Tips & Trik

Simak Cara Membuat EFIN Online Terbaru 2022!

×

Simak Cara Membuat EFIN Online Terbaru 2022!

Sebarkan artikel ini

Cara Membuat EFIN Online, Simak Ini Panduannya

cara membuat efin online

EFIN merupakan nomor identitas bagi pemilik pajak yang diterbitkan oleh DJP. Adanya EFIN dapat memudahkan pembayaran pengguna pajak secara online. Pengguna atau WP harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat EFIN online agar bisa dengan mudah melakukan transaksi pajak yang dimiliki.

Adanya EFIN akan mempermudah pembayaran tagihan pajak yang dibebankan tanpa perlu harus mengurusnya secara manual. Cara yang tersedia di bawah bisa dilakukan melalui laman resmi dan juga email KPP. Untuk lebih jelas dan agar paham, simak ulasan dengan seksama berikut:

Melalui Laman Resmi EFIN

Adanya EFIN tentu akan dapat memudahkan pembayaran SPT tahunan dan lainnya. Pengguna bisa mengakses layanan perpajakan beserta transaksi hanya dengan melalui pembayaran elektronik atau EFIN. Satu hal yang perlu disiapkan adalah adanya jaringan internet yang mencukupi untuk bisa mengakses situsnya.

Cara membuat EFIN online bisa melalui website resmi dari EFIN. Kini, membayar pajak tentu akan mudah dilakukan dengan melalui website yang disediakan secara resmi dan khusus untuk menangani transaksi pajak. Tahapan yang harus dilalui pun bervariasi dan wajib disimak.

Laman resmi dari EFIN tersebut bisa ditemukan dengan mudah melalui internet. Pengguna akan dapat mengaksesnya secara mudah. Tahapan yang harus diikuti dalam pembuatan EFIN online melalui laman resminya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs EFIN melalui internet.
  • Persiapkan data diri yang dibutuhkan seperti NPWP.
  • Selanjutnya klik opsi lanjutkan dan setujui akses izin kamera pada perangkat yang digunakan.
  • Data pribadi seperti NPWP dan KTP diperlukan untuk validasi sebelum membuat EFIN.
  • Kemudian isi formulir mengenai data NPWP.
  • Jika data sudah benar, maka pembuatan EFIN akan dapat dilanjutkan.
  • Lanjutkan pembuatan EFIN dengan melakukan verifikasi wajah untuk membuktikan keabsahan data.
  • Jika sudah terverifikasi benar, maka EFIN akan aktif dan bisa mendapatkan pemberitahuannya melalui email yang sudah terdaftar di situs resmi perpajakan.

Melalui Email KPP

Setiap lembaga yang menangani dokumen-dokumen resmi pasti memiliki email untuk memudahkan masyarakat terhadap layanannya. Hal tersebut sama halnya dengan KPP atau lembaga yang melayani soal pelayanan pajak. Pengguna dapat dengan mudah mengirimkan email untuk melakukan aktivasi EFIN.

Adanya kemudahan tersebut akan membuat banyak pengguna yang enggan untuk mengurusinya secara manual dengan cara mendatangi kantor akan jadi terbantu. Kini, pengaktifan EFIN bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan email melalui PC ataupun ponsel yang dikenakan secara mudah, praktis, dan pastinya aman.

Tak hanya dapat diaktifkan melalui situs resminya saja, EFIN juga bisa diaktivasi menggunakan email KPP. Pengguna yang akan mendaftar untuk pembuatan EFIN cukup mengirimkan email ke kantor pelayanan pajak saja. Tutorial yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

  • Kirim email ke KPP tempat mendaftarkan pajak dahulu.
  • Jika tidak mengetahui emailnya, maka bisa mencari secara manual melalui website perpajakan sesuai dengan tempat pendaftaran.
  • Isi subjek email dengan permintaan nomor EFIN.
  • Kemudian di badan email bisa diisi data diri seperti nama lengkap, tanggal serta tahun kelahiran, NPWP, NIK, alamat, dan juga nomor telepon.
  • Lampirkan foto KTP dan tak lupa dengan foto diri sendiri yang sedang memegang foto KTP.
  • Tunggu balasan email dari pihak KPP.

Demikian ulasan mengenai cara membuat EFIN online terbaru di tahun 2022. Pastinya cara yang tersedia dapat diikuti dengan mudah apabila pengguna menyimaknya dengan baik. Semua cara di atas membutuhkan koneksi internet untuk dapat mengaksesnya secara cepat dan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *