Tips & Trik

Begini 4 Cara Memperbaiki Fd Yang Rusak

7
×

Begini 4 Cara Memperbaiki Fd Yang Rusak

Sebarkan artikel ini

Penyebab dan Cara Memperbaiki Fd Yang Rusak

Keperluan FD memang sangat dibutuhkan bagi pengguna PC maupun laptop untuk menyokong tugas atau pekerjaan yang ada. Sehingga ketika FD tidak berfungsi maka banyak pengguna mencari cara memperbaiki FD yang rusak untuk dapat digunakan kembali. 

Meski memiliki bentuk fisik yang kecil agar mudah dibawa kemana-mana, namun fungsi utama FD sebagai wadah penyimpanan berkas sangat diperlukan. Pengguna diharapkan dapat mengetahui dan mengenali apa penyebab yang membuat FD menjadi rusak dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. 

Penyebab FD Rusak

Kerusakan pada FD memang memiliki beberapa penyebab yang mungkin saja tidak terlalu diperhatikan oleh pengguna. Biasanya penyebab ini dikarenakan virus yang bersarang di dalam FD karena transferan dari perangkat lain tanpa dilakukan pembersihan. 

Selain karena virus, juga terdapat penyebab lainnya yaitu karena kemungkinan FD yang terkena, kemasukan, atau terendam di dalam air. Walaupun sudah dikeringkan, namun terkadang hambatan ini membuat FD menjadi rusak atau tidak terbaca. 

Dengan begitu, ada baiknya para pengguna lebih teliti dan melakukan kilas balik mengenai penyebab FD jadi tidak berfungsi normal kembali. Namun pengguna tidak perlu merasa was-was karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Memperbaikinya

Pengguna bisa sedikit bernafas lega karena FD yang rusak juga masih bisa diatasi dan terdapat beberapa cara untuk memperbaikinya. Berikut akan disampaikan sederet cara yang dapat dilakukan dengan mudah oleh para pengguna. 

1. Menginstal Ulang Driver USB

FD yang rusak bisa jadi dipengaruhi karena sistem di dalamnya yang tidak bisa terbaca oleh perangkat laptop maupun komputer. Salah satu cara memperbaiki FD yang rusak adalah dengan melakukan uninstall driver USB yang ada pada perangkat lalu mengunduhnya kembali. 

Uninstall dilakukan pada Control Panel yang ada pada driver USB dan menekan opsi tersebut sebanyak dua kali hingga panel hilang. Sebelum melakukan penginstalan kembali, maka pengguna diharapkan untuk melakukan restart pada perangkat selama beberapa saat. 

2. Menggunakan Fitur Command Prompt (CMD)

Fitur satu ini memang biasa digunakan sebagai solusi untuk berbagai permasalahan yang terdapat pada perangkat dengan mengetikkan beberapa kode. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam perintah CMD ini dengan klik kanan pada logo windows. 

Kemunculan CMD ini ditandai dengan munculnya layar blank berwarna hitam di hadapan layar yang tidak menutupi keseluruhan layar. Setelah itu, pengguna hanya perlu mengetik kode untuk membenarkan FD dengan perintah fs=fat32 lalu keluar dari halaman. 

3. Menginstal Aplikasi HDD Low Level Format

Cara ini memang membutuhkan proses karena harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu, aplikasi ini untuk memperbaiki FD rusak hingga sulit terbaca. Software ini sendiri dapat diunduh pada website resminya maupun melalui laman download pada perangkat masing-masing pengguna. 

Pastikan jika sebelum mengunduh, pengguna sudah menancapkan FD terlebih dahulu FD yang rusak tersebut pada perangkat. Setelah software telah terunduh sempurna, maka terdapat opsi menu USB yang dapat dipilih untuk selanjutnya akan diperbaiki aplikasi tersebut. 

4. Menggunakan Fitur Pengaturan Disk Management

Melakukan cara yang satu ini juga dianggap sangat begitu mudah karena tombol pengaturan yang sudah tersedia pada perangkat. Cukup masuk ke dalam menu Setelan, lalu terdapat pilihan pembersihan pada format panel yang mungkin saja tersumbat virus dari FD sebelumnya. 

Demikian penjelasan terkait apa saja penyebab dan bagaimana cara memperbaiki FD yang rusak untuk dapat diperbaiki sendiri oleh pengguna. Pastikan untuk selalu melakukan pembersihan pada FD agar tidak ada virus yang menyangkut di dalamnya dan berpengaruh pada kinerja perangkat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *