Tips & Trik

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah, Baik yang Menggunakan Kabel Maupun Wireless

×

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah, Baik yang Menggunakan Kabel Maupun Wireless

Sebarkan artikel ini
cara memperbaiki earphone mati sebelah

Pada saat menggunakan earphone dan ternyata mati sebelah, sebaiknya jangan buru-buru untuk berpikiran beli lagi yang baru. Hal itu dikarenakan banyak cara memperbaiki earphone mati sebelah yang bisa coba dilakukan secara mandiri terlebih dahulu.

Mempunyai earphone yang tidak berfungsi dengan baik kadang dapat menimbulkan frustasi. Untungnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Langkah-langkah dalam cara yang akan diuraikan ini dapat dilakukan oleh siapa pun tanpa perlu khawatir. Mari kita simak beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk menghidupkan kembali earphone yang tidak berfungsi

1. Kabelnya Diluruskan

Cara memperbaiki earphone mati sebelah pertama yang bisa ditempuh dan paling dasar adalah memeriksa keadaan kabel yang digunakan. Seringkali, pengguna mengabaikan fakta bahwa kabel sering kali tergulung atau tidak diluruskan dengan baik.

Maka dari itu, pengguna hanya perlu mencoba untuk meluruskan kabel dari earphone yang tidak berfungsi dengan baik. Setelah itu, cobalah untuk menggunakan kembali earphone tersebut untuk mendengarkan audio atau musik dengan kualitas yang lebih baik.

2. Cek Ada Kotoran Atau Tidak pada Earphone Tersebut

Untuk solusi berikutnya, penting untuk memeriksa tingkat kebersihan earphone yang digunakan. Seringkali, masalah earphone yang tidak berfungsi dengan baik disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di bagian-bagiannya.

Untuk mengatasi masalah ini, periksa dan bersihkan setiap kotoran yang menempel pada earphone. Pastikan untuk menggunakan kain atau tisu yang bersih saat membersihkannya agar tidak merusak komponen-komponen yang sensitif.

3. Memanfaatkan Fitur Troubleshoot di Laptop

Untuk cara ini pengguna perlu adanya perangkat tambahan yakni laptop (atau PC juga bisa). Pengguna hanya perlu menyediakan laptop dan menghubungkan earphone yang bermasalah ke port USB pada laptop tersebut. Hal tersebut jika earphone menggunakan USB dalam koneksinya.

Namun kebanyakan earphone menggunakan jack 3,5 mm untuk koneksinya. Jadi pengguna hanya tinggal mencolokkan kabel earphone ke port 3,5 mm yang ada di laptop. Pastikan bahwa earphone terhubung dengan baik ke laptop.

Setelah itu, cobalah untuk menggunakan earphone tersebut untuk mendengarkan audio sambil melakukan proses troubleshoot untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalahnya.

4. Cek Pengaturan Audio

Untuk solusi selanjutnya, langkahnya sangat mudah dilakukan dengan memeriksa pengaturan di bagian Setting. Pengguna dapat masuk ke menu Setting dan mencari opsi yang berkaitan dengan pengaturan audio.

Di sana, pengguna dapat mencari tahu apakah ada masalah yang terkait dengan pengaturan audio dan menemukan solusi yang tersedia. Selain itu, pengguna juga dapat mencoba mengubah opsi label atau metode pengaktifan earphone dari otomatis menjadi manual. Namun perlu diingat bahwa pada setiap hp mungkin menu settingan audio bisa berbeda.

5. Restart Hp

Jika earphone yang mati sebelah itu terhubung ke hp, coba lakukan restart pada hp tersebut. Dengan mematikan atau memutuskan sementara semua perangkat yang terhubung, ada kemungkinan earphone dapat kembali berfungsi dengan baik.

Setelah itu, pengguna hanya perlu mencoba untuk mengatur ulang earphone dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Selain itu, cobalah untuk menekan dan menahan tombol daya pada earphone selama lima detik sebagai bagian dari proses pemulihan.

6. Cek Koneksi Nirkabel

Untuk earphone yang tidak menggunakan kabel alias wireless biasanya koneksinya adalah dengan menggunakan fitur bluetooth. Nah jika earphone tersebut mati sebelah atau bahkan mati dua-duanya mungkin permasalahan ada pada koneksi antara earphone dengan hp.

Jadi coba cek koneksi bluetoothnya. Atau bisa juga matikan dulu bluetoothnya di hp kemudian nyalakan lagi. Proses tersebut akan memulihkan kembali koneksi bluetooth antara hp dan earphone.

Nah demikianlah penjelasan serta uraian terkait cara memperbaiki earphone mati sebelah. Jadi pengguna bisa coba lakukan cara-cara tersebut. Jika tidak ada kerusakan pada kabel atau komponen earphone seharusnya cara-cara tersebut sudah dapat mengatasi masalah earphone yang mati sebelah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *