Tips & Trik

Inilah 3 Cara Membuat File ZIP di Android yang Gampang Banget!

3
×

Inilah 3 Cara Membuat File ZIP di Android yang Gampang Banget!

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat File ZIP di Android, Bisa Dengan 3 Cara Ini

Kini mengubah file-file dalam jumlah banyak menjadi ZIP di smartphone sudah tidak sulit. Hal ini tidak lain dikarenakan terdapat beragam cara membuat file ZIP di Android yang mudah sekali dilakukan. Dengan begitu, tidak perlu memindah ke laptop atau PC lagi.

Secara garis besar, ZIP adalah format file yang telah dipakai secara luas untuk kompresi beberapa file ke dalam satu lokasi. Dengan begitu, file-file dalam jumlah banyak dan ukuran besar bisa ditempatkan di satu folder saja. Tentunya hal ini akan meringankan segala keperluan pengguna.

Cara Mudah Bikin File ZIP Melalui Aplikasi

Pembaharuan di setiap seri smartphone membuat perangkat ini memiliki berbagai fitur terbaik, salah satunya dipakai membuat file ZIP. Bagi yang ingin membuat file ZIP menggunakan ponsel, maka bisa memanfaatkan beberapa cara sebagai berikut.

1. Menggunakan Aplikasi RAR

Tentunya pengguna perangkat elektronik seperti PC dan laptop tidak lagi asing dengan aplikasi ini. Perkembangan dalam teknologi yang maju membuat aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone. Berikut langkah-langkah untuk membuat file ZIP lewat aplikasi RAR.

  • Apabila belum memiliki aplikasi RAR, disarankan untuk menginstal lewat Play Store terlebih dahulu.
  • Lalu buka folder yang file-nya dibuat menjadi ZIP dan centang file tersebut.
  • Pastikan terlebih dahulu file yang dipilih sudah semua, kemudian klik tanda panah di bagian atas. Jangan lupa untuk memberikan nama untuk file ZIP
  • Selanjutnya klik Browse untuk menempatkan File yang sudah jadi ZIP nantinya. Kemudian pilih ZIP.
  • Pengguna bisa menambahkan password supaya file ZIP tersebut tidak asal dibuka. Apabila tidak dibutuhkan bisa dilewati saja.
  • Untuk langkah terakhir bisa klik OK.

2. Memanfaatkan Aplikasi Easy Unrar

Selain memanfaatkan aplikasi RAR, juga dapat aplikasi lain untuk membuat file ZIP pada ponsel. Yakni dengan memanfaatkan aplikasi Easy Unrar, Unxir, dan ZIP yang bisa diunduh dari Play Store. Simak cara membuat file ZIP di Android dengan memakai aplikasi ini.

  • Terlebih dahulu pastikan sudah mempunyai aplikasi Easy Unrar, Unxir, dan Zip, lalu buka aplikasinya.
  • Setelah masuk ke aplikasi, nantinya akan ada tiga pilihan. Yakni Open Archive, Compress, dan Extract. Untuk membuat file ZIP maka harus memilih Compress pada bagian kanan atas.
  • Kemudian pilih file mana saja yang akan di convert ke ZIP, lalu centang hijau.
  • Nantinya akan terbuka laman baru dan bisa diberikan nama sesuai yang diinginkan.
  • Di bagian encryption, atur tombolnya menjadi aktif dan klik Compress.
  • Proses akan berlangsung beberapa saat, jadi bisa ditunggu sebentar, dan selesai.

Cara Mudah Bikin File ZIP Tanpa Aplikasi

Jika menggunakan aplikasi dirasa menyulitkan, maka bisa mengubah file menjadi ZIP tanpa menggunakan aplikasi. Tahapan-tahapannya pun terbilang mudah, jadi silakan simak caranya berikut ini.

  • Pemilik ponsel bisa menuju File Manager atau File Saya. Lalu cari folder atau file yang akan diubah menjadi ZIP.
  • Klik titik tiga pada kanan atas, lalu pilih ZIP. Beri nama folder dan klik ZIP.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses convert selesai. Kini file ZIP sudah bisa digunakan sesuai kebutuhan pengguna masing-masing.

Demikianlah pengertian dari file ZIP dan cara membuat file ZIP di android yang mudah untuk dilakukan. Memanfaatkan smartphone untuk membuat file ZIP tentunya jadi lebih cepat dan tidak perlu memindahkan ke PC atau laptop. Sangat menarik, bukan? Tertarik mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *