Tips & Trik

Cara Memindahkan Tanda Tangan Ke Word Secara Praktis dan Tanpa Ribet

164
×

Cara Memindahkan Tanda Tangan Ke Word Secara Praktis dan Tanpa Ribet

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Memindahkan Tanda Tangan Ke Word

Cara Memindahkan Tanda Tangan Ke Word Secara Praktis dan Tanpa Ribet

Dalam dunia maju yang dipenuhi teknologi canggih, segala aktivitas manusia perlahan berubah dari konvensional ke digital, tidak terkecuali surat menyurat. Salah satu bagian surat terpenting adalah tanda tangan. Pengirim harus mengetahui cara memindahkan tanda tangan ke Word agar surat dapat dikirim dengan tetap menunjukkan keabsahan surat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan bagi pengirim surat untuk memindahkan tanda tangan ke Word. Dari sekian banyak cara mulai dari yang mudah hingga sulit, ada banyak pilihan yang bisa dipilih. Berikut tiga cara praktis yang bisa digunakan untuk memindahkan tanda tangan ke Word:

1. Gunakan Aplikasi Scanner

Cara pertama untuk memindahkan tanda tangan ke file word adalah menggunakan aplikasi scanner. Adapun aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi yang bisa ditemukan di Play Store. Pada beberapa ponsel, terkadang justru sudah ada aplikasi pemindai bawaan dari pabrik yang bisa memudahkan proses ini. Berikut langkah-langkahnya dari awal:

  • Siapkan tanda tangan di selembar kertas. Langkah awal untuk memindahkan tanda tangan ke file surat adalah dengan menyiapkan tanda tangan pada selembar kertas putih polos seperti HVS agar lebih jelas.
  • Scan tanda tangan. Selanjutnya, scan atau pindai tanda tangan dengan aplikasi pemindai dan simpan dalam bentuk gambar.
  • Buka file surat. Bila sudah menyiapkan tanda tangan yang telah discan, segera buka file surat kemudian arahkan kursor menuju bagian dimana tanda tangan akan dibubuhkan.
  • Masukkan hasil scan tanda tangan. Pada menu bar di bagian atas Microsoft Word, klik menu Insert -> Picture -> Pilih gambar hasil scan tanda tangan -> klik OK.
  • Atur posisi gambar. Atur proporsi dan posisi gambar tanda tangan pada file surat. Bila perlu dipotong, cukup klik gambar tersebut -> pilih menu Format -> Crop.
  • Selesai.

2. Pakai Aplikasi Paint 

Cara memindahkan tanda tangan ke Word yang kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi Paint. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan di setiap PC sehingga tidak perlu menginstall terlebih dahulu. Berikut cara memindahkan tanda tangan ke dalam file surat dengan menggunakan Paint:

  • Buka aplikasi Paint yang ada di PC.
  • Buatlah tanda tangan. Silakan menggambar tanda tangan untuk dibubuhkan pada surat dengan menggunakan fitur Brush dari Paint.
  • Edit bila diperlukan. Dalam menggambar tanda tangan secara digital melalui aplikasi Paint, fitur edit bisa digunakan untuk mempercantik tanda tangan.
  • Simpan dalam bentuk format gambar. Untuk menyimpan tanda tangan, jangan lupa simpan dalam bentuk format gambar seperti .jpg atau .png.
  • Buka file surat di word.
  • Masukkan gambar ke dalam word. Pilih menu Insert -> Picture -> Plih gambar yang telah dibuat dari Paint sebelumnya -> klik OK.
  • Atur tanda tangan pada posisi yang tepat.
  • Selesai.

3. Pindahkan dengan Website Docsketch

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menambahkan tanda tangan di Word adalah dengan menggunakan website Docsketch. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat tanda tangan melalui website Docsketch adalah sebagai berikut:

  • Buka website Docsketch. Akses website Docsketch melalui browser masing-masing.
  • Klik fitur atau menu Draw Signature. Setelah memilih fitur ini, silakan buat tanda tangan.
  • Edit tanda tangan. Edit atau percantik tanda tangan dengan cara memberi warna, penghapus latar belakang, dan sebagainya.
  • Unduh gambar. Setelah membuat tanda tangan, unduh gambar ke dalam perangkat masing-masing.
  • Buka file surat.
  • Sisipkan tanda tangan. Masukan gambar tanda tanganke dalam Microsoft Word melalui menu Insert dengan langkah yang sama seperti cara sebelumnya.
  • Selesai.

Nah, itu tadi merupakan cara memindahkan tanda tangan ke Word. Dengan ini, setiap orang akan lebih mudah dalam mengirim surat secara elektronik menggunakan email. Jangan lupa, setelah menyisipkan tanda tangan, berikan pula nama terang di bawah gambar tanda tangan sebagai bukti identitas pengirim surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *