah menekan dan menahan tombol daya ponsel selama periode waktu lima hingga tujuh detik. Tindakan ini diharapkan mampu memicu proses restart pada perangkat, yang akan membawa HP kembali ke menu utama setelahnya.

2. Periksa Kabel USB dan Adaptor

Kehabisan daya dapat menyebabkan perangkat HP mati sepenuhnya tanpa disadari pengguna. Langkah pertama adalah memastikan bahwa semua aksesori telah dilepas dari perangkat, seperti casing.

Selain itu, periksa apakah port USB bersih dari kotoran yang mungkin menghalangi pengisian daya. Umumnya, saat baterai habis sepenuhnya, perangkat tidak akan langsung terdeteksi ketika diisi daya.

Tunggu beberapa saat setelah menghubungkan perangkat ke sumber daya untuk memungkinkan baterai mengisi sedikit energi. Jika tidak ada tanda-tanda pengisian daya setelah beberapa waktu, langkah selanjutnya adalah memeriksa kabel USB dan adaptor.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mencoba menghubungkan kabel dan adaptor yang sama ke perangkat HP yang masih menyala. Jika perangkat lain dapat diisi daya dengan kabel dan adaptor tersebut, kemungkinan besar masalah terletak pada perangkat itu sendiri.

3. Melakukan Factory Reset

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghidupkan kembali ponsel yang mati total melalui Recovery Mode, yang merupakan alternatif untuk mengatasi masalah bootloop:

  • Pastikan bahwa baterai ponsel memiliki daya yang mencukupi.
  • Mulailah dengan memasuki menu Recovery Mode pada ponsel yang dimiliki.
  • Untuk masuk ke Recovery Mode, tekan dan tahan kombinasi tombol power dan volume secara bersamaan hingga menu Recovery muncul.
  • Setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, pilih opsi Factory Reset.
  • Konfirmasi tindakan ini dengan memilih Yes dan kemudian Delete All User Data.
  • Terakhir, pilih opsi Reboot System Now untuk memulai ulang sistem ponsel.

Itulah beberapa cara memperbaiki handphone mati total yang bisa dilakukan. Selain itu, perlu diketahui terkait dengan penyebab kenapa handphone bisa mati total.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *