Tips & Trik

2 Cara Memindah Foto Dari Kamera Canon Ke Laptop Agar Bisa Dilihat Lebih Jelas

×

2 Cara Memindah Foto Dari Kamera Canon Ke Laptop Agar Bisa Dilihat Lebih Jelas

Sebarkan artikel ini
cara memindah foto dari kamera canon ke laptop

Merupakan salah satu merk yang terkenal di kalangan pengguna, Kamera Canon sangat diminati karena kualitasnya yang unggul. Cara memindah foto dari kamera canon ke laptop menjadi penting untuk melihat gambar dengan lebih jelas atau membagikannya di platform media sosial setelah pengambilan gambar.

Foto dan video yang diambil dengan kamera disimpan dalam kartu memori, yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk secara berkala mentransfer file tersebut ke laptop. Berikut adalah cara sederhana untuk memindahkan foto dari kamera Canon ke laptop.

Ada dua metode untuk mentransfer foto dari kamera Canon ke laptop tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Pertama, dapat dilakukan melalui kabel USB yang tersedia. Atau kedua, menggunakan kartu memori yang ada di dalam kamera untuk mentransfer foto ke laptop. Berikut penjelasannya lebih lanjut untuk masing-masing cara tersebut:

Dengan Kabel USB

Saat membeli unit kamera Canon, umumnya juga diberikan kabel USB sebagai satu set. Fungsi kabel USB ini adalah untuk mentransfer file foto dan video dari kamera ke perangkat lain. Berikut beberapa rincian langkah yang dapat diikuti untuk melakukan transfer tersebut:

  • Persiapkan kabel USB, kamera, dan laptop yang telah diisi daya sepenuhnya. Nyalakan perangkat laptop dan kamera.
  • Lanjutkan dengan menyambungkan kamera ke laptop menggunakan kabel USB yang tersedia. Pada saat yang bersamaan, laptop akan secara otomatis mendeteksi perangkat kamera yang terhubung.
  • Selanjutnya, akses drive dari kamera yang teridentifikasi oleh laptop. Biasanya, drive ini akan muncul sebagai folder dengan nama yang serupa dengan seri kamera.
  • Setelah itu, pilih file foto dan video yang hendak dipindahkan. Lakukan operasi menyalin (copy) file-file tersebut, dan kemudian tempelkan (paste) ke folder tujuan di dalam laptop sesuai keinginan pengguna.

Dengan Kartu Memori

Cara memindah foto dari kamera canon ke laptop tanpa memerlukan aplikasi tambahan hampir serupa antara yang pertama dan yang kedua. Perbedaan utamanya terletak pada perangkat yang digunakan, sementara langkah-langkahnya relatif serupa. Jadi disini yang digunakan adalah kartu memorinya Berikut ini adalah step by stepnya:

  • Keluarkan kartu memori yang menyimpan gambar hasil dari kamera.
  • Aktifkan laptop. Pasang kartu memori ke dalam slot yang telah disediakan pada laptop. Periksa agar pemasangan berada dalam posisi yang benar dan tidak terbalik.
  • Laptop akan secara otomatis mendeteksi kartu memori dan menampilkannya sebagai folder.
  • Lanjutkan dengan membuka folder kartu memori, lalu pilih foto dan video yang hendak dipindahkan.
  • Salin dan tempelkan ke lokasi yang diinginkan di dalam laptop.

Nah itulah tadi penjelasan serta uraian cara memindah foto dari kamera canon ke laptop. Jadi disini sudah dijelaskan caranya yaitu bisa dengan kabel USB atau dengan kartu memori yang ada di dalam kamera tersebut.

Jika menggunakan kabel USB maka kabel hanya perlu dicolok ke kamera dan ke laptop, nantinya jika sudah terdeteksi file-file foto akan langsung bisa terlihat dan pengguna bisa melakukan pemindahan foto-foto yang mana saja dengan cara melakukan copy paste.

Jika dengan menggunakan kartu memori, maka tentunya kartu tersebut perlu dikeluarkan dulu dari kamera. Setelah itu masukkan ke dalam slot memori yang biasanya ada di laptop. Jika tidak ada bisa menggunakan card reader.

Nah jika sudah terdeteksi maka cara untuk melakukan pemindahan sama dengan yang menggunakan kabel USB yaitu tinggal lakukan copy paste atau kalau perlu lakukan cut and paste jika memang kartu memori tersebut nantinya akan digunakan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *