Cara Membuat Virtual Background Di Zoom yang Telah Banyak Dipakai Webinar

Cara Membuat Virtual Background Di Zoom yang Mudah

cara membuat virtual background di zoom

telah menyediakan fitur virtual background, tapi masih banyak tidak mengetahui bagaimana cara membuat virtual background Zoom. Padahal cara membuat background tidaklah sulit siapa saja bisa membuat. Background virtual yang dipakai dalam webinar dinilai dapat menambah kekompakan.

Background Zoom didapat dibuat melalui berbagai aplikasi editing diantaranya yakni canva, Adobe Photoshop, Corel Draw dan masih banyak lainnya. Pengguna dapat memilih aplikasi editing sesuai dengan kemampuan perangkat, atau sesuai kemampuan editing. Lebih lanjut untuk mengetahui cara-caranya berikut ini: 

1. Membuat Virtual Background Melalui Aplikasi Canva

Canva merupakan aplikasi editing yang dinilai cepat serta penggunaannya yang mudah, karena di dalam Canva dilengkapi dengan template yang unik. Selain background biasa, pada Canva juga dapat digunakan mengedit background bergerak. Hal ini lebih menarik daripada memilih background default Zoom.

Adapun cara cara membuat virtual background di Zoom dengan Canva sebagai media membuat background virtual, sebagai berikut :

  • Persiapkan bahan untuk mengedit, atau pengguna bisa menggunakan template background Zoom di Canva. Pastikan dimensinya adalah 16:9 akan terlihat warna hitam pada samping background virtual.
  • Login Canva, bila belum memiliki akun Canva bisa lebih dahulu untuk membuat akun terlebih dahulu.
  • Setelah tersambung pada beranda Canva, pilih tombol “Create a Design” kemudian Zoom Background. Setelah itu, pengguna akan tersambung pada halaman untuk mendesain background yang mana telah tersedia berbagai template.
  • Pengguna bebas memilih template yang tersedia atau ingin membuat template . Dengan template yang sudah ada pengguna bisa mengubah sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah selesai, maka download hasil desainnya untuk menyimpan foto. Pilih format file yang hendak diunduh, yakni JPG.

2. Membuat Virtual Background Melalui Aplikasi Modsy

Selain menggunakan Canva, aplikasi Modsy dapat juga digunakan sebagai media mendesain background virtual untuk Zoom. Dengan menggunakan aplikasi Modsy pengguna dapat dengan bebas memilih desain background virtual sesuai dengan . Namun kebanyakan tema yang tersedia adalah interior seperti perumahan.

Pengguna dapat menggunakan berbagai fitur serta pilihan gambar yang tersedia di aplikasi Modsy. Untuk dapat menggunakan gambar yang disediakan, terlebih dahulu pengguna harus mendownload gambar tersebut. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif lain selain menggunakan Canva.

3. Membuat Virtual Background Melalui Aplikasi Xsplit Vcam

Cara membuat virtual background di Zoom berikutnya dapat melalui aplikasi Xsplit Vcam. Aplikasi ini dapat membuat background virtual berupa video. Xsplit Vcam berbeda dengan yang lainnya karena aplikasi ini dapat memunculkan wajah bersamaan dengan video Zoom meeting.

Penggunaan background tersebut tidak memerlukan bantuan device lain, sehingga tidak perlu repot menyiapkan dua device yang berbeda. Cara menggunakannya sebagai berikut :

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi Xsplit Vcam, kemudian lakukan pendaftaran apabila belum memiliki akun. Jika sudah pengguna hanya login saja.
  • Kemudian, jika sudah tersambung remove background dan ganti dengan video yang diinginkan.
  • Bila background sudah berhasil berganti dengan video yang dipilih, selanjutnya pengguna dapat menyambungkannya dengan Zoom meeting.
  • Dan secara otomatis background akan berubah menjadi video.

4. Membuat Virtual Background Melalui Unsplash

Aplikasi Unsplash merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai gambar gratis, di mana gambar-gambar tersebut banyak digunakan untuk background virtual. Unsplash ini menyediakan beraneka ragam tema gambar yang unik dan menarik mata. Selain itu, gambar yang tersedia pun dalam kualitas HD.

Pengguna hanya perlu mencari gambar sesuai dengan tema melalui menu pencarian yang berada di aplikasi Unsplash. Karena kualitas gambar yang disuguhkan pada aplikasi Unsplash adalah kualitas terbaik, sehingga tidak usah ragu dalam menggunakan gambarnya.

Demikian cara membuat virtual background di Zoom yang dapat dijadikan sebagai pilihan referensi untuk mendesain background. Perhatikan dimensinya agar virtual background tampil secara bagus. Lebih baik jika pengguna menggunakan green screen untuk mengatasi background yang pecah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *