Tips & Trik

Inilah Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam, Mudah dan Ampuh!

8
×

Inilah Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam, Mudah dan Ampuh!

Sebarkan artikel ini

Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam, Gak Sulit Kok

Facebook yang popularitasnya lumayan menurun di Indonesia, mengakibatkan banyak akun Facebook yang terkena spam. Jika pengguna mengalami masalah serupa, maka artikel ini adalah solusi tepat bagi pengguna yang ingin mengetahui cara memperbaiki Facebook yang kena spam secara mudah dan ampuh.

Kenali Apa Itu Spam dan Akibatnya

Sebelum beranjak ke cara-caranya, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui apa sebenarnya spam itu. Spam menurut Facebook adalah ketika terdapat konten, kiriman berlebihan ke linimasa, hingga permintaan pertemanan berlebihan yang tak diinginkan oleh pemilik akun.

Spam sendiri sangat mungkin dikirimkan oleh pemilik akun itu sendiri. Namun, kebanyakan dari kasus yang ada, spam muncul dari suatu aplikasi antah berantah atau bahkan ulah peretas yang berhasil mendapatkan akses ke akun pengguna.

Akibat dari spam ini biasanya pengguna akan mendapatkan iklan promosi, foto, link ke suatu website, atau bahkan video tidak senonoh yang akan muncul di linimasa pengguna. Lebih parahnya lagi, akun milik pengguna dapat memposting hal-hal tadi tanpa seizin pengguna.

Cara Memperbaikinya Jika Terkena Spam

Karena banyak hal mengganggu yang terjadi jika akun pengguna Facebook terkena spam, maka pengguna perlu tahu cara memperbaiki Facebook yang kena spam. Berikut inilah penjelasan lengkapnya.

1. Amankan akun di Facebook pengguna

Jika pengguna tidak mampu login ke akun milik pengguna, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengubah kata sandi akun. Cara mengubahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik halaman Cari Akun Anda
  • Lalu, masukkan email, nomor ponsel, dan nama yang terhubung dengan akun pengguna
  • Selanjutnya, pengguna mengklik Cari dan ikuti arahan yang tertera di layar.
  • Pada tahap ini pengguna akan diperintahkan untuk mendaftar Autentikasi Dua Faktor. Pastikan pengguna mengubah nomor ponsel yang ingin didaftarkan demi alasan keamanan.
  • Jika masih bermasalah, laporkan ke Facebook yang tertera di bagian bawah layar untuk permintaan bantuan pemulihan akun.

2. Blokir atau hapus pertemanan di Facebook pengguna

Adanya kemungkinan spam timbul karena dari teman pengguna sendiri, maka cara yang kedua adalah dengan mem-block atau menghapus pertemanan. Terutama dengan orang yang dicurigai sebagai penghasil spam pada akun pengguna.

Jika pengguna tidak ingin mem-block, pengguna dapat memakai opsi laporkan. Yaitu dengan cara mengklik laporkan postingan sebagai spam agar dapat ditinjau oleh Facebook.

Laporan nanti akan diterima oleh Facebook. Jika terbukti menyalahi aturan postingan Facebook, maka postingan tadi akan berkemungkinan besar di take down.

3. Tinjau aktivitas akun Facebook pengguna dan hapus Spam

Cara ketiga yang dapat pengguna lakukan adalah dengan melakukan tinjauan aktivitas pada akun yang pengguna miliki. Tinjauan akun yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Memeriksa Riwayat login akun untuk melihat apakah ada aktivitas login yang mencurigakan
  • Memeriksa log aktivitas, jika ada Tindakan yang tidak dikehendaki maka pengguna dapat menghapus tindakan tersebut
  • Mengecek aplikasi dan game yang terinstal, lalu hapus game yang terlihat aneh
  • Menghapus setiap foto, postingan, halaman, atau grup dan acara yang pengguna merasa tidak pernah buat lalu laporkan spam pada Facebook.

Demikianlah cara memperbaiki Facebook yang kena spam. Kunci dari perbaikan akun yang terkena spam adalah dengan melaporkan aktivitas spam tersebut kepada Facebook agar penanganan yang didapat lebih efektif dan terjamin.

Selain dengan aktif melapor ke Facebook, pastikan juga untuk segera memakai Autentikasi Dua Faktor agar masalah yang sama tidak terulang kembali pada akun pengguna. Jadi, tidak perlu bingung lagi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *