Tips & Trik

Cara Memperbaiki Handphone Bootloop Serta Penyebabnya

×

Cara Memperbaiki Handphone Bootloop Serta Penyebabnya

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki handphone bootloop

Penggunaan HP Android seringkali menyebabkan masalah bootloop, yang merupakan kondisi di mana proses booting terus berulang tanpa berhasil masuk ke dalam sistem. Oleh karena itu, memahami cara memperbaiki handphone bootloop menjadi penting agar tidak perlu mengunjungi pusat layanan.

Proses bootloop pada HP Android umumnya disebabkan oleh masalah perangkat lunak, ditandai dengan siklus booting berulang yang sering kali ditampilkan dengan logo Android atau logo pengembang. Masalah ini dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, namun salah satu penyebab umumnya adalah penggunaan dan perawatan yang tidak benar terhadap perangkat.

Dalam pembahasan selanjutnya, akan dijelaskan penyebab bootloop yang umum terjadi serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Silakan ikuti penjelasan berikut:

Penyebab Hp BootLoop

Bootloop, sebuah permasalahan umum dalam ekosistem Android, sering kali menandai kegagalan perangkat lunak untuk memasuki sistem dengan hanya menampilkan logo Android atau logo vendor secara berulang-ulang.

Dalam klasifikasi yang lebih terperinci, bootloop dapat dibagi menjadi dua kategori berdasarkan tingkat kerusakan: light bootloop, yang cenderung bersifat sementara, dan hard bootloop, yang menyebabkan kegagalan masuk ke sistem secara permanen meskipun telah dicoba berulang kali.

Kendati penyebab bootloop bervariasi, kurangnya perawatan dan penggunaan yang tepat pada perangkat menjadi faktor utama penyebabnya. Meskipun bootloop dianggap sebagai masalah yang umum terjadi, keberlanjutannya dapat merusak perangkat secara permanen.

Bootloop bukanlah masalah eksklusif pada perangkat Android; perangkat iOS juga rentan terhadapnya. Mengatasi bootloop tidak selalu memerlukan kunjungan ke pusat layanan resmi. Banyak pengguna mampu memperbaiki masalah ini sendiri tanpa harus mengandalkan bantuan dari pihak lain, mengingat bootloop tidak selalu merusak secara permanen perangkat yang terkena dampaknya.

Cara Mengatasi Hp yang Bootloop

Hal selanjutnya yang bisa diketahui yakni terkait dengan cara mengatasi jika terjadi bootloop pada sebuah smartphone. Berikut diantaranya:

1. Restart HP

Cara memperbaiki handphone bootloop yang pertama yakni dengan merestart Hp. Pertama, coba lakukan soft reset dengan cara mematikan HP Android dan mengeluarkan baterainya. Jika baterai tidak dapat dilepas, biarkan perangkat mati selama minimal lima menit. Setelah itu, nyalakan kembali perangkat untuk melihat apakah masalah sudah teratasi. Kadang-kadang, melakukan soft reset sederhana sudah cukup untuk memperbaiki bug yang terjadi selama proses startup.

2. Lakukan Wipe Cache Partition

Solusi berikut untuk mengatasi masalah bootloop pada perangkat HP melibatkan proses wipe data atau factory reset. Tindakan ini akan menghapus seluruh konten yang tersimpan di HP, termasuk aplikasi, foto, video, musik, dan file lainnya.

Prosedur ini juga dikenal sebagai mengembalikan perangkat ke pengaturan awal atau pabrik. Untuk memulai proses wipe data atau factory reset, Anda perlu mengakses menu recovery perangkat, mirip dengan langkah yang dilakukan saat membersihkan cache.

Setelah factory reset selesai, perangkat Anda akan kembali ke kondisi seperti saat pertama kali dibeli. Langkah-langkah untuk masuk ke Mode Recovery bervariasi tergantung pada merek HP. Berikut adalah cara masuk ke Mode Recovery untuk beberapa merek HP populer:

  • Samsung: Tekan tombol Home dan dilanjutkan dengan tombol power, atau tekan tombol Home bersamaan dengan Volume Up dan Power.
  • LG: Tekan tombol Home bersamaan dengan tombol Volume Up dan Power.
  • Huawei: Tekan tombol power bersamaan dengan tombol Volume up.
  • HTC: Tekan tombol Power kemudian lakukan secara bersamaan dengan menekan Volume Down dan Power.
  • Asus: Tekan tombol Power kemudian bersamaan dengan Volume Up hingga logo muncul, kemudian lepaskan tombol Power sambil terus menekan Volume Up.

Itulah uraian terkait dengan cara memperbaiki handphone bootloop yang bisa dilakukan. Dalam uraian ini, telah diberikan pula terkait dengan penyebab dari sebuah smartphone bisa mengalami bootloop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *