Simak 5 Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi Dengan Mudah dan Aman

Cara Memperbaiki Charger HP Lambat Mengisi

cara memperbaiki charger hp lambat mengisi

Charger HP merupakan komponen pada ponsel yang paling penting untuk digunakan. Pengguna tentu memerlukan cara memperbaiki charger HP lambat mengisi yang efektif dan praktis untuk dioperasikan. Penyebab charger HP yang bermasalah tentunya dikarenakan oleh banyak faktor dan terdapat cara mengatasinya.

Pengguna bisa mengikuti pelbagai cara yang akan disediakan di bawah untuk memperbaiki kerusakan yang terdapat pada charger HP. Dengan mengetahui pelbagai cara tersebut maka ke depannya akan meminimalisir kesalahan yang berulang. Berikut ulasan mengenai lima cara memperbaiki charger HP lambat:

1. Mengganti Kabel Charger

Cara memperbaiki charger HP lambat mengisi daya bisa dengan melakukan penggantian kabel charger yang dimiliki. Kerusakan di dalam charger bisa saja terjadi dikarenakan banyak faktor, seperti berlebihan dalam mengisi daya, atau memainkan ponsel saat sedang diisi daya.

Penggantian kabel charger pada ponsel juga tidak bisa diganti dengan sembarangan. Pengguna dapat membeli charger dengan merk yang sama dengan merk ponsel. Hal tersebut dilakukan demi alasan agar ponsel aman serta dapat mengurangi risiko ketidakcocokan pada charger dengan merk lain.

2. Mengisi Daya Dalam Keadaan Ponsel Mati

Dengan mengisi daya dalam keadaan ponsel yang telah dimatikan, pengguna bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan yang akan terjadi pada charger. Banyak kasus charger HP yang rusak dikarenakan kebiasaan mengisi daya ponsel yang masih dalam keadaan hidup. Hal tersebut terbilang cukup berbahaya.

Cara memperbaiki charger HP yang melambat bisa diupayakan dengan cara mengisi ponsel dalam keadaan mati agar kinerja charger dapat membaik. Faktor lainnya adalah dikarenakan saat ponsel masih hidup terdapat banyak notifikasi atau data latar belakang yang masih aktif.

3. Membersihkan Port USB

Bisa saja terjadi masalah pada port USB di charger sehingga menyebabkan kinerjanya melemah. Maka dari itu, pengguna harus membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan pembersih agar lebih aman dan steril. Port USB juga merupakan komponen penting di charger yang harus diperhatikan.

Dengan melakukan pembersihan yang menyeluruh dan secara rutin, maka akan bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan pada port USB. Bagian dari charger tersebut tentu akan sangat berpengaruh terhadap kinerja charger ke depannya. Pengguna harus senantiasa menjaga kebersihan port USB agar tidak terjadi masalah.

4. Menonaktifkan Semua Aplikasi yang Berjalan

Masih dengan cara untuk memperbaiki charger HP yang kinerjanya melambat, pengguna bisa mencoba untuk menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan. Aplikasi tersebut bisa saja berjalan di latar belakang dan akan menyedot daya baterai yang sedang mengisi daya.

Keterlambatan dalam mengisi daya bisa jadi dikarenakan hal tersebut. Aplikasi yang masih berjalan di latar belakang akan membuat boros pemakaian baterai, terlebih lagi jika sedang diisi ulang. Jika kebiasaan tersebut sering terjadi, maka lama kelamaan charger HP akan rusak.

5. Melakukan Update Sistem Operasi Ponsel

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk memperbaiki charger HP yang kinerjanya melambat adalah dengan melakukan update di perangkat yang digunakan. Penyebab yang bisa terjadi adalah adanya bug yang tidak kompatibel dan dapat menyebabkan baterai tidak masuk walau dayanya sedang diisi.

Update sistem operasi pada ponsel bisa dijalankan melalui pengaturan pada ponsel. Klik menu update sistem dan tunggu sebentar hingga ponsel memulai ulang. Lalu coba pasangkan lagi kabel charge, maka lihat perbedaannya setelah melakukan update.

Demikian ulasan mengenai lima cara memperbaiki charger HP lambat mengisi dengan mudah dan aman untuk dicoba. Kelima cara di atas dapat dioperasikan dan pastinya praktis serta membantu memperbaiki charger HP yang mengalami keterlambatan dalam mengisi daya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *