Tips & Trik

Cara Membuat Reels Instagram dan Tips yang Perlu Diterapkan

6
×

Cara Membuat Reels Instagram dan Tips yang Perlu Diterapkan

Sebarkan artikel ini

Begini Cara Membuat Reels Instagram dengan Mudah

Sebagai media sosial yang banyak digunakan Instagram tidak pernah berhenti berinovasi. Salah satu fitur baru yang hadir di Instagram adalah reels yang memungkinkan pengguna membuat video pendek. Bagaimanakah cara membuat reels instagram yang bagus?

Langkah Membuat Video Reels Instagram

Fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video. Berbeda dengan IGTV, durasi video yang diunggah lewat Reels berdurasi pendek bahkan bisa kurang dari 15 detik. Simak langkah-langkah untuk membuatnya berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram pada smartphone.
  • Geser ke kanan di halaman utama lalu pilih fitur Reels.
  • Langkah berikutnya pengguna bisa mulai merekam video yang ingin diunggah atau langsung mengunggah video yang tersimpan.
  • Pengguna dapat menambahkan musik, mengatur durasi, atau memanfaatkan fitur-fitur lain yang tersedia oleh Instagram Reels.
  • Lalu pilih cover atau tampilan yang akan muncul pada video Reels. Jangan lupa tambahkan tag lokasi dan akun jika diinginkan.
  • Pengguna juga bisa menambahkan caption yang menarik dan mengatur apakah Reels akan tampil di profil atau hanya di bagian Reels.
  • Unggah video tersebut dengan cara klik Share.

Tips Penting yang Perlu Diterapkan Saat membuat Reels Instagram

Setelah mengulas tentang cara membuat reels instagram kini pengguna juga harus mengetahui beberapa tips. Dengan mengikuti tips-tips tersebut Reels yang dibuat akan jadi lebih menarik. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

1. Manfaatkan Aplikasi Editing Video

Untuk menghasilkan video yang bagus tidak hanya memerlukan kamera yang bagus saja. Pengguna juga perlu memanfaatkan aplikasi editing video yang bisa memberikan efek-efek tambahan pada videonya. Aplikasi yang dipilih sangat banyak mulai dari aplikasi di smartphone sampai software di PC.

Dengan memanfaatkan aplikasi atau software tersebut, pengguna bisa memperbaiki atau bahkan meningkatkan kualitas video yang dibuat. Fitur yang mungkin tidak tersedia di Reels bisa didapatkan oleh pengguna melalui aplikasi lainnya.

2. Gunakan Sound yang Sedang Viral

Ketika mengunggah video di Reels hal yang ingin dicapai adalah popularitas. Oleh karena itu, banyak pengguna berlomba-lomba untuk membuat video sebagus mungkin sampai terkadang melupakan aspek penting dari algoritma Reels.

Ketika ingin mengunggah video di Reels pengguna dapat menambahkan musik. Musik tersebut dimasukkan dalam kategori-kategori tertentu. Salah satunya adalah musik yang sedang viral. Jika pengguna menambahkan musik-musik yang sedang viral, maka video Reels miliknya akan cepat viral juga.

3. Perhatikan Awal Video

Meskipun menjadi platform untuk mengunggah video pendek Reels juga memungkinkan pengguna mengunggah video dengan durasi 1 menit. Namun tidak semua orang mau menonton video selama itu. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Pembuat video harus mampu menghadirkan tampilan yang menarik di awal video miliknya. Usahakan untuk bisa menarik perhatian penonton, supaya mau menonton video tersebut dari awal sampai akhir.

4. Gunakan Thumbnail Yang Tepat

Selain bagian awal dari video hal lain yang tidak kalah penting adalah thumbnail atau cover. Sebelum video diputar thumbnail adalah visual yang akan dilihat oleh penonton. Oleh karena itu, buatlah thumbnail semenarik mungkin.

5. Manfaatkan Typography dengan Maksimal

Selanjutnya adalah memaksimalkan penggunaan typography. Sesuaikan dengan tema konten yang dibuat dan tidak usah menggunakan variasi font secara berlebihan. Typography yang menarik akan memaksimalkan kualitas sebuah konten.

Itulah tadi cara membuat reels instagram dengan mudah dan pastinya anti ribet. Selain itu, pengguna juga dapat menerapkan tips-tips di atas untuk membuat reels instagram yang lebih bagus. Reels yang menarik akan membuat pengguna memperoleh popularitas dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *