Tips & Trik

Pengertian, Cara Membuka File Mp3 dan Rekomendasi Software Pihak Ketiga

9
×

Pengertian, Cara Membuka File Mp3 dan Rekomendasi Software Pihak Ketiga

Sebarkan artikel ini

File mp3 biasanya digunakan untuk menyimpan data musik. Namun terdapat banyak buku audio gratis yang hadir dalam format mp3 juga. Banyak perangkat yang menyediakan dukungan untuk memutar mp3. Namun banyak juga yang mencari cara membuka file mp3 karena merasa kesulitan.

Apa Itu File Mp3?

Sebelum membahas mengenai cara membuka file mp3, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu file mp3. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, umumnya file ini menyimpan data atau file dalam bentuk musik.

Hal yang membuat file ini berbeda dengan format file audio lainnya ialah data audio dikompresi untuk memperkecil ukuran file. Dengan demikian maka hanya sebagian kecil dari format yang digunakan WAV.

Kualitas suara akan berkurang untuk mencapai ukuran yang kecil. Namun meskipun begitu biasanya tradeoff bisa diterima sehingga format ini sangat luas penggunaannya. Kualitas dari file ini sangat tergantung pada bitrate yang digunakan untuk kompresi.

Apabila semakin tinggi kecepatan bit maka akan menghasilkan file dengan kualitas yang lebih baik juga. Tentu saja file tersebut juga membutuhkan lebih banyak ruang disk. File ini didukung oleh sebagian besar pemutar musik portable.

Cara Membuka File Mp3

File ini merupakan format file audio yang paling banyak digunakan. Bahkan di hampir semua aplikasi pemutaran audio bisa membuka file mp3 ini. Oleh karena itulah cara membuka file mp3 sangat mudah untuk dilakukan tentunya.

Pengguna bisa memutar file tersebut secara langsung melalui kotak tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan. Pada windows 10, mp3 bisa diputar secara default di Windows Media Player. Sedangkan di macOS, bisa diputar di iTunes.

Pengguna hanya perlu mengklik dua kali pada file tersebut yang ingin didengarkan. Nantinya pemutar audio akan membuka file dan audio akan mulai bermain. Namun jika pengguna lebih menyukai pemutar audio yang berbeda dari lainnya, maka bisa mengubah asosiasi file.

Software Untuk Memutar File Mp3

Apabila file mp3 tidak bisa dibuka secara default pada perangkat, maka bisa dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan, antara lain:

1. Phonograph

Aplikasi ini bisa menjadi salah satu software yang digunakan untuk memutar musik di smartphone. Dilengkapi antarmuka yang sangat halus serta material desain sehingga akan memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Selain itu pengguna juga bisa mengubah tampilan aplikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, maka pengguna bisa membuat aplikasi ini sesuai dengan karakter dan idealis pengguna tentunya.

2. Pulser Music Player

Dengan aplikasi ini maka pengguna bisa menelusuri dan menemukan musik dengan folder yang tersedia. Terdapat banyak fitur menarik yang tersedia di dalamnya. Contohnya yaitu banyaknya tema yang tersaji, smart playlist hingga download secara otomatis.

3. Shuttle Music Player

Sama dengan software sebelumnya, aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur menarik untuk mendukung pengalaman pengguna. Contohnya terdapat fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas bas. Tidak hanya itu namun juga terdapat sleep timer yang sangat bermanfaat bagi pengguna tentunya.

Keunggulan lainnya yaitu terdapat fitur yang berfungsi untuk membuat pemutar musik tetap berputar meskipun sedang berganti lagu. Dengan tampilan yang menarik aplikasi ini akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi setiap pengguna.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian mp3, cara membuka file mp3, serta software yang bisa dimanfaatkan untuk membuka format file audio. Pengguna hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pada perangkat yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *