Ingin membuat rapat online tapi bingung cara membuat link Zoom Meeting di laptop? Tenang! Caranya mudah dan tak ribet untuk dilakukan bahkan oleh orang yang baru memakai aplikasi ini.
Zoom menjadi salah satu platform populer yang banyak digunakan untuk melakukan konferensi online selama masa pandemi Covid-19 menyerang. Dapat digunakan di berbagai perangkat, menjadikan aplikasi Zoom disenangi oleh masyarakat.
Untuk melakukan pertemuan di Zoom, seseorang harus mengirimkan link room meeting kepada peserta yang ingin diundang. Kira-kira, apa saja langkahnya? Berikut ulasannya:
Tutorial Membuat Link Zoom
Ketika ingin melakukan rapat online melalui Zoom, tentu perlu mengundang orang-orang yang akan hadir dan ikut serta di dalamnya dengan cara membagikan sebuah link. Mungkin sebagian orang akan bingung membuatnya, terlebih jika menggunakan Laptop.
Agar dapat memahaminya, berikut ini adalah tutorial untuk membuatnya:
- Pastikan sudah memasang aplikasi Zoom pada perangkat atau bisa juga melalui website resminya di https://zoom.us/.
- Lakukan Sign Up atau pendaftaran jika belum memiliki akun.
- Jika sudah, lakukan Login dengan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.
- Pengguna akan dibawa pada tampilan awal Zoom, dan tekan “New Meeting” untuk membuat room virtual baru.
- Selanjutnya, biarkan proses berjalan hingga room berhasil dibuat, lalu tekan menu “Invite” pada bagian bawah tampilan room.
- Nantinya akan muncul informasi tentang room meeting, mulai dari ID Room, Passcode, hingga Invite Link.
- Copy Link tersebut, lalu bagikan kepada peserta yang ingin diundang melalui email ataupun chat.
Membuat Zoom Meeting Terjadwal
Tidak hanya membuat room meeting in real time, rapat di Zoom juga bisa dibuat sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Cara membuat link Zoom Meeting di Laptop secara terjadwal tidak terlalu berbeda dengan yang biasa. Penasaran? Ini tata caranya:
- Buka dan masuk ke aplikasi Zoom dari Laptop, pastikan jaringan Internet berjalan dengan lancar.
- Setelah masuk ke tampilan awal Zoom, tekan “Schedule” untuk membuat rapat yang terjadwal.
- Masukan nama rapat, kemudian jadwal akan dilakukannya pertemuan online, mulai dari tanggal hingga jam pelaksanaan.
- Atur Security, apakah peserta bisa masuk melalui Passcode atau Waiting Room yang hanya bisa dimasuki ketika pemilik room mengizinkan.
- Atur pula akses video untuk host dan participant apakah bisa mengaktifkan video atau tidak, lalu tekan Add to Calendar.
- Jika sudah selesai diatur, tekan “Save” serta “Done”, dan room meeting terjadwal sudah berhasil dibuat.
- Apabila ingin membagikan link Zoom tersebut, pemilik room hanya perlu menekan Invite, dan akan muncul beberapa pilihan pengiriman otomatis atas link tersebut.
- Tekan pilihan opsi, dan isi penerima baik melalui Whatsapp atau email peserta yang akan diundang ke dalam rapat.
Keunggulan dari Zoom Meeting
Setelah mengetahui cara membuat link Zoom melalui Laptop, pengguna perlu mengetahui keunggulan yang diberikan dari platform ini. Walau sekarang memiliki banyak pesaing, aplikasi ini tetap menjadi pelopor dalam melakukan conference virtual.
Apa saja keunggulan dari Zoom ini? Berikut diantaranya:
1. Memiliki Kualitas Video HD
Melakukan conference call atau pertemuan virtual tentu memerlukan kualitas video yang baik agar tidak ada kendala dalam penyampaian materi dan dapat diterima oleh peserta. Pengguna Zoom tidak perlu khawatir karena kualitas yang dimiliki aplikasi ini adalah HD sehingga peserta rapat dapat menikmati video yang bagus.
2. Tersedia Layanan Cloud
Keunggulan lainnya adalah Zoom memberikan layanan Cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan rekaman meeting yang telah berlangsung. Sehingga peserta yang tertinggal pemaparan materi bisa menyaksikannya di kemudian hari melalui link cloud yang dibagikan.
Itulah cara membuat link Zoom Meeting di Laptop yang ternyata sangat mudah. Penggunaan Zoom sebagai alat meeting virtual menjadikan pertemuan yang sulit akibat Covid-19 bisa teratasi dengan adanya aplikasi ini.