Tips & Trik

Ketahui Cara Membuat Timer di Kamera IG di Story dan Reels

×

Ketahui Cara Membuat Timer di Kamera IG di Story dan Reels

Sebarkan artikel ini
cara membuat timer di kamera ig

IG, singkatan dari Instagram, adalah platform media sosial yang sangat diminati. Dengan IG, pengguna dapat dengan mudah berbagi momen-momen penting dalam hidup mereka melalui berbagai jenis konten, mulai dari foto hingga video. Perlu diketahui bahwa, kini sudah ada cara membuat timer di kamera ig yang bisa dilakukan.

Salah satu fitur yang bisa dikatakan paling populer di Instagram adalah fitur Story. Dimana, fitur inilah yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen yang sedang dilaluinya baik dalam bentuk foto atau video. Namun hal tersebut nantinya akan hilang dalam waktu 24 jam.

Meskipun umumnya dikenal dalam konteks penggunaan kamera ponsel, Timer juga tersedia dalam aplikasi Instagram. Fitur ini berguna terutama saat pengguna ingin membuat video di Instagram Story atau Reels, di mana waktu menjadi faktor penting. Berikut adalah cara menggunakan fitur Timer di Instagram:

Cara Membuat Timer di Kamera IG Story

Timer kamera umumnya hanya ditemukan pada perangkat smartphone. Namun, saat ini pengguna Instagram dapat mengakses timer langsung dari aplikasi kamera Instagram mereka.

Namun, masih banyak pengguna Instagram yang belum familiar dengan fitur ini. Fitur timer ini hanya dapat digunakan untuk membuat video pada Instagram Story dan Instagram Reels.

  • Sapu atau geser layar dari kiri ke kanan untuk membuka halaman Pengambilan Foto atau Video.
  • Pilih menu Story.
  • Di bagian samping kiri atau kanan layar, pengguna akan melihat berbagai macam menu.
  • Pilih fitur Hands-Free.
  • Untuk merekam video, cukup tekan tombol Record sekali, dan perekaman akan dimulai secara otomatis tanpa perlu menahannya.
  • Jika video melebihi 15 detik, itu akan secara otomatis dipotong menjadi beberapa bagian.
  • Selanjutnya, tambahkan stiker, teks, lokasi, dan elemen kreatif lainnya untuk membuat video lebih menarik.
  • Terakhir, postinglah video tersebut di Instagram Story.

Membuat Timer di IG Reels

Dengan diperkenalkannya fitur terbaru mirip TikTok, Instagram Reels kini mengizinkan pengguna untuk membuat konten yang berlangsung hingga 60 detik, meningkat dari sebelumnya yang hanya 30 detik.

Proses pembuatan Reels di platform ini dapat disempurnakan dengan menggunakan timer, menghindarkan kebutuhan untuk menekan tombol perekam secara terus-menerus. Dengan demikian, para kreator konten akan mendapati proses pembuatan video Reels menjadi lebih efisien. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulainya:

  • Buka aplikasi Instagram, lalu masuk ke bagian ‘Kamera’ di Instagram Stories.
  • Geser dari kanan ke kiri di bagian bawah layar untuk bisa beralih ke mode kamera Reels.
  • Setelah itu, ketuk ikon ‘Timer’ di sisi kiri layar (ikon stopwatch).
  • Geser menggeser warna merah muda untuk menentukan durasi antara 0,1 hingga 15 detik, kemudian ketuk ‘Setel Timer’.
  • Langsung saja ketuk tombol ambil di bagian bawah layar untuk merekam klip dengan panjang yang diinginkan.
  • Dengan langkah-langkah tersebut, kamu bisa merekam video dan membuat Reels tanpa harus menekan tombol kamera lebih lama.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membuat Timer di IG

Pastikan aplikasi Instagram pengguna telah diperbarui ke versi terbaru sebelum melanjutkan. Setelah itu, buka aplikasi dan akses Instagram Story. Pilih opsi Hands Free untuk menetapkan timer saat merekam video. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna tidak perlu menekan tombol selama proses perekaman.

Itulah cara membuat timer di kamera ig yang bisa dicoba oleh pengguna instagram. Hal ini, tentu dapat memudahkan para penggunanya ketika ingin mengabadikan momennya melalui kamera instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *