Tips & Trik

3 Cara Membuat Rapat di Google Meet Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

×

3 Cara Membuat Rapat di Google Meet Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Sebarkan artikel ini
cara membuat rapat di google meet

Rapat sekarang bisa digelar lewat dunia maya dengan berbagai aplikasi yang ada, salah satunya ialah Google Meet. Adapun cara membuat rapat di google meet di Google Meet bisa lewat aplikasi tambahan atau tanpa perlu aplikasi tambahan. Baik  dengan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi tambahan, tentu langkah cara yang perlu dilakukan cukup sederhana untuk diikuti.

Kemajuan teknologi jaman sekarang memang membolehkan pengguna buat mengadakan pertemuan atau rapat tak hanya lewat dunia nyata. Maka dari itu, sebuah acara rapat bisa diadakan secara virtual atau lewat dunia maya, di tempat yang berlainan, namun di waktu yang sama dengan beberapa pengguna lainnya. Nah berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat rapat dalam hal ini menggunakan google meet.

Cara Membuat Rapat di Google Meet Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Pengguna bisa mengadakan rapat di Google Meet tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Umumnya, cara ini dapat dilakukan langsung melalui browser web perangkat yang digunakan seperti google chrome. Berikut adalah beberapa cara dan langkah yang bisa diikuti:

1. Dengan Melakukan Penjadwalan Pada Google Kalender

Di dalam Google Meet, terdapat beberapa opsi menu yang bisa dipilih untuk membuat rapat. Salah satu di antaranya adalah dengan menjadwalkan rapat melalui Google Kalender. Menu ini berguna untuk mengatur jadwal rapat sesuai dengan preferensi pengguna. Prosesnya dapat dilakukan dengan rincian langkah sebagai berikut:

  • Buka browser dan arahkan ke situs Google Meet.
  • Setelah masuk ke Google Meet, temukan opsi Jadwalkan di Google Kalender di bagian Rapat Baru. Ini memungkinkan pengguna untuk menetapkan waktu dan tanggal untuk rapat yang akan datang.
  • Saat di Google Kalender, beri judul rapat dan atur jadwal sesuai kebutuhan. Isi kolom Tambahkan Judul dan tentukan waktu rapat, termasuk tanggal dan jamnya.
  • Tambahkan peserta rapat dengan mengisi alamat email mereka di menu Peserta.
  • Di sana juga bisa diatur perizinan untuk peserta yang diundang melalui opsi Perizinan Tamu.
  • Pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan notifikasi, lokasi rapat, melampirkan dokumen, dan menyertakan deskripsi rapat dalam kolom yang tersedia.
  • Setelah semua pengaturan sudah sesuai, simpan rapat dengan menekan tombol Simpan.
  • Jika sudah siap, kirim undangan rapat dengan mengklik Kirim, atau batalkan dengan Batal Kirim jika tidak ingin mengirim, atau kembali ke proses pengeditan dengan Kembali ke Penyuntingan.

2. Memanfaatkan Menu Buat Rapat Untuk Nanti

Langkah-langkah untuk menggunakan menu pilihan ini sangatlah sederhana dan tidak memerlukan pengaturan jadwal rapat. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya dengan mudah dan cepat:

  • Silakan buka Google Meet. Di browser pengguna, akses situs web Google Meet untuk membuat jadwal rapat.
  • Setelah masuk, pilih opsi Buat rapat untuk nanti. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengklik ikon tambah yang ada di menu rapat baru di laman Google Meet.
  • Kemudian, salin link rapat yang muncul dengan menekan ikon salin (copy). Link tersebut dapat dibagikan kepada peserta rapat yang ingin diundang untuk bergabung.

Cara Membuat Rapat di Google Meet Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sudah disampaikan tadi diatas bahwa untuk membuat rapat di google meet bisa tanpa aplikasi dan dengan aplikasi. Cara tanpa aplikasi juga sudah dijelaskan yaitu dengan menggunakan browser, Nah untuk cara yang dengan menggunakan aplikasi, disini yang dimaksud adalah aplikasi google meet itu sendiri. Berikut rincian langkahnya:

  • Pasang aplikasi Google Meet di perangkat. Langkah selanjutnya adalah membukanya dan masuk menggunakan akun Google milik pengguna.
  • Setelah masuk, pengguna akan melihat beberapa opsi di layar. Salah satunya adalah Mulai Rapat Instan.
  • Pilih opsi ini untuk membuat rapat tanpa perlu mengatur jadwal terlebih dahulu.
  • Setelah rapat dimulai, pengguna bisa menyalin link undangan dan membagikannya kepada peserta lain melalui berbagai aplikasi atau platform.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengaturan tambahan sesuai kebutuhan. User bisa mengatur tampilan kamera, latar belakang, izin peserta, dan lainnya sesuai preferensi masing-masing.

Demikianlah uraian serta penjelasan terkait cara membuat rapat di google meet. Jadi silahkan pilih mau pakai cara yang dengan memanfaatkan browser atau dengan menginstal aplikasi google meet itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *