Tips & Trik

3 Cara Membuat ID Card Sendiri Lewat Hp dengan Aplikasi

×

3 Cara Membuat ID Card Sendiri Lewat Hp dengan Aplikasi

Sebarkan artikel ini
cara membuat id card sendiri lewat hp

Saat ini untuk membuat ID card kebanyakan perusahaan menyerahkannya pada jasa pembuatan. Padahal ada cara membuat ID card sendiri lewat hp yang dapat dicoba dilakukan untuk menghemat biaya serta pengeluaran pembuatan ID card.

Menggunakan ID card memiliki tujuan spesifik, yakni untuk mengidentifikasi individu atau entitas tertentu, mencegah kesalahan dalam menyebut nama atau afiliasi. Pembuatan ID card melalui perangkat seluler saat ini menjadi proses yang mudah dilakukan.

Hal ini disebabkan oleh kemajuan teknologi yang memungkinkan siapa pun untuk membuat ID card sesuai kebutuhan mereka sendiri. Dengan demikian, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mendesain dan mencetak ID card. Nah simak uraian berikut di bawah ini untuk bisa mengetahui bagaimana cara pembuatan ID card hanya dengan menggunakan hp.

Di era saat ini, tersedia banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menciptakan ID card sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dalam aplikasi-aplikasi tersebut, tersedia beragam template yang siap digunakan. Berikut adalah beberapa cara pembuatan ID card dengan menggunakan aplikasi disertai pula dengan rincian langkah-langkahnya pada setiap caranya:

1. Menggunakan Business Card Maker

Salah satu alternatif aplikasi untuk membuat ID card adalah Business Card Maker. Proses pembuatan ID card menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Inilah rincian langkah cara membuat ID card sendiri lewat hp menggunakan apps Business Card Maker:

  • Unduh aplikasi dan buat akun terlebih dahulu.
  • Pilih opsi Buat dan seleksi jenis template yang diinginkan.
  • Isi informasi seperti nama, ubah jenis font, dan tambahkan foto sesuai kebutuhan perusahaan atau acara.
  • Setelah semua informasi terisi dengan benar, klik Download untuk menyimpan ID card. Pilih folder tempat penyimpanan dan klik Simpan.

2. Menggunakan Canva

Aplikasi Canva tidak ketinggalan dalam pembuatan ID card dengan hp. Seperti yang diketahui aplikasi ini memang sudah menjadi favorit untuk desain berbagai macam. Nah aplikasi ini juga ternyata bisa digunakan untuk membuat desain ID card sendiri dengan mudah di hp. Adapun rincian langkah-langkah yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Canva dan lakukan proses registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi, cari template ID card melalui fitur pencarian.
  • Pilih template yang diinginkan, lalu tambahkan foto dan informasi pribadi sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai mengedit, unduh hasil desain untuk disiapkan untuk proses pencetakan.

3. Dengan PixelLab

Salah satu aplikasi pengeditan foto yang mulai populer akhir-akhir ini juga dapat digunakan untuk pembuatan ID card. Aplikasi ini tidak menyediakan template bawaan, sehingga pengguna harus membuatnya dari awal. Berikut akan dirincikan langkah-langkah menggunakan PixelLab untuk membuat ID card:

  • Unduh PixelLab dan buka aplikasinya.
  • Pilih ukuran gambar yang diinginkan dan atur dimensinya.
  • Tambahkan elemen-elemen yang diperlukan untuk ID card dan masukkan teks sesuai kebutuhan.
  • Sesuaikan jenis font dan detail lainnya sesuai preferensi. Setelah selesai, klik ikon Simpan, pilih Simpan sebagai gambar, dan tentukan kualitas gambar.
  • Terakhir, klik Simpan ke Galeri untuk menyimpan ID card yang telah dibuat.

Nah itulah tadi cara membuat ID card sendiri lewat hp yang bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Sudah dicantumkan pula rincian langkah-langkah yang dapat diikuti untuk pembuatan ID card sendiri menggunakan hp dalam setiap caranya.

Jadi cara ini bisa coba dilakukan untuk menghemat cost atau biaya pembuatan ID card. Selain itu dengan mendesain sendiri, pengguna akan dapat mengkreasikan sendiri ID card yang bagus. Pembuatan ID card sendiri juga akan menambah kepuasan pada hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *