Tips & Trik

Cara Membuka Kartu SIM yang Terkunci PUK Telkomsel yang Mudah Dilakukan

10
×

Cara Membuka Kartu SIM yang Terkunci PUK Telkomsel yang Mudah Dilakukan

Sebarkan artikel ini

Cara Membuka Kartu SIM yang Terkunci PUK Telkomsel Yang Diketahui

Selaku pengguna provider hp tidak asing dengan aturan cara membuka kartu SIM yang terkunci PUK Telkomsel. Biasanya dilakukan saat pengguna lupa PIN yang sudah dibuat sebelumnya dan tiga kali dimasukkan salah sehingga kartu SIM Telkomsel terblokir.

Oleh karenanya perlu kode PUK yang merupakan sebuah kode unik 8 digit agar dapat mengembalikan kartu SIM yang sebelumnya terblokir. Untuk itu ada beberapa cara agar dapat membuka kartu SIM dengan bantuan PUK Telkomsel yang bisa didapatkan dengan cara berikut:

1. Melalui Layanan Website

Menerima informasi kode melalui layanan website merupakan salah satu cara membuka kartu SIM yang terkunci PUK Telkomsel bagi pengguna provider tersebut. Hal ini sangat membantu pengguna tanpa perlu pergi ke Grapari dan cukup membuka web tersebut agar mendapatkan informasi PUK.

Untuk melakukan hal tersebut pertama pengguna harus melakukan browsing ke internet dengan membuka website My Telkomsel supaya dapat melanjutkan prosesnya. Selanjutnya memasukkan nomor dan PIN T-Care yang dimiliki sebelumnya oleh pengguna hingga dapat memilih menu profil serta menu PUK.

2. Menelepon Call Center Telkomsel

Langkah yang dapat dijadikan alternatif untuk dapat membuka kartu SIM yang terkunci adalah dengan menelepon Call Center berupa 188. Dengan menggunakan layanan tersebut pengguna akan langsung terhubung secara langsung dengan customer service agar dapat membuka kartu SIM yang lupa akan PIN.

Untuk membuka kartu biasanya langsung dilakukan oleh CS atau diberikan informasi kode PUK kepada pengguna. Namun untuk melakukan hal tersebut pastinya pengguna menyiapkan data kepada CS berupa nama lengkap, NIK dan kapan terakhir diisi pulsa.

3. Dial ke *116#

Cara yang selanjutnya untuk membuka kartu SIM Telkomsel yang terkunci adalah dengan menghubungi atau dial ke *116# agar mendapatkan PUK. Beda dengan menelepon Call Center Telkomsel pengguna tidak langsung berhubungan dan dibantu dibuka oleh CS, tapi diberikan kode PUK saja.

Caranya cukup mudah dengan dial kode *116# lalu dipilih opsi PUK dan setelah itu dimasukkan pula nomor kartu SIM Telkomsel. Selanjutnya pengguna akan diarahkan untuk memasukkan sebanyak 16 digit di belakang kartu dan pastikan masih bisa dibaca.

4. Melalui Media Sosial Resmi Telkomsel

Cara membuka kartu SIM yang terkunci PUK Telkomsel lainnya adalah dengan mendapatkan informasi melalui media sosial resmi yang dimiliki oleh Telkomsel. Biasanya keuntungan yang didapatkan oleh pengguna memakai medsos adalah admin akan siap membantu 24 jam dengan mengikuti cara berikut ini:

  • Membuka salah satu medsos Line, Telegram atau FB Messenger.
  • Selanjutnya masukkan kata ‘Hai’ untuk memulai chat.
  • Kemudian diberikan beberapa opsi dan memilih menu ‘Lihat Menu Utama’.
  • Setelah itu memilih ‘Info PUK’ pada menu ‘Profil Kamu’.
  • Lalu memasukkan nomor kartu SIM yang dimiliki oleh pengguna.
  • Diarahkan untuk memasukkan kode verifikasi (OTP) yang akan diberikan oleh Telkomsel.
  • Terakhir memilih metode verifikasi melalui PIN T-Care atau Nomor Telepon sehingga bagian admin akan memberikan kode PUK.

5. Datang ke Gerai Telkomsel atau Grapari

Jika seluruh cara yang digunakan untuk membuka kartu SIM yang terkunci sudah dilakukan namun belum berhasil, maka segera ke Grapari. Grapari sendiri merupakan gerai Telkomsel yang membantu para pengguna agar dapat menyelesaikan permasalahan termasuk membuka kartu SIM yang terkunci.

Ketika sampai di Grapari pastinya pengguna akan diarahkan ke CS untuk mendapatkan pelayanan agar bisa membuka kartu SIM yang terkunci. Saat di CS untuk membuka kartu SIM tersebut akan dilakukan proses aktivasi ulang pada kartu yang telah terblokir sebelumnya.

Itulah beberapa cara membuka kartu SIM yang terkunci PUK Telkomsel yang dapat dilakukan pengguna saat lupa PIN yang telah dimasukkan. PUK atau Personal Unblocking Key sangat berguna dan bisa didapatkan melalui online dengan menghubungi CS atau pergi langsung ke Grapari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *