Tips & Trik

Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt dengan 3 Metode

×

Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt dengan 3 Metode

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki file excel yang corrupt

Untuk para pengguna yang terbiasa dengan penggunaan Excel, sering kali menghadapi situasi di mana mereka mendapati file Excel yang mengalami kerusakan atau korup. Dampaknya bisa sangat merugikan karena data bisa hilang dan menyebabkan kerugian bagi pengguna. Namun, cara memperbaiki file excel yang corrupt ini dapat dilakukan dengan mudah.

Kesulitan mengakses file di Excel seringkali disebabkan oleh korupsi data. Penyebab kerusakan atau ketidakbisaan membuka file bisa bermacam-macam, mulai dari serangan virus dan malware, sistem yang mengalami kerusakan, sehingga masalah pada saat melakukan update, ataupun masalah pada perangkat keras.

Microsoft Excel memiliki fitur otomatis yang mendeteksi kerusakan pada buku kerja saat dibuka, yang kemudian memulai proses pemulihan untuk mencoba memperbaiki buku kerja tersebut. Namun, jika mode pemulihan tidak terjadi secara otomatis, Anda bisa mencoba menggunakan proses manual untuk memulihkan lembar kerja Excel.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki file Excel yang rusak:

1. Menggunakan Ms Excel Itu Sendiri

Ketika Microsoft Excel menemukan bahwa sebuah buku kerja mengalami kerusakan setelah dibuka. Oleh karenanya secara otomatis aplikasi tersebut akan mengaktifkan mode Pemulihan File untuk mencoba memperbaiki file yang corrupt tersebut.

Jika mode Pemulihan File belum teraktivasi, kamu dapat mencoba langkah-langkah manual berikut untuk memulihkan buku kerja:

  • Buka menu File, lalu pilih Open. Di semua versi Microsoft Excel, klik tombol Office dan pilih Open.
  • Pilih lokasi file yang rusak.
  • Setelah memilih file, dari menu dropdown Open, pilih Open and Repair.
  • Apabila ini merupakan sebuah percobaan pertama yang dilakukan untuk memperbaiki file tersebut secara manual, maka bisa pilih opsi repair. Dimana opsi tersebut ada di dalam dialog yang muncul tersebut.

2. Gunakan Last Saved Version (Versi Simpanan Terakhir)

Cara memperbaiki file excel yang corrupt yang selanjutnya yakni dengan menggunakan last saved version. Jika terjadi kerusakan pada file yang sedang dikerjakan, sebaiknya hindari menyimpannya. Lebih baik kembali ke versi terakhir yang telah disimpan.

Tindakan tanpa penyimpanan terlebih dahulu dapat menghilangkan segala yang merusak file, meskipun beberapa data mungkin hilang. Namun, ini merupakan alternatif yang lebih baik daripada kehilangan seluruh data.

Perhatikanlah kebiasaan untuk sering menyimpan pekerjaan Anda. Saat ingin membuka file yang rusak, pilih opsi “Open” dari menu File. Di Excel, maka bisa klik tombol “Office” dan dilanjutkan dengan pilih “Open”.

Gunakan kontrol “Look In” untuk menyesuaikan lokasi dan nama file yang rusak. Jika perlu, coba buka file tersebut dengan aplikasi lain untuk memastikan kemungkinan pembukaannya.

3. Menggunakan Microsoft Tool

Jika workbook Excel mengalami masalah dan tidak dapat diakses, Anda memiliki opsi alternatif untuk memulihkannya menggunakan alat bantu dari Microsoft. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memperbaiki file Excel yang rusak menggunakan alat bantu tersebut:

  • Mulai dengan membuka menu Start pada sistem operasi Windows 7 atau dengan mengklik tombol bulat Start jika menggunakan Windows Vista/7.
  • Selanjutnya, cari dan buka menu All Programs.
  • Pilih Microsoft Office, kemudian bisa dilanjutkan dengan memilih opsi Microsoft Office Tools.
  • Jika sudah, bisa dilanjutkan dengan memilih opsi terakhir yakni Microsoft Office Application Recovery.
  • Apabila sudah muncul kotak dialog, maka bisa dilanjutkan dengan pilih Microsoft Office Excel dari daftar program yang tersedia.
  • Klik opsi Recover Application untuk memulai proses pemulihan.

Itulah uraian terkait dengan cara memperbaiki file excel yang corrupt yang bisa dilakukan dengan mudah. Dimana, dalam uraian ini telah diberikan dengan detail terkait dengan langkah yang harus dilakukan di tiap cara yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *