Tips & Trik

Inilah Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang

16
×

Inilah Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang, Ini Tutorialnya

Google Drive sering menjadi sarana penyimpanan cadangan bagi para penggunanya. Selain itu, juga bisa dijadikan tempat untuk membagikan data ke orang-orang. Untuk cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang, telah tersedia pula pengaturannya.

Pengguna tidak memerlukan situs atau aplikasi tertentu. Caranya juga sangat simple dan tidak memakan waktu yang banyak. Namun sebelum itu, mari lebih mengenal salah satu layanan andalan Google tersebut.

Mengenal Google Drive dan Fiturnya

Google Drive adalah layanan dari Google yang memberikan pengguna ruang penyimpanan yang lumayan besar. Google memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB. Layanan ini tersedia gratis tanpa biaya apapun. Di saat ruang sudah penuh, pengguna dapat menambahnya dengan membayar.

Layanan ini sering digunakan sebagai penyimpanan backup dan untuk membagikan file bersama-sama dalam skala luas. Karena dengan menyimpan data pada Google Drive, pengguna dapat membagikannya kepada orang banyak. Selain itu, pengguna juga dapat membuat data menjadi privasi.

Untuk opsi bagikan juga mempunyai tiga pengaksesan. Pertama akses Pelihat, dapat dilihat saja. Kedua Pengomentar, dapat diberi komentar oleh orang. Ketiga Editor, dapat diakses secara penuh oleh orang. 

Tentu fitur-fitur tersebut bisa diatur sesuai kebutuhan akses para penggunanya. Berbagai pekerjaan bisa dibilang cukup terbantu dengan adanya hal ini. Pemilik Drive pun bisa mengaturnya secara mudah untuk berbagai kepentingan.

Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang

Sebelumnya pengguna harus mengingat kalau folder yang akan dibagikan bisa diakses oleh orang lain. Jadi, pastikan folder tersebut tidak berisi hal-hal yang bersifat privasi. Jika sudah yakin, pengguna dapat mengikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Pertama buatlah sebuah folder yang berisikan file-file yang ingin pengguna bagikan nanti.
  • Setelah folder selesai klik kanan pada folder tersebut.
  • Pilih opsi “Bagikan”. Lalu akan muncul informasi mengenai akses folder tersebut.
  • Pada kolom “Akses umum” pilih “Siapa saja yang memiliki link”.
  • Di sebelahnya pilih jenis pengaksesan yang diinginkan. Akses “Pelihat”, “Pengomentar”, dan “Editor”.
  • Salin link lalu klik selesai. Pengguna dapat membagikan link folder yang telah disalin tersebut kepada orang-orang.

Pengguna dapat mengatur akses ini pada aplikasi drive maupun pada browser langganan pengguna. Caranya tetap sama dengan langkah-langkah di atas, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai aplikasinya.

Selain itu, pengguna diberikan 3 opsis pengaksesan, yaitu Pelihat, Pengomentar, dan Editor. Ketiga akses tersebut dapat diberikan sesuai dengan yang diperlukan. Berikut penjelasan dari tiga jenis pengaksesan tersebut.

  • Akses Pelihat. Maksud dari akses ini yaitu setelah pengguna membagikan link folder ke orang, maka orang tersebut hanya akan diberikan akses untuk melihat isi folder. Jenis akses ini paling minim dan terbatas.
  • Akses Pengomentar. Maksud dari akses ini yaitu setelah pengguna membagikan link folder, maka orang tersebut akan diberikan akses untuk memberi komentar pada isi folder tersebut.
  • Akses Editor. Artinya, setelah pengguna membagikan link folder ke orang, orang tersebut akan diberikan akses secara penuh terhadap isi folder tersebut. Tentu dapat menghapus, menambah file, mengganti nama, dll. Jenis akses ini bersifat tidak terbatas.

Itulah tahap-tahap cara membuat Google Drive yang bisa diakses semua orang. Bagi pengguna yang ingin membagikan data kepada orang lain, maka dapat melakukan cara di atas. Caranya simple dan tidak memerlukan layanan pihak ketiga karena bisa dilakukan secara langsung di Google Drive.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *