Tips & Trik

Beginilah Cara Membuat Komunitas di Youtube yang Mudah dan Patut Dicoba

4
×

Beginilah Cara Membuat Komunitas di Youtube yang Mudah dan Patut Dicoba

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat Komunitas di Youtube yang Wajib Digunakan

Youtube merupakan suatu wadah yang menghubungkan banyak orang lewat beragam konten. Selain itu, kini hadir tab komunitas yang memungkinkan orang dengan kegemaran yang sama bisa berkumpul. Artikel ini akan mengulas cara membuat komunitas di Youtube, mudah dan patut dicoba.

Cara untuk membuat komunitas dapat dijalankan lewat perangkat laptop maupun smartphone. Pengguna, bisa menyesuaikan kepraktisan serta kenyamanan saat menggunakan perangkat untuk membuat komunitas. Detail mengenai langkah membuat komunitas Youtube, dapat disimak dengan cermat pada pemaparan di bawah ini:

Langkah Membuat Komunitas di Youtube Menggunakan Laptop

Alternatif pertama yang dapat dijalankan untuk membuat komunitas di Youtube yaitu dengan menggunakan laptop. Sebelum membuat komunitas, perlu diingat ada syarat tertentu yang wajib dipenuhi. Syarat tersebut yakni harus memiliki setidaknya 500 subscriber.

Syarat tersebut relatif lebih mudah dipenuhi, sebab sebelumnya syarat minimal subscriber yakni 1000 subscriber agar bisa membuat komunitas. Apabila syarat tersebut telah dipenuhi, maka bisa membuat komunitas secara mudah. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, bukalah browser yang terpasang di perangkat laptop yang dimiliki.
  • Selanjutnya, akses Youtube lewat browser yang telah dibuka tadi.
  • Kemudian, tekan ikon profil Youtube.
  • Setelah itu, pilih “Channel Anda”.
  • Jika sudah, akan dihadapkan pada channel Youtube pribadi. Perhatikan tab bagian atas sebelah kanan. Di sana terdapat tab “Komunitas” atau “Community”, klik tab tersebut.
  • Langkah berikutnya, tuliskan status yang ingin di posting. Pengguna juga dapat menambahkan gambar di dalam postingan dengan mengklik ikon gambar yang nampak di tampilan.
  • Apabila telah selesai menyusun teks dan menginput gambar yang akan diposting, tekan “Post”.
  • Postingan pun berhasil diupload ke dalam komunitas.

Langkah Membuat Komunitas di Youtube Menggunakan Perangkat Smartphone

Cara kedua terkait cara membuat komunitas di Youtube yakni bisa dilakukan menggunakan perangkat smartphone. Cara ini disarankan digunakan bagi yang ingin membuat komunitas secara lebih praktis. Pengguna yang menempuh cara ini tidak perlu membuka browser di perangkat smartphone.

Langkah-langkah untuk membuat komunitas menggunakan smartphone sangat mudah dijalankan, tidak kalah mudah dari cara yang diuraikan sebelumnya. Rincian langkah-langkahnya yakni seperti berikut:

  • Pertama, bukalah aplikasi Youtube yang telah terpasang di perangkat smartphone.
  • Setelah itu, di tampilan utama Youtube terdapat ikon upload atau membuat postingan. Klik ikon tersebut untuk membuat postingan komunitas.
  • Kemudian, ketikkan pesan yang ingin diposting. Tidak hanya itu, serta bisa menyisipkan gambar atau video pendek (shorts) disertai caption menarik.
  • Pengguna juga dapat menambahkan tag yang mewakili postingan tersebut.
  • Tambahkan pula tag atau tanda untuk menandai pengguna maupun channel lain yang diinginkan. Langkah ini juga bisa dilakukan apabila postingan yang hendak dibagikan merupakan promosi kolaborasi dengan channel lainnya.
  • Jika postingan sudah sesuai dengan yang diinginkan, klik “Post” untuk membagikannya ke komunitas.
  • Postingan pun selesai dibagikan.

Perlu diketahui bahwa, tab komunitas mempunyai fitur penjadwalan. Fitur ini dapat digunakan, apabila hendak membagikan postingan pada waktu tertentu. Cara menggunakan fiturnya mudah.

Saat mengklik tombol “Post” pada postingan komunitas, aturlah tanggal, waktu, serta zona waktu yang diinginkan. Maka, postingan pun akan dibagikan pada komunitas sesuai dengan waktu yang sudah pengguna atur.

Demikian ulasan lengkap terkait cara membuat komunitas di Youtube yang praktis dan patut dicoba. Pastikan bahwa jumlah subscriber channel yang dimiliki sudah mencapai 500 subscriber. Sebab, jika belum mencapai angka tersebut pengguna tidak bisa membuat komunitas karena tab-nya tidak akan tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *