Tips & Trik

Begini Cara Membuka File RAR di Android dengan Mudah!

4
×

Begini Cara Membuka File RAR di Android dengan Mudah!

Sebarkan artikel ini

Cara Membuka File RAR di Android yang Bisa Dicoba

Saat laptop tertinggal di rumah, tetapi ingin segera buka file RAR maka tentang saja. Format RAR dibuka pada perangkat HP bukan hanya di PC saja. Maka dari itu, pengguna bisa melakukannya dengan mudah dengan cara membuka file RAR di android. 

Bagi yang penasaran dengan aplikasinya, simak di sini. Berikut uraian lengkap mengenai cara membuka file RAR di android baik dengan atau tanpa aplikasi:

Cara Membuka File RAR dengan Menggunakan Aplikasi Khusus

Pembahasan pertama mengenai cara membuka file RAR di android cukup pakai aplikasi khusus. Maka dari itu, akan dijelaskan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file tersebut, berikut ulasannya:

1. Menggunakan Aplikasi ZArchiver

Hal yang akan dipaparkan mengenai cara membukanya menggunakan aplikasi Zarchiver. Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk cara ini sebagai berikut:

  • Mendownload aplikasi ZArchiver terlebih dahulu, kabar baiknya aplikasi bisa diunduh gratis melalui Play Store. Pastikan install aplikasi tersebut juga sebelum digunakan.
  • Selanjutnya buka aplikasi Zarchiver untuk kemudian bisa menggunakan aplikasi ini. Pertama dengan klik file yang hendak dibuka.
  • Lalu pilih pada bagian mengekstrak file. Untuk caranya ini sama persis saat pengguna memakai perangkat PC jadi bagi pemula sekalipun tidak akan mendapatkan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini.

2. Menggunakan Aplikasi ES File Eksplorer

Berikutnya pengguna bisa memanfaatkan penggunaan aplikasi ES File Eksplorer. Sebenarnya ada 30 lebih format yang bisa diekstrak dengan aplikasi ini termasuk RAR. Maka tidak heran jika banyak penggunanya, adapun langkah penggunaanya sebagai berikut:

  • Mendownload aplikasi ES File Eksplorer terlebih dahulu, aplikasi ini sudah ada di Playstore sehingga lebih mudah untuk menemukannya.
  • Jika aplikasi sudah terunduh dan terinstall dengan baik pada perangkat, maka saatnya pengguna bisa langsung membukanya. 
  • Selanjutnya bisa dipilih bagian opsi atau menu yang menunjukkan bagian lokal dan rumah. Pada bagian tersebut pengguna bisa memilih file RAR yang hendak dibuka menggunakan HP. 
  • Lalu klik file tersebut dan selanjutnya bisa klik pada bagian ES pembukaan RAR. Selanjutnya bisa tekan file dan klik bagian tombol ekstrak.
  • Setelah itu sistem akan memberikan pop up, lalu pengguna bisa memilih bagian Current path. Langkah ini digunakan untuk menyimpan hasil dari ekstrak file tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi RAR

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi RAR. Dimana aplikasi ini cukup memuaskan karena banyak fitur dan desain antar muka yang mudah dipahami. Adapun langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Hal pertama jelas dengan mendownload aplikasi RAR di Playstore terlebih dahulu. Kemudian pengguna bisa lanjut membuka aplikasi tersebut saat telah berhasil di unduh di perangkat HP.
  • Jika sudah maka pengguna bisa pilih file yang hendak dibuka. Namun sebelumnya perhatikan pada bagian ikon RAR, disana akan terlihat jelas dokumen-dokumen bentuk RAR yang kebetulan tersimpan di HP.
  • Klik file yang akan dibuka dan pilih bagian ekstrak dan file sudah bisa terbaca sekarang. 

Langkah Buka File RAR Menggunakan Website Ekstrak.me

Cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki penyimpanan terbatas pada perangkat androidnya. Berikut cara membuka file rar di android tanpa aplikasi. Tentunya dengan memanfaatkan website khusus seperti ini:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan saat ingin membuka file RAR yang tanpa bantuan aplikasi adalah dengan menggunakan website gratis seperti Ekstrak.me. Dimana website ini cukup lengkap karena bisa digunakan untuk membuka banyak format selain RAR.
  • Maka dari itu akses website Ekstrak.me melalui browser atau sejenisnya. Adapun alamat website tersebut ada di extract.me/id/.
  • Selanjutnya pengguna bisa membuka file pada bagian pilih file. Lalu secara otomatis file RAR akan diekstrak dan klik pada bagian pengunduhan maka pengguna bisa membukanya sekarang. 

Demikian itu beberapa ulasan mengenai cara membuka file RAR di Android baik tanpa aplikasi ataupun menggunakan aplikasi tambahan. Sehingga tidak perlu khawatir lagi jika mendapatkan tugas yang tersimpan di RAR bisa langsung dibuka melalui perangkat HP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *