Tips & Trik

Begini Cara Memindahkan Data Ke Kartu SD di Smartphone Android

5
×

Begini Cara Memindahkan Data Ke Kartu SD di Smartphone Android

Sebarkan artikel ini

Cara Memindahkan Data Ke Kartu SD, Ikuti Panduan Ini

Ketika penyimpanan internal ponsel penuh, pengguna bisa memindahkan beberapa file atau aplikasi ke kartu SD atau SD card. Untuk cara memindahkan data ke kartu SD di ponsel Android pun bukan hal yang sulit dilakukan.

Kelebihan & Kekurangan Menggunakan Kartu SD pada Ponsel

Secara garis besar penggunaan kartu SD di ponsel memberikan keuntungan dan kerugian tersendiri. Supaya lebih jelas, berikut beberapa keuntungan yang didapatkan jika memanfaatkan SD card pada ponsel.

  • Mempunyai ukuran penyimpanan yang berbeda-beda. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.
  • Harga yang dipatok pun terbilang terjangkau, sehingga bisa menyesuaikan anggaran keuangan.
  • Pilihan merek dari kartu SD ini sendiri pun beragam.

Selain memiliki manfaat, kartu SD juga mempunyai kekurangan untuk kinerja ponsel itu sendiri. Berikut beberapa kekurangan jika menggunakan SD card yang perlu diketahui.

  • Dikarenakan banyak pilihan produk kartu SD, tentunya ada yang kualitasnya rendah dan bagus. Apabila memilih kualitas yang rendah tentunya dapat mengurangi kecepatan kinerja ponsel.
  • Saat mencari file yang ada di dalam memori ponsel pun akan jadi sedikit sulit. Bisa jadi pengguna lupa meletakkan file di memori internal atau di memori eksternal ponsel.
  • Harus diketahui terlebih dahulu bahwa SD card mempunyai siklus pembacaan terbatas. Tiap kali melakukan akses atau format data, maka membuat kemampuan membaca SD card berkurang.
  • Mengurangi performa game ketika dimainkan.

Cara Memindahkan File Data ke Kartu SD Anti Ribet

Untuk menyalin atau memindahkan file data di ponsel ke secure digital (SD) pun mudah dilakukan. Ada 2 cara memindahkan data ke kartu SD yang bisa dicoba dan pastinya tidak ribet, baik secara manual lewat ponsel langsung ataupun melalui kabel data.

Biasanya cara ini dipakai untuk memindahkan data yang berada di dalam PC atau laptop ke ponsel. Sebelum memindahkan data-data, pastikan dengan baik kabel data dapat berfungsi dan tidak kendor. Ikuti langkah-langkah berikut jika ingin aman dalam memindahkan data-data penting.

  • Persiapkan kabel data atau kabel USB yang kondisinya baik.
  • Kemudian colokan kabel ke device masing-masing, dan klik izinkan akses data. Nantinya akan muncul menu File Explorer pada penyimpanan ponsel.
  • Lalu cari file yang akan dipindahkan dari komputer ke kartu SD ponsel. Pilih file satu per satu atau jika sudah dikelompokkan tinggal seleksi semua (CTRL + A), lalu CTRL + X.
  • Selanjutnya tekan CTRL + V di halaman kartu SD ponsel. Proses pemindahan biasanya akan membutuhkan beberapa waktu, tergantung besaran file data yang dipindahkan. Selesai.

Bagi yang tidak suka cara ribet dengan menggunakan kabel data lewat device komputer atau laptop, maka bisa menggunakan cara ini untuk memindahkan file data ke kartu secure digital (SD). Simak langkah-langkahnya berikut supaya tidak kebingungan nantinya.

  • Hidupkan ponsel dan cari menu Pengelola File.
  • Cari dan pilih file mana yang akan dipindahkan ke kartu SD. Baik itu file gambar, dokumen, video, dan lainnya.
  • Selanjutnya silakan pilih menu Pindahkan dan pilih tempat penyimpanannya dimana.
  • Jika sudah menemukan tempat untuk memindahkan file, klik Pindahkan ke sini. Silakan tunggu beberapa saat sampai file selesai dipindahkan dengan tepat.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari SD card, serta cara memindahkan data ke kartu SD dengan mudah lewat ponsel. Apabila memang menginginkan untuk memakai kartu SD, usahakan untuk melakukan perawatan ponsel dengan baik dan rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *